√ Tips Liburan Akhir Tahun yang Spesial Bersama Keluarga

Kulinerasik.com - Anda berniat liburan akhir tahun bersama keluarga? Sudahkah Anda menyusun rencana liburan akhir tahun dengan matang? 

Liburan akhir tahun sebentar lagi, tentunya ini momen yang ditunggu sebagian keluarga. Karena Anda bisa bisa menghabiskan waktu liburan yang agak panjang. Sebagai momen yang spesial dan hanya datang setahun sekali, dan Anda ingin membuat liburan akhir tahun yang spesial bersama keluarga. Ada beberapa tips yang harus Anda persiapkan.agar liburan berjalan lancar tanpa kendala.
Tips Liburan Akhir Tahun
Tips Liburan Akhir Tahun
Berikut adalah beberapa tips yang perlu Anda lakukan agar liburan akhir tahun bersama keluarga menjadi spesial dan menyenangkan:

Menyusun rencana

Hal pertama yang harus Anda persiapkan adalah menyusun rencana. Apakah mau liburan akhir tahun di dalam kota, atau keluar kota atau keluar negeri. Hal itu penting dilakukan agar Anda bisa menentukan waktu dan bujet yang harus disediakan.

Tujuan perencanaan ini lebih terkait waktu dan bujet pengeluaran liburan agar berjalan nyaman nantinya.

Menentukan jadwal liburan

Menentukan jadwal liburan bertujuan untuk memastikan kapan dan berapa lama waktu liburan nanti. Menentukan jadwal liburan juga bisa membantu Anda menyiapkan keperluan dengan lebih baik. Dengan begitu Anda akan memiliki waktu lebih banyak untuk mempersiapkan dana, memilih destinasi, serta memesan transportasi dan akomodasi, yang akan lebih membuat kamu yakin liburan akan berjalan sesuai rencana.

Pesan tiket lebih awal

Hal yang sering menjadi kendala saat liburan akhir tahun adalah harga tiket yang naik drastis dan kehabisan tiket. Dapat dipastikan jika Anda akan kesulitan mendapat tiket jika membeli di waktu yang mepet dengan musim liburan, karena jumlah penumpang yang meningkat pesat dibanding hari biasanya.

Persiapkan dana liburan

Agar liburan akhir tahun menjadi tenang, dan Anda tidak menjadi stress setelah liburan karena tabungan terkuras habis. Sebaiknya perencanaan dana liburan harus dilakukan dengan matang. Anda harus menyiapkan dana untuk kebutuhan seperti transportasi, penginapan, dan makanan. Kemudian, siapkan kebutuhan liburan seperti tiket masuk lokasi liburan dan oleh-oleh. Biasanya, kebutuhan inilah yang tidak dipersiapkan, sehingga menghabiskan banyak bujet liburan.

Pilih destinasi liburan

Setelah kalkulasi dengan pasti berapa jumlah dana yang harus Anda keluarkan untuk liburan. Sekarang waktunya menentukan destinasi mana yang tepat untuk dikunjungi. Anda bisa mencari informasi lewat media sosial maupun teman, tempat yang bagus dan sesuai dengan bujet. Apakah pantai, gunung, atau hanya keliling kota. 

Jika sudah ditentukan, kamu bisa mengatur bujet dengan tepat untuk liburan nanti. Yang perlu diingat! jangan sampai memilih destinasi liburan yang tidak sesuai kantong sehingga membuat kamu harus sangat berhemat dan tidak bisa menikmati masa liburan dengan tenang.

Siapkan transportasi, dan akomodasi

Menyiapkan liburan yaitu kebutuhan transportasi, akomodasi, serta hiburan. Pastikan Anda telah memesan semuanya jauh hari sebelum hari-H. Anda bisa memanfaatkan aplikasi travel yang terpercaya. Dengan memanfaatkan aplikasi travel ini, Anda bisa menentukan jadwal transportasi dan hotel yang akan dipesan.

Siap uang tunai

Memang di jaman serba digital seperti saat ini, kartu debit ataupun kredit memang ringkas dan memudahkan dalam bertransaksi. Namun tidak semua tempat yang Anda kunjungi terdapat fasilitas yang mendukung uang sistem pembayaran elektronik. Jadi sebaiknya persiapkan uang tunai pula.

Cek cuaca

Sebelum berangkat ke lokasi liburan, cek cuaca dan kondisi alamnya. Biasanya cuaca di pergantian tahun adalah musim penghujan. Anda bisa mengecek lewat situs BMKG, apakah cucaa bersahabat atau bisa membahayakan.

Menjaga kesehatan

Liburan akan menjadi tidak menyenangkan jika Anda dalam keadaan sakit. Karena itu, penting menjaga kesehatan tubuh menjelang dan selama masa liburan. Hal paling sederhana yang dapat dilakukan yakni meminum air putih dengan cukup untuk menjaga tingkat hidrasi di dalam tubuh. Dan olahraga ringan yang teratur seperti joging atau jalan sehat.

Tentunya juga untuk menjaga pola makan dengan memakan banyak sayur dan buah. Hal-hal seperti ini akan membantu Anda untuk menjaga stamina selama liburan tahun baru ini. Anda tentu tidak ingin liburan akhir tahun bersama keluarga malah terhambat. Dengan menjaga pola tidur dan makan yang teratur bisa membuat liburan semakin menyenangkan.

Nah, sobat kulinerasik itulah beberapa tips untuk mempersiapkan liburan akhir tahun. Agar menjadi momen yang spesial bersama keluarga.Persiapkan semuanya sejak jauh-jauh hari. 

Selamat berlibur!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel