Skip to main content

9 Tempat Liburan Akhir Tahun yang Istimewa

Kuliner Asik - Sebentar lagi akan memasuki akhir tahun, tentunya ini momen yang ditunggu-tunggu oleh semua orang. Karena lama waktu liburan bersama keluarga cukup panjang. Jika Anda berencana liburan akhir tahun bersama keluarga, namun masih bingung mana tempat liburan akhir tahun yang akan Anda kunjungi.

Nah, artikel kali ini akan membahas daftar rekomendasi liburan akhir tahun di Indonesia yang wajib Anda kunjungi.

1. Bali

Tempat Liburan Akhir Tahun

Daftar kunjungan pertama tentunya adalah Pulau Bali, karena memang menawarkan tempat wisata yang indah dan masih alami. Sebaiknya Anda persiapkan jauh hari sebelum berlibur ke Bali, karena musim liburan akhir tahun Bali selalu menjadi destinasi wisatawan, baik domestik maupun luar negeri.

Obyek wisata pantai wajib Anda kunjungi di Pulau Dewata ini. Beberapa pantai indah seperti pantai kuta, pantai pandawa, pantai blue point, pulau nusa dua, tanah lot menawarkan pemandangan yang indah.

2. Yogyakarta

Tempat Liburan Akhir Tahun

Destinasi kedua ini juga ccock untuk menghabiskan liburan akhir tahun bersama keluarga. Di Jogja Anda bisa berkunjung ke Candi Borobudur, Istana Ratu boko, Pantai Parangteritis, Puntuk Setumbu, Papeermoon Puppet Theater, Bukit Rhema, dan masih banyak wisata lainnya yang menawarkan eksotisme.

3. Malang

Tempat Liburan Akhir Tahun

Kota Apel ini menjadi salah satu tempat wisata yang memiliki keindahan alamnya. Anda bisa berkunjung ke Alun-alun Kota Batu, wisata Jatim Park 1, Jatim Park 2, Museum Angkut, Batu Night Spectacular, atau mencoba wisata kuliner bakso disini. 

Banyak sekali kuliner-kuliner lezat yang siap menemani liburan Anda. Kota Malang yang terkenal dengan udaranya yang segar dan dingin, bisa membuat pikiran Anda fresh.

4. Bandung

Tempat Liburan Akhir Tahun

Bandung juga bisa menjadi salah satu tempat liburan akhir tahun yang istimewa. Lokasinya cukup dekat dengan Jakarta menjadikan tempat ini selalu ramaidisebu para wisatawan menjelan akhir tahun. Bandung menawarkan pilihan wisata lengkap mulai dari wisata belanja, kuliner hingga wisata alam yang menggoda. 

Anda bisa berkunjung ke wisata alamnya yang sangat banyak, seperti Taman Botani yang indah, Perkebunan Teh yang luas, lapangan golf hingga pemandangan apik via Tebing Keraton.

5. Labuan Bajo

Tempat Liburan Akhir Tahun

Labuan Bajo adalah sebuah desa nelayan kecil yang terletak di Nusa Tenggara Timur. Terdapat pelabuhan yang menjadi pintu gerbang wisatawan yang ingin pergi ke Pulau Komodo dan gugusan pulau kecil lainnya. 

Selain itu, perairan di Labuan Bajo juga terkenal sangat jernih disertai pemandangan yang indah di permukaan maupun di dalam lautnya. Pantas saja jika daerah ini kini menjadi destinasi istimewa saat liburan akhir tahun.

6. Raja Ampat

Tempat Liburan Akhir Tahun

Salah satu destinasi yang istimewa adalah Pulau Wayag di Desa Waigeo Barat. Jarak tempuh butuh waktu enam jam dari Sorong. Selain itu ada juga Pulau Misool yang merupakan salah satu pulau besar di Raja Ampat. Anda akan disuguhkan pemandangan laut biru yang tenang dan indah dengan hijau pepohonan. 

Anda juga bisa berkunjung ke Pulau Piaynemo di Desa Pam, Kecamatan Waigeo Barat. Di sini kamu bisa mendapatkan foto ikonik dengan background gugusan pulau yang sangat menawan. Ada juga lokasi wisata yang masih jarang dijamah wisatawan, yakni Pulau Rufas. Di sinilah laguna cantik Raja Ampat berada.

7. Surabaya

Tempat Liburan Akhir Tahun

Kota Pahlawan ini juga merupakan tempat liburan yang selalu ramai di akhir tahun. Anda bisa mengunjungi Jembatan Suramadu, Suroboyo Carnival Park, Air Mancur Kenjeran, Museum Tugu Pahlawan, Kenjeran Park, hingga Hutan Mangrove Wonorejo. Cocok sekali jika kamu senang berwisata bersama keluarga tercinta.

Wisata kulinernya juga tidak kalah istimewa, Anda bisa mencoba lezatnya Sate Klopo Ondomohen Ny. Asih, Sego Sambel Mak Yeye, Lontong Balap Garuda Pak Gendut, Rujak Cingur Ahmad Jais, tahu campur kalasan, hingga rawon setan yang terkenal.

8. Makassar

Tempat Liburan Akhir Tahun


Kota Makassar cocok banget dijadikan tempat liburan akhir tahun bersama keluarga. Kota yang dulunya bernama Ujung Pandang ini sangat ramai pada saat tahun baru, terutama di Pantai Losari. Obyek wisata lainnya juga tidak kalah seru, seperti Benteng Rotterdam, Tanjung Bira, Trans Studio Makassar, Taman Laut Taka Bonerate, atau Danau Tempe.

Jika ingin mengunjungi tempat yang hijau dan sejuk, kamu bisa menuju Malino. Malino merupakan dataran tinggi yang menawarkan pemandangan khas pegunungan. Letaknya memang cukup jauh dari Kota Makassar (80 km). Sepanjang jalan Anda akan disuguhi pemandangan batu kapur dan hutan pinus yang asri. 

Disni juga terdapat banyak lokasi wisata lain, seperti Air Terjun Serubu Tangga, Air Terjun Takapala, kebun teh, lembah biru, dan bunker peninggalan Jepang. Jangan lupa beli oleh-oleh dodol ketan, apel, atau markisan jika berlibur ke sini.

9. Belitung

Tempat Liburan Akhir Tahun

Pilihan lokasi wisatanya sangat banyak, contohnya Kampoeng Ahok. Di sini Anda bisa melihat replika rumah kayu yang dulu ditinggali keluarga besar Ahok. Jangan lupa untuk membeli berbagai suvenir, seperti tudung saji dan caping berbahan daun enau khas Belitung.

Sejak film Laskar Pelangi dirilis, Belitung semakin menjadi tempat wisata favorit. Ada spot baru di Belitung yang bisa Anda kunjungi, yakni Pulau Lelaki. Dinamakan demikian karena bentuknya menyerupai alat kelamin lelaki. 

Anda bisa foto sepuas-puasnya di pantai berpasir putih serta berbatu-batu besar ini. Selain itu, Anda juga bisa menikmati liburan akhir tahun dengan berkunjung ke Rumah Keong atau Pulau Lengkuas.


Itulah 9 tempat liburan akhir tahun yang istimewa di Indonesia, persiapkan liburan Anda dengan matang agar tidak ada kendala saat perjalanan nanti. Selamat berlibur!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar