8 Makanan Khas Ini Selalu Ada Saat 17 Agustusan


Kulinerasik.com - Di Indonesia selalu identik dengan perayaaan saat memperingati hari kemerdekaan 17 agustus. Selain untuk menghargai jasa para pahlawan yang gugur di medan perang. Perayaan dengan budaya lokal juga dimaksud sebagai rasa syukur rakyat Indonesia atas diberinya kemerdekaan dari Tuhan Yang Maha Esa. Biasanya setiap daerah memiliki ciri khas masing-masing saat merayakan hari kemerdekaaan. Makanan yang dihidangkan pada saat 17 Agustusan tentunya istimewa dan memiliki makna spesial.

Apa saja makanan khas yang selalu ada saat 17 Agustus?

1. Nasi Tumpeng Kemerdekaan
Nasi Tumpeng Kemerdekaan Khas 17 Agustusan
Nasi tumpeng memang selalu ada saat ada suatu perayaan di Indonesia, terutama pada saat ulang tahun. Karena tanggal 17 Agustus bertepatan dengan hari kemerdekaan Republik Indonesia, hidangan ini wajib ada pada saat perayaan. Nasi tumpeng selalu membuat orang-orang ingin segera mencicipinya karena beragamnya jenis lauk yang dihidangkan serta bentuk kerucut dari nasi tumpeng itu sendiri.

Lauk yang dihidangkan yaitu ayam goreng atau bakar, perkedel kentang, telur dadar, urab, timun, dan tempe kering. Khusus pada momen spesial ini, kamu bisa membuat nasi tumpeng kemerdekaan beratribut merah putih agar semakin meriah perayaan 17 Agustusan.

2. Bubur Merah Putih

Bubur manis satu ini juga identik dengan perayaan. Selain warnanya yang cocok dengan bendera Merah Putih, bubur merah putih juga memiliki filosofi tersendiri. Warna merah melambangkan keberanian sedangkan warna putih melambangkan kesucian. Sangat cocok untuk dihidangkan saat 17 Agustusan, bukan?

3. Kue Lapis

Kue lapis merupakan jajanan pasar khas Indonesia. Rasanya yang manis serta legit terbuat dari tepung beras dan tepung kanji yang membuat teksturnya menjadi kenyal. Tiap lapisnya memiliki warna yang berbeda. Agar cocok dihidangkan saat 17 Agustusan, pilih kue lapis dengan warna merah dan putih di tiap lapisannya.

4. Bandros

Kuliner ini dibuat dari campuran tepung beras, kelapa parut dan santan. Dan biasanya dihidangkan dengan taburan gula pasir, sangat cocok dinikmati dengan teh atau kopi. Ketika mejelang 17 agustus, banyak pedagang menjual kue yang berbentuk melengkung dengan ketebalan 2 cm ini. Kue Bandros sering ditemukan di sekeliling kompleks perumahan dan pusat keramaian atau pusat perbelanjaan.

5. Ayam Tuturaga

Kuliner khas Manado ini mempunyai penyajian yang mirip dengan makanan opor. Diproses dengan mencampurkan daging ayam dengan bumbu pedas. Rasanya yang pedas dan nikmat, pas banget dinikmati dengan nasi hangat.

6. Klepon Merah Putih

Kue tradisional yang berasal dari Jawa Tengah ini dibuat dari tepung beras ketan yang ditengahnya diisi dengan gula merah. Jajanan tradisional ini biasanya identik dengan warna hijau, tetapi khusus untuk memeperingati hari kemerdekaan Indonesia, klepon dibuat dengan warna yang menggambarkan bendera Indonesia yaitu merah dan putih.


7. Tart Merah Putih

Selain makanan tradisional, kue yang satu ini pun sangat cocok untuk dihidangkan saat 17 Agustusan. Kalian bisa membuat kue tart dengan pound cake berwarna merah dan putih atau bisa juga membuat kue red velvet dengan cream cheese sebagai filling dan frosting. Jangan lupa untuk memberikan sentuhan khas perayaan 17 Agustusan kamu lebih meriah.

8. Nasi Tutug Oncom

Nasi Tutug Oncom diproses dengan cara diaduk dengan oncom hitam, bawang putih, kencur dan cabai. Kuliner khas Sunda ini selalu hadir saat perayaan Hari Kemerdekaan RI. Nasi Tutug Oncom mempunyai cita rasa khas dan sangat enak.

Nah, kalau makanan khas 17 agustus di daerah kamu apa?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel