Skip to main content

10 Tempat Kuliner Asik Di Jogja yang Harus Kamu Coba

Kulinerasik.com - Kalau ada julukan Kota romantis selain di Bandung, Jogja jawabannya. Kota pendidikan dan budaya di selatan Pulau Jawa ini selalu sukses membuai semua orang dengan berbagai pesonanya.

Kuliner Asik Di Jogja


Kota Jogja sendiri terkenal akan gudegnya yang manis dan gurih, angkringan nasi kucing yang melegenda dan sudah menjadi ikon wisata kuliner. Dan masih banyak lagi kuliner Jogja yang terkenal.

Namun, ada beberapa tempat kuliner asik di Jogja yang tak hanya sekadar menawarkan sajian nikmat, tetapi juga sentuhan seni serta budaya yang membuat mereka unik dan menarik buat kamu kunjungi.

Penasaran dimana saja tempatnya? simak ulasannya di bawah ini:

1. ViaVia Jogjakarta

Tempat Kuliner Asik di Jogja

Tempat yang satu ini lebih dikenal sebagai tempat bertemunya para pelancong, terutama yang hobi backpacker. Suasananya sangat nyaman dilengkapi dengan bantal-bantal dan lukisan dinding, membuat suasana di ViaVia mirip dengan rumah sendiri.

Menu favorit di ViaVia adalah sajian makan pagi lengkap dengan stoberi yang dicelup cokelat, dan banyak pilihan roti.

Konsep resto ini sangat cocok bagi pecinta seni, karena mendorong banyak seniman dari bidang apapun untuk memamerkan hasil karyanya di sana.

Lokasi: Jl. Prawirotaman No 30, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Operasional: 07.30 – 23.00, Telepon: 0274-386 557

2. Gubug Makan Mang Engking

Tempat Kuliner Asik di Jogja

Ingin menjadi raja sambil menikmati makanan. Mampir saja di kastil Mang Engking yang unik ini. Restoran ala kastil ini menyajikan hidangan ikan dan udang yang hidup di kolam sekeliling kastil. Kalian bisa sambil bersantai di gubuk bambu yang menyerupai pondok, tapi berada di ujung air. Atau kalian bisa makan di dalam ruangan yang menyerupai kastil.

Menu andalan disini adalah Udang Bakar Madu-nya sangat lezat, segar dan rasanya manis dengan sedikit aroma gosong. Dan ikan Gurame Pesmol nya yang bikin ketagihan.

Yang unik di Gubuk Mang Engking adalah kalian bisa mencelupkan kaki dan menikmati gigitan-gigitan kecil ikan-ikan di kolam.

Lokasi: Jalan Soragan No 13, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Operasional: 10.00 – 21.00, Telepon: 0274-622 972.

3. Jejamuran

Tempat Kuliner Asik di Jogja

Menu jamur seperti shitake, morels dan tiram bisa kalian cicipi di Jejamuran. Sangat sedikit restoran yang menjadikan jamur sebagai hidangan utama mereka. Tapi di Jejamuran, jamur-jamur ini adalah favoritnya.

Omelette, sup, keripik, bahkan minuman segar di sini pun mengandung jamur. Sate jamurnya juga sangat lezat, begitu gurih dan kenyal sampai membuat tak sadar bahwa sate yang satu ini tidak mengandung daging sama sekali.

Setelah puas menikmati hidangan dari jamur, kalian bisa mempelajari cara mengembangbiakkan jamur, atau berbelanja di toko yang menjual aneka macam jamur. Karena di Jejamuran kalian dapat menemukan bermacam-macam jamur yang tidak biasa ditemukan di tempat lain. Hiburan live music dan pertunjukkan lainnya juga tersedia disini.

Lokasi: Jl. Magelang KM 11 No 53 RT 01 / RW 20, Niron, Pandowoharjo, Tridadi Kec Sleman, Yogyakarta.

Jam Operasional: 09.00-21.00, Telepon: 0274-868 170.

4. Bong Kopitown

Tempat Kuliner Asik di Jogja

Jika kalian ingin merasakan sensasi makan di dalam penjara, cukup mampir saja ke Bong Kopitown di kawasan Sagan, Yogyakarta.  Restoran ini mengusung konsep suasana menyerupai penjara sungguhan.

Selain desain interior yang unik, buku menunya pun anti mainstream karena buku menunya berbentuk koran. Lalu sekeliling ruangan ada jeruji besi yang membuat suasana seperti didalam penjara beneran. Namun kalian tidak perlu khawatir, karena di Bong Kopitown sangat terang dan bersih, tidak seperti penjara sungguhan yang gelap dan kusam.

Menu yang dtawarkan disini antara lain Penang Fried Noodle atau chicken/beef rice claypot, dan Singapore Laksa Noodle sebagai menu andalan Bong Kopitown. Dan semua hidangan disajikan menggunakan piring seng ala di penjara.

Lokasi: Jl. Sagan Kidul No 4, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jam Operasional: 10.00-00.00 WIB, Telepon: 0274-589 333.

5. The Captain Urban Lounge

Tempat Kuliner Asik di Jogja

Tempat ini sangat asik dan unik, karena ada bagian moncong pesawat yang diletakkan di bagian depan bangunan berbentuk hanggar ini. Kemudian di dalam restoran yang sebagian areanya adalah badan pesawat Fokker 28, kalian bisa makan sambil menikmati hiburan berupa live music maupun hentakan irama dari DJ.

Bagian kokpit pesawat dialih fungsikan sebagai panggung musik, sedang bagian lainnya digunakan untuk area makan. Spot ini biasanya dibuat area berfoto selfie di bagian kokpit sambil membayangkan bagaimana rasanya jadi pilot pesawat terbang beneran.

Menu yang disajikan di The Captain Urban Lounge adalah makanan snack seperti nachos dan tacos, lalu ada aneka pasta yang bisa kalian nikmati didalam suasana pesawat yang unik ini.

Lokasi: Jl. Damai 41 Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jam Operasional: 17.00-00.00 WIB, Telepon: 0821 3800 7279.

6. Abhayagiri Restaurant

Tempat Kuliner Asik di Jogja

Menikmati makanan sambil disuguhi dua pemandangan indah sekaligus, yaitu Candi Prambanan dan Gunung Merapi. Woww, siapa mau melewatkan  momen seperti ini.

Lokasinya terletak di atas bukit, bisa membuat kalian menikmati pemandangan Prambanan yang begitu indah. Kalian juga bisa duduk di bagian luar restoran dan menikmati indahnya matahari terbenam. Menu favorit disini adalah buffet-nya yang spesial di lidah dan bikin ketagihan. 

Lokasi: Sumberwatu Heritage Resort, Dusun Sumberwatu Sambirejo, Prambanan.

Jam Operasional: 11.00 – 21.00, Telepon: 0274-446 9277.

7. Rosella Easy Dining

Tempat Kuliner Asik di Jogja


Menikmati hidangan yang lezat ditemani dengan dekorasi alam, yakni sawah hijau yang terhampar luas. Rosella Easy Dining ini terletak jauh dari kebisingan kota,menjadikan suasana alami banget.

Kalian bisa mencoba hidangan Rijstaffel, yaitu menu tradisional yang disajikan dengan sentuhan modern. 

Lokasi: Jl. Kabupaten KM 3,5 No 50 Kecamatan Sleman, Yogyakarta.

Jam Operasional: 10.00 – 23.00 WIB, Telepon: 0274-530 6144.

8. Beukenhof Restaurant

Tempat Kuliner Asik di Jogja

Tempat kuliner asik ini berada di Museum Ullen Sentalu, Kaliurang. Sebuah museum cantik yang dikelola dengan apik. Kalian akan disuguhi oleh desain interior yang menggambarkan sisa kejayaan era kolonial di Jogja.

Menu yang disajikan juga istimewa, kalian bisa mencoba cream soup, atau cordon bleu yang nikmat.

Lokasi: Jl. Boyong, Kaliurang, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jam Operasional: 11.00-17.30 WIB (Senin tutup), Telepon: 0274-895 1319.
 

9. The House of Raminten

Tempat Kuliner Asik di Jogja


Konsep restoran ini sangat unik dan khas, karena bergaya tradisional khas Jawa. Nama restoran ini diambil dari nama sang pemilik, Hamzah Salaiman. Yang dikenal dengan karakter yang diperankannya dalam pertunjukan bertajuk Raminten.

Para pegawai disini mengenakan pakaian tradisional berupa jarit dengan pelayanan khas Jawa yang terkenal kalem. Menu favorit yang bisa kalian coba adalah Koteka, yaitu campuran suwiran ayam dan telur yang dibakar di dalam bambu.

Lokasi: Jl. Alan Faridan Muridan Noto No 7, Gondo Kusuman, Kota Baru, Yogyakarta

Jam Operasional: 24 jam, Telepon: 0274-547 315.

10. Roaster & Bear

Tempat Kuliner Asik di Jogja

Di setiap sudut kafe ini kalian akan melihat beruang; di dinding, di dalam makanan, bahkan ada  yang berukuran jumbo untuk dibuat foto selfie.

Jangan lupa untuk memesan kopi latte art berupa beruang di permukaan minuman. Sedangkan menu makanannya yang juga enak adalah burger dengan roti merah. Dan menu yang spesial tentu Wagyu Steak yang akan lumer di mulut.

Lokasi: Jl. P Mangkubumi NO 52, Jetis, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jam Operasional: 11.00-23.00 WIB, Telepon: 0274-292 0027.


Nah itulah 10 tempat kuliner asik di Jogja yang bisa kalian kunjungi. Bagaimana menurut kalian, unik bukan?
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->