Skip to main content

√ Rasakan Sensasi Minum Kopi Bening

Kulinerasik.com - Jika Anda penggemar kopi, maka warna hitam adalah ciri khasnya. Namun, apa jadinya jika ada kopi yang berwarna bening transparan seperti air mineral? Apakah rasanya memang benar-benar kopi atau hanya aromanya saja yang mirip kopi?
Kopi Bening
Kopi Bening Clear Coffee



Sejarah Terciptanya Kopi Bening

Belakangan ini memang lagi viral minuman kopi bening yang diproses dari biji kopi sungguhan atau selayaknya jika kita membuat secangkir kopi.

Sejarah kopi bening tercipta dari seorang warga negara Slovakia yang bernama David Nagy bersama saudara laki-lakinya yang menciptakan sebuah minuman berasa kopi tapi tidak berwarna kopi alias bening.

David menciptakan kopi bening ini lantaran dia dan saudaranya adalah pecandu kopi berat. Mereka khawatir noda pada kopi akan melekat erat pada gigi dan sulit dihilangkan. Oleh karena itu, inspirasi menciptakan kopi bening dimulai dari sini, lalu mereka menciptakan sebuah formula alami yang tidak menggunakan bahan kimia apapun. Untuk menciptakan kopi bening ini kedua David dan saudaranya memerlukan waktu hingga 3 bulan untuk membuat formula yang sempurna

Salah satu produk kopi bening pertama di dunia adalah CLR CFF (Clear Coffee). Minuman yang berwarna bening layaknya air mineral ini sama sekali tidak terlihat seperti kopi yang memiliki warna hitam pekat. CLR CFF diyakini bisa mengatasi masalah para pecandu kopi yang takut akan bekas noda pada gigi yang sulit dihilangkan.

Kopi bening muncul pertama kali tahun 2015, namun menjadi booming baru pada tahun 2017. Hingga akhirnya menjadi viral di medsos karena tampilan kopinya yang unik.

David Nagy menjelaskan bahwa dalam pembuatan kopi bening ini dia tidak menggunakan gula, zat adiktif, serta bahan pengawet sehingga minuman ini layak dikonsumsi dan tidak berbahaya, jadi aman untuk diminum.

Meskipun berwarna bening, namun kopi bening ini terbuat dari biji kopi arabika dan rasanya sama persis dengan kopi hitam. Kopi bening ini juga mengandung kafein sama seperti kafein yang ada pada secangkir cappuccino.


Di Indonesia sendiri sudah banyak ditemui produsen/pabrik kopi bening, salah satunya ada di Café 210 Roastery Jl. Moh. Kahfi 1 No.8, Jagakarsa, Jakarta. Jam buka mulai pukul 13.00-23.00 WIB.


Kopi Bening


Manfaat Minum Kopi Bening

Kopi bening selain aman diminum juga memiliki khasiat antara lain:

  • Membantu menaikan Moodbooster.
  • Melancarkan peredaran darah karena tidak mengandung karbon.
  • Membantu terapi stroke karena Mampu melancarkan peredaran darah.
  • Tidak memakai gula.
  • Tidak memakai perasa.
  • Tidak memakai pengawet.
  • Tidak membuat kuning gigi, karena tidak mengandung karbo dan ampas kopi.
  • Tidak dianjurkan untuk orang yang memiliki sensitive terhadap lambung.
Sedangkan harga kopi bening sendiri bervariasi mulai dari 50ribu kemasan botol 250 gram hingga 100ribu dengan kemasan botol 500 gram 

Tertarik mencobanya?
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->