Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

14+ Tempat Makan Keluarga di Jogja yang Enak dengan Nuansa Alam

Kuliner Asik, 14 Tempat Makan Keluarga di Jogja yang Enak dengan Nuansa Alam – Halo sobat, apakah Anda sedang mencari tempat makan keluarga di Jogja?, Jika ingin tahu lebih lanjut Anda bisa membaca artikel tentang tempat makan keluarga di Jogja yang enak dan murah sekaligus menawarkan suasana alam khas pedesaan. 

Keluarga adalah harta yang tak ternilai bagi setiap orang. Momen berkumpul bersama keluarga, apalagi sambil makan bersama, selalu menjadi kenangan yang tak terlupakan. Bagi kamu yang tinggal di Jogja, kamu beruntung karena di kota ini tersedia banyak sekali tempat makan keluarga di Jogja yang cocok untuk acara keluarga besar. 

Mulai dari tempat makan yang menyediakan menu khas Jogja hingga tempat makan yang menawarkan pemandangan yang indah, semua tersedia di Jogja. Nah, buat kamu yang masih bingung mencari tempat makan keluarga di Jogja yang cocok, simak yuk artikel ini!

Tempat Makan Keluarga di Jogja

Tempat Makan Keluarga di Jogja dengan Nuansa Alam

Selain terkenal dengan kuliner gudeg-nya, Jogja juga masih punya banyak tempat makan keluarga yang tidak diragukan lagi rasanya. Paling asik mencicipi kuliner Jogja kekinian sembari menikmati pemandangan pedesaannya. 

Berikut ini Kuliner Asik rekomendasikan tempat makan keluarga di Jogja yang murah dan enak dengan nuansa alam yang bisa Anda kunjungi:

1. Soto Gerabah Mbok Tuginem

Tempat Makan Keluarga di Jogja

Jangan lupa mampir ke Sleman untuk mencicipi nikmatnya soto gerabah di Mbok Tuginem. Di sini tersedia soto daging sapi dengan harga murah meriah. Soto diracik dengan isian nasi putih, tauge panjang, irisan daging sapi, bawang putih goreng, dan daun seledri. Kuahnya bening, gurih, dan segar.

Sambil menikmati menu ayam bakar, tempe, tahu bakso, sate ati, sate usus dan sate telur puyuh, Anda bisa melihat pemandangan hamparan sawah hijau. Anda bisa melihat petani sedang bercocok tanam di sawah disertai indahnya padi yang sudah menguning.

  • Alamat: Kadirojo I, Purwomartani, Kec. Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55571.
  • Jam buka:  06.00 - 22.00
  • Telepon: 0859-5142-9512

2. Geblek Pari Nanggulan

Tempat Makan Keluarga di Jogja

Lokasinya ada di Dusun Pronosutan, Nanggulan, Kulon Progo. Tempat makan khas pedesaan dengan indahnya hamparan sawah hijau. Juga ada pemandangan bukit hijau dan asri yang sudah menanti. Karenanya banyak pengunjung sengaja datang ke sini dengan bersepeda.

Untuk menu makanan, Geblak Pari Nanggulan menawarkan geblek sebagai menu andalan. Berupa gorengan khas Kulon Progo yang dibuat dari tepung tapioka dan bawang sebagai bahan utamanya. 

Untuk makanan berat, tersedia lauk pauk tradisional seperti mangut lele, ayam bacem goreng, sayur lodeh, dan banyak lainnya.

  • Alamat: pronosutan, Kembang, Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55671
  • Jam buka: 08.00 - 19.30
  • Telepon: 0819-1100-0714

3. Wirosani Jogja

Tempat Makan Keluarga di Jogja

Tempat makan keluarga yang satu ini sangat unik, karena tawarkan suasana pedesaan yang kental. Di bagian tengah ada rumah Joglo, sementara di sekelilingnya adalah hamparan sawah. Pengunjung bisa foto selfie menggunakan kostum dan properti khusus yang disediakan disini.

Soal menu, Anda bisa mencoba hidangan di sini seperti sayur lodeh lombok ijo, telur dadar krispi, tempe garit, dan ayam goreng rempah. Semuanya disajikan menggunakan alat-alat makan bermotif ayam jago.

  • Alamat: Jl. Palagan Tentara Pelajar No.km 12.5, Gondong, Donoharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581
  • Jam buka: 09.00 - 21.00
  • Telepon: 0812-5140-0909

4. Pondok Makan Pelem Golek

Tempat Makan Keluarga di Jogja

Dengan suasana alami yang ditawarkan di sini, seperti sungai mengalir, gemercik air terjun, serta suara kicauan burung yang membuat anda seolah-olah sangat dekat dengan alam. Anda bisa menikmati hidangan dengan tenang.

Pondok Makan Pelem Golek menyediakan berbagai kuliner  bernuansa spesial, mulai dari gurami salad mangga, ikan mas tim kecap, ayam sarang mas, serta kepiting bumbu gurih yang menjadi menu favorit di sini.

  • Alamat: Jalan Palagan Tentara Pelajar KM.7 No.99, Sariharjo, Ngaglik, Mudal, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581
  • Jam buka: 00.00 - 21.00
  • Telepon: (0274) 867676

5. Rumah Makan Banyu Mili

Tempat Makan Keluarga di Jogja

Tempat makan yang satu ini cocok untuk keluarga dan rombongan, karena buka mulai dari pagi. Dengan menu andalannya yaitu udang bakar madu, kepiting saus asam manis, serta gurami bakar. 

Selain makanan, rumah makan ini menyediakan berbagai fasilitas menarik, yaitu kolam renang, danau, pemancingan, musik serta wi-fi gratis. 

  • Alamat: Jl. Godean Km.4,5, Nogotirto, Gamping, Kwarasan, Nogotirto, Kec. Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55182
  • Jam buka: 09.00 - 21.00
  • Telepon: (0274) 545143

6. Rumah Makan Moro Lejar

Tempat Makan Keluarga di Jogja

Menawarkan berbagai makanan khas Jawa dengan teknik pengolahan modern. Tersedia beberapa menu andalan yang merupakan makanan spesial dari Moro Lejar yaitu aneka ikan bakar. 

Selain itu, konsep dekorasi yang kental dengan alam membuat anda akan merasakan suasana khas pedesaan makan di tempat ini. 

  • Alamat: Jalan Cangkringan KM. 2, Wukirsari, Cangkringan, Sembungan, Wukirsari, Kec. Cangkringan, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55584
  • Jam buka: 07.00 - 19.00
  • Telepon: (0274) 895035

7. Rumah Makan Mang Engking

Tempat Makan Keluarga di Jogja

Rumah Makan Mang Engking terkenal dengan makanan seafood nya. Tempat makan seafood di Jogja ini berbeda dengan rumah makan yang lain, di sini cara menikmatinya sangat berbeda. Anda dapat menyantap makanan ini disajikan dengan bumbu siram yang rasanya sangat pedas. 

Menu andalan di sini yaitu udang bakar madu yang isinya 2 ekor udang galah, cumi goreng, gurami asam manis, ayam bakar madu serta beberapa menu pendamping, yaitu sayur karedok, lalapan, dan sayur asam tentunya.

  • Alamat: Jl. Godean No.KM.16, Jamur, Sendangrejo, Kec. Minggir, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55562
  • Telepon: 0851-0048-9732

8. Restoran Bale Bengong

Tempat Makan Keluarga di Jogja

Tempat kuliner Jogja ini menyajikan menu makanan laut, udang air tawar dan juga menu ayam. Anda juga wajib coba menu udang bakar bumbu, kepiting bakar bale, dan banyak lagi termasuk ikan kakap merah. 

Yang unik, Anda bisa menikmati makanan dengan cafe nuansa bali di jogja. Selain itu, Anda bisa melihat pemandangan area persawahan yang sangat menyejukkan. Di sini anda bisa pilih, mau duduk di gazebo atau di meja kursi yang sudah disediakan di dalam ruangan.

Terdapat juga  beberapa fasilitas menarik, seperti akses internet wi-fi gratis, camilan singkong goreng, tahu goreng, tempe mendoan, pisang goreng dan sebagainya bersama keluarga tercinta.

  • Alamat: Jalan Raya Solo KM12,5, Tirtomartani, Kalasan, Karang Kalasan, Tirtomartani, Kec. Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55571
  • Jam buka: 11.00 - 21.00
  • Telepon: (0274) 496636

9. Waroeng Belik

Tempat Makan Keluarga di Jogja

Rumah makan keluarga dengan nuansa persawahan yang sangat asri dan alami. Dipastikan ketika anda masuk, seolah-olah sedang berada di pedesaan, ditambah lagi dengan perabot dan hiasannya yang tradisional.

Untuk menu makanan dan minuman yang disajikan di Waroeng Belik juga sangat tradisional. Salah satu menu andalannya yaitu sayur lodeh lompong dan sayur genjer yang memiliki cita rasa yang khas. Menu ini akan sangat-sangat terasa nikmat jika dimakan bersama dengan nasi merah, serta ikan manyung asap. 

Dan satu lagi, jangan lupa juga memesan kudapan mendoan, jadah dan pisang goreng agar anda makin kenyang.

  • Alamat: Jl. S. Hartono Gandok, RT.1/RW.19, Tambakan, Sardonoharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581
  • Jam buka: 08.00 - 20.00
  • Telepon: 0821-3494-9002

10. KunvenuTempat Makan Keluarga di Jogja

Restoran ini menawarkan makanan dengan sensasi yang indah, sambil melihat sunset di sore harinya. Tempat ini juga sangat cocok untuk kumpul keluarga. Ada malam hari, anda bisa melihat pemandangan sawah yang dipadukan dengan lampu yang cantik. 

Sehingga anda dan keluarga akan merasa betah di sini. Ada beberapa menu favorit yaitu nasi goreng rawon dan banyak menu lainnya. 

  • Alamat: Jl. Jeblog Tirtonirmolo, Tegal Kenanga, Tirtonirmolo, Kec. Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184
  • Buka mulai jam 04.00 sore sampai 12.30 malam.
  • Telepon: 0811-2675-915

11. Rumah Makan Kasmo

Tempat Makan Keluarga di Jogja

Selain menyajikan makanan yang enak, Anda juga bisa menikmati banyak spot poto yang berada di tengah sawah dicat dengan warna-warni. Anda bisa memilih sendiri mau duduk di kursi meja, atau di lesehan yang memang sama-sama menghadap ke arah persawahan yang asri. 

Untuk menu favorit di tempat ini, yaitu ayam goreng kampung dengan porsi yang besar, aneka sayuran khas pedesaan, dan nasi merah dengan lauknya yang enak, anda wajib mencobanya.

  • Alamat: Cupuwatu, Purwomartani, Kalasan, Cupuwatu II, Purwomartani, Kec. Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55571
  • Jam buka: 08.00 - 19.00
  • Telepon: (0274) 497454

12. Pasta Banget SignatureTempat Makan Keluarga di Jogja

Restoran ini identik dengan menu restoran mewah dan fancy, meskipun demikian anda tetap bisa merasakan sensasi makanan pasta dengan view sawah yang memorable. 

Menawarkan pemandangan interior yang artstik, terutama di malam hari maka deretan lampu dan lilin akan dipasang di pepohonan area sawah sehingga tampak romantis cocok untuk anda dan pasangan yang lagi kasmaran.

  • Alamat: Jl. Watugede No.2A, Wonorejo, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 57383
  • Jam buka: 11.00 - 23.00
  • Telepon: (0274) 4533289

13. Rosella Easy DiningTempat Makan Keluarga di Jogja

Rumah makan yang memiliki konsep tradisonal dan eksotis. Anda dapat menikmati keindahan sawah khas pedesaan. Di sini para pelayannya sangat ramah dan terlihat sangat kompak dengan seragam tradisional yang dikenakan.

Sedangkan menu makanannya adalah aneka olahan ayam mulai dari opor ayam, pecel ayam dan sebagainya yang dikemas lebih modern.

  • Alamat: Jalan Kabupaten KM.3,5 No.50, Trihanggo, Gamping, Ngawean, Trihanggo, Kec. Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55291
  • Jam buka: 12.00 - 21.00
  • Telepon: 0817-6544-8006

14. Kepik Sawah

Tempat Makan Keluarga di Jogja

Tempat makan keluarga di Jogja ini juga menawarkan pemandangan yang cantik. Kepik Sawah menawarkan pemandangan dengan konsep dekorasi warung tradisional, interiornya didominasi kayu dengan kehadiran lampu remang-remang. Yang pasti suasana temaramnya bikin banyak pengunjung nyaman.

Selain itu, ada banyak pilihan menu makanan, antara lain minuman zaman dulu seperti 
Sarsaparilla dan Soda Soemringah di sini. Untuk makanannya, tersedia mangut lele, iga bakar saus kacang, belut balado, hingga gadon.

  • Alamat: Jl. Godean, Area Sawah, Sidoagung, Kec. Godean, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.
  • Jam buka: 10.00–22.00
  • Telepon: 0857-2982-8282

15. Joglo Pari Sewu

Konsep resto yang memadukan wisata alam dengan cita rasa kuliner tradisional. Anda dapat berwisata sembari makan enak. Selain itu, di Joglo Pari Sewu menawarkan beragam spot wisata alam dengan nuansa vintage joglo, rumah boneka, terapi ikan, berenang di sungai, camping ground dan lain-lain.

Berbagai jenis masakan tradisional maupun modern khas Jogja dan sekitarnya, siap memanjakan lidah Anda dan keluarga. 

  • Alamat lengkap: Bromonilan RT.008/RW.003, Bromonilan, Purwomartani, Kec. Kalasan, Kabupaten Sleman. 
  • Website: jogloparisewu.com
  • Kontak/ Telepon: 0815-4500-6500
  • Email: jogloparisewu@gmail.com
  • Fasilitas: Rumah boneka, camping ground, area berenang di sungai, coffee shop, tempat panahan, perahu apung, panggung hiburan, pendopo, rumah pohon, dan gazebo.
  • Kapasitas pengunjung: Kurang lebih 150 orang.

Baca juga: 10 Tempat Kuliner Asik Di Jogja yang Harus Kamu Coba

16. Warung Bu Ageng

Warung Bu Ageng merupakan tempat makan keluarga di Jogja yang populer dan legendaris. Tempat makan ini sudah berdiri sejak 1984 dan menyajikan menu masakan khas Jogja seperti nasi gudeg, sate klatak, dan ayam goreng. 

Selain makanan yang enak, Warung Bu Ageng juga memiliki suasana yang tradisional dan nyaman. Kamu bisa makan di dalam ruangan yang ber-AC atau di luar ruangan yang terbuka dengan pemandangan hijau yang asri. 

  • Alamat: Jl. Tirtodipuran No.13, Mantrijeron, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55143.
  • Jam buka: 11.00–23.00 Hari Senin Tutup
  • Telepon: (0274) 387191

Akhir Kata

Sekian artikel dari Kuliner Asik yang bisa dibagikan, tentang 14 tempat makan keluarga di Jogja yang enak dengan nuansa alam. Semoga bermanfaat, jangan lupa share artikel ini agar orang lain terbantu dengan adanya informasi dalam artikel ini. Sampai jumpa lagi di artikel-artikel Tempat Kuliner selanjutnya.