Skip to main content

11 Tempat Wisata dengan Spot Sunrise Terbaik di Indonesia

Kulinerasik.com - Menikmati liburan dengan pemandangan spot sunrise atau matahari terbit di pagi hari adalah sesuatu yang diidam-idamkan para wisatawan. Sejatinya, spot sunrise ini diyakini bisa menimbulkan semangat lagi dalam menjalani hidup.

Tempat Wisata dengan Spot Sunrise Terbaik di Indonesia

Mencari spot sunrise dan sunset tentu menjadi tantangan dan kenikmatan tersendiri. Selain itu, momen munculnya matahari terbit juga kerap dijadikan sebagai background untuk foto selfie.

Dan di Indonesia sendiri banyak terdapat tempat wisata yang menyajikan spot sunrise terbaik. Berikut ini kami rangkum 11 tempat wisata dengan spot sunrise terbaik di Indonesia dari berbagai sumber:

1. Kawah Ijen, Bondowoso

Spot Sunrise Terbaik di Indonesia
Pulau Jawa memiliki gunung dengan spot sunrise yang menawan di Gunung Ijen, Bondowoso. Gunung berapi ini terletak di antara Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi ini memang menjadi jujugan para  traveller dalam negeri maupun dari mancanegara.

Bukan hanya disuguhkan dengan pemandangan sunrisenya, namun saat malam hari, Anda bisa melihat blue fire yang sangat indah di Kawah Gunung Ijen ini.

2. Pantai Sanur, Bali

Spot Sunrise Terbaik di Indonesia
Bali adalah surganya para pelancong, banyak terdapat obyek wisata di Bali yang menawarkan spot sunrise terbaik. Salah satunya di Pantai Sanur, lokasi pantai ini masih berada dalam satu kawasan wisata Sanur di Kecamatan Denpasar Selatan. 

Anda bisa menyaksikan matahari terbit ditemani dengan keindahan pantai, dan gemulai air laut yang tenang di pagi hari. 

3. Danau Toba, Sumatera Utara

Spot Sunrise Terbaik di Indonesia
Danau yang merupakan danau terbesar di Asia Tenggara ini juga memiliki spot sunrise terbaik. Pemandangan di sekitar danau yang asri dan memiliki unsur nilai-nilai sejarah, serta arsitektur menawan mampu menarik para wisatawan. 

Untuk mendapatkan spot sunrise terbaik, Anda bisa menuju ke Menara Tele, yang tepat berada di jalur lereng bukit antara Pangururan menuju Sidikalang. 

4. Gunung Bromo, Jawa Timur

Spot Sunrise Terbaik di Indonesia
Lokasinya berada di kawasan Pengunungan Tengger, Jawa Timur. Anda bisa menikmati pemandangan sunrise terbaik dari puncak gunung ini. 

Terdapat mobil atau kuda yang siap mengantar Anda melewati padang pasir untuk menuju puncak dan menikmati sunrise.

5. Gunung Semeru, Tengger

Spot Sunrise Terbaik di Indonesia
Terletak di kawasan Pegunungan Tengger, gunung tertinggi di Pulau Jawa ini akan menyajikan keindahan matahari terbit. 

Perjalanan untuk bisa mencapai puncaknya memang gak berat. Namun semua itu akan terbayarkan saat melihat matahari muncul dari peraduannya. Sangat indah sekali!

6. Bukit Sikunir, Dieng

Spot Sunrise Terbaik di Indonesia
Terletak di Desa Sembungan, Dieng, Wonosobo, berada di ketinggian 2.306 mdpl. Dengan ketinggian ini, desa ini dinobatkan sebagai desa tertinggi di Pulau Jawa. Meskipun cukup tinggi, namun Bukit Sikunir sudah dilengkapi anak tangga untuk memudahkan wisatawan menuju puncak. 

Untuk menikmati spot sunrise terbaik, Anda bisa naik keatas bukit, dengan nuansa keindahan alam dataran tinggi Dieng. 

7. Savana Bekol, Situbondo

Spot Sunrise Terbaik di Indonesia
Obyek wisata yang ada di Jawa Timur ini menyajikan pemandangan alam yang disajikan mirip dengan pemandangan alam liar di daratan Afrika. Selain itu, Anda bisa melihat rombongan rusa, ayam hutan, dan beragam binatang liar lainnya. 

Spot sunrise sendiri bisa Anda nikmati di dua lokasi berbeda, yakni di Savana Bekol dan gardu pandang. Namun Anda harus mengerahkan tenaga lebih untuk menaiki gardu pandang yang cukup tinggi. 

8. Candi Borobudur, Magelang

Spot Sunrise Terbaik di Indonesia
Selain menyajikan pemandangan sunrise yang indah, Anda juga bisa melihat warisan budaya artefak disini. Anda bisa menyaksikan panorama sunrise di salah satu situs tujuh keajaiban dunia ini. 

Untuk biaya yang harus dikeluarkan memang agak sedikit mahal, yaitu sekitar Rp200.000-350.000. Harga tersebut sudah termasuk tiket masuk, senter kecil, dan makanan ringan setelah turun dari Candi Borobudur. 

9. Bukit Puthuk Setumbu, Magelang

Spot Sunrise Terbaik di Indonesia
Bukit Punthuk Setumbu di kawasan Candi Borobudur bisa menjadi alternatif lokasi yang tepat untuk melihat sunrise. Anda bisa menyaksikan kemegahan Candi Borobudur dari ketinggian ditambah dengan keindahan sinar matahari yang muncul di balik Gunung Merapi dan Merbabu. 

Spot inilah yang membuat Bukit Punthuk Setumbu semakin istimewa di kalangan wisatawan. Tiket masuk hanya Rp15.000 untuk menikmati keindahan sunrise disini.

10. Gunung Rinjani, Lombok

Spot Sunrise Terbaik di Indonesia
Gunung Rinjani untuk melihat spot sunrise terbaik. Gunung berapi tertinggi ke-2 di Indonesia ini memiliki ketinggian 3.000 mdpl. Banyak keindahan disajikan di Gunung Rinjani, mulai dari sabana, kawah, air terjun, hingga sumber air panas bisa kamu temukan di sini. 

Anda bisa menikmati momen sunrise di puncak Rinjani dengan latar Segara Anak dan Gunung Barujari yang bisa kamu lihat dari puncak. 

11. Gunung Kerinci, Jambi

Spot Sunrise Terbaik di Indonesia
Gunung Kerinci, Jambi memiliki ketinggian mencapai 3.805 mdpl, dan termasuk gunung berapi tertinggi di Indonesia. Gunung Kerinci menyajikan pemandangan hutan lebat, habitat beragam binatang liar, hingga kawah berwarna biru kehijauan. 

Selain itu, disini menjadi spot terbaik untuk melihat matahari terbit. Anda harus berkemah semalam agar tidak melewatkan momen sunrise. Karena Anda bisa menyaksikan pantulan cahaya matahari di balik awan yang menutupi puncak Gunung Kerinci. 


Itulah tadi tempat wisata dengan spot sunrise terbaik di Indonesia. Mana yang terbaik menurut kalian?
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Copyright©2023 Kuliner Asik