Minuman Termahal Di Dunia Itu Bernama: Kopi


Kulinerasik.com - Kopi yang selalu menemani kita saat bekerja maupun sebelum beraktifitas setiap hari, mempunyai banyak varian dan jenis yang berbeda dari tiap negara. Konon kopi berasal dari Abyssinia, suatu daerah di Afrika yang saat ini masuk wilayah negara Etiopia. Kopi semakin terkenal setelah dibawa para pedagang Arab ke Yaman. Sampai akhirnya kopi diperdagangkan secara internasional. Kopi yang banyak dijual dipasaran seperti kopi Arabika, Robusta, Liberika, dan Excelsa.
Kopi Luwak dari Indonesia, Salah Satu Kopi Termahal Di Dunia
Pernah gak terbayang dipikiran kalian untuk minum kopi termahal di dunia? Ternyata ada jenis kopi yang harganya mencapai ratusan juta. Selain mahal, kopi termahal di dunia ini juga memiliki cita rasa yang spesial, karena diolah dan diproses melalui tahapan yang unik. Berikut ini kami rangkum kopi termahal di dunia dari berbagai sumber:

1. Kopi Luwak

Bagi pecinta kopi, pasti kenal dengan kopi asal Indonesia ini. Kopi Luwak merupakan salah satu kopi termahal di dunia karena rasanya yang nikmat dan prosesnya yang unik. Yakni melalui proses pencernaan dalam tubuh hewan luwak. Kopi ini dijual dengan harga Rp2.373.300 per pound. Enzim dari tubuh luwak membuat rasa biji kopi jadi berbeda dari sebelumnya. Setelah melalui proses keluar dari tubuh luwak, kopi baru diproses lagi, hingga menjadi minuman yang banyak disukai di berbagai negara.

2. Kopi Mi Esperanza

Kopi yang berasal dari Honduras ini mempunyai kualitas kopi terbaik di kawasan Amerika Tengah. Kopi Honduras ini memiliki rasa yang beragam, tergantung dari proses roastingnya. Salah satu kopi terbaiknya adalah mi esperanza yang dibanderol dengan harga US$ 35 atau sekitar Rp 460 ribu per 456,3 gram.

3. Kopi Los Planes

Kopi Los Planes berasal dari El Salvador, yang masih terletak di kawasan Amerika Tengah. Industri kopi menjadi komoditas utama di El Salvador, dan hingga kini berkembang pesat. Kopi los planes dihasilkan dari wilayah pegunungan Chalatenango. Kopi los planes di jual dengan harga mencapai US$40 atau sekitar Rp533 ribu per 456,3 gram.

4. Kopi Jamaica Blue Mountain

Tanaman kopi ini ditanam pada ketinggian 5000 kaki di Jamaican Blue Mountain. Kawasan ini memiliki curah hujan tinggi sehingga berpengaruh pada kualitas biji kopi yang dihasilkan. Biji kopi yang dipanen juga diproses di area yang sama, baru kemudian dikirim ke tempat lain. Konon, rasa kopi Jamaican Blue lebih ringan dan tidak terlalu pahit. Jamaican Blue coffee banyak diekspor ke negara lain, salah satunya Jepang. Kopi ini dijual dengan harga Rp750 ribu per pound.

5. Kopi Saint Helena

Kopi ini berasal dari St. Helena Island dan menjadi kopi favorit tokoh Napoleon Bonaparte. Hingga akhirnya, kopi Saint Helena jadi terkenal di dunia. Pulau Saint Helena sendiri terletak di Semenanjung Barat Afrika. Enggak jauh dari Samudera Atlantik. Letak geografis ini membuat biaya pengangkutan tinggi dan harga kopi pun ikut mahal. Kopi Saint Helena memiliki kualitas tinggi dengan cita rasa citrus di dalamnya. Harga kopi ini dibanderol dengan harga Rp1.171.800 per pound.

6. Kopi Hacienda La Esmeralda

Kopi Hacienda berasal dari Mt.Baru, Panama, dan ditanam di bawah bayang-bayang pohon guava. Bahkan kopi ini sering jadi pemenang kontes-kontes kopi dunia karena rasanya yang nikmat. Kopi Hacienda dibanderol dengan harga Rp5.191.600 per pound.

7. Kopi Finca El Injerto

Kopi Finca El Injerto ini diproses melalui tahapan khusus. Proses pencuciannya hanya melewati satu tahap. Lalu kopi dipecah jadi dua untuk meningkatkan cita rasanya. Harganya menjadi mahal karena kopi Fica El Injerto berasal dari biji kopi yang kecil, langka tapi punya kenikmatan rasa yang kaya. Kopi ini dibanderol seharga Rp7.416.600 per pound.

8. Kopi Black Ivory

Kopi Black Ivory berasal dari Thailand, dan merupakan kopi fermentasi yang mirip dengan kopi luwak. Namun yang membedakan adalah biji kopi arabikanya dimakan oleh hewan gajah terlebih dulu. Karena zat asam yang ada di perut gajah bisa menghasilkan rasa yang nikmat untuk sebuah biji kopi.

Kopi termahal di dunia ini harganya bisa mencapai Rp 7,5 juta per 500 gram. Untuk satu cangkir kopi saja harganya bisa sekitar Rp 759 ribu. Kopi ini menjadi termahal di dunia, dikarenakan produksinya melalui fermentasi kotoran gajah dan juga karena jumlah biji yang bisa dihasilkan cuma sedikit saja. Sehingga biji kopi Black Ivory ini jadi langka dan mahal harganya.

Gimana, mau coba kopi termahal di dunia?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel