5 Kuliner di Jogja yang Lagi Hits dan Bikin Lidah Ketagihan

Kulinerasik.com - Jogja selalu punya cerita, baik itu dari sisi kebudayaan, pendidikan, wisata hingga kulinernya. Bukan hanya kuliner tradsional saja yang bisa kamu nikmati disini, namun makanan yang unik dan hits dengan cita rasa yang lezat bisa kamu jumpai di Kota Pelajar ini. Sobat kuliner asik, kali ini kita akan rangkum 5 kuliner kekinian ala milenial yang sedang hits di Jogja menurut berbagai sumber.

1. Gudeg Pawon
Gudeg Pawon
Gudeg adalah Jogja, dan Jogja adalah Gudeg, jika berkunjung ke Jogja belum mencicipi kuliner yang satu ini berarti belum komplit. Gudeg dibuat dengan bahan utama daging nangka muda, karena mudah ditemukan di pelosok Yogyakarta. Yang membuat unik dan berbeda dari Gudeg Pawon adalah karena pelanggan bisa memesan gudegnya langsung dari pawon atau dapur.

Rasanya luar biasa nikmat dan yang pasti setiap harinya selalu antri pelanggan yang ingin menikmati gudeg yang lagi hits ini. Gudeg Pawon ini sudah berdiri sejak tahun 1958, segala olahan gudeg ada di sini dengan harga Rp. 25.000-30.000 termasuk minumnya. Jam buka mulai 22.00 WIB sampai habis. Disarankan kamu dating lebih awal jika tidak ingin kehabisan gudeg yang lagi hits ini. Lokasinya di Jalan Janturan UH/IV No. 36, Warungboto, Umbulharjo, Warungboto, Umbulharjo, Jogja.

2. Jejamuran
Jejamuran
Namanya memang unik dan memancing hasrat untuk mencobanya. Jejamuran adalah rumah makan yang menyediakan menu kuliner serba jamur paling lengkap dan lagi hits di Jogja. Rumah makan milik Ratidjo Hardjo Soewarno ini dulunya untuk menjual hasil budidaya jamur dari beliau. Kini berkembang menjadi besar dan menyediakan 350 kursi untuk penikmat kuliner jamur.

Jamur sendiri mengandung berbagai macam asam amino, mineral, vitamin dan senyawa bioaktif yang berkhasiat untuk kesehatan seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah dan kandungan lemak dalam tubuh, anti inflamasi dan anti mikroba serta menghambat pertumbuhan tumor.

Baca juga: 6 Kuliner dari Bahan Jamur yang Bikin Kamu Ngiler Kamu Harus Coba!

Lokasinya berada di Jalan Pramuka No.53, Pandowoharjo, Kecamatan Sleman, Pandowoharjo, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Buka mulai pukul 09:00-21:00 WIB.

3. Nasi Ayam Pelangi
Nasi Ayam Pelangi
Nasi ayam pelangi ini adalah inovasi dari Angkringan Jentik dan sekarang menjadi hits di Jogja. Disini menyajikan menu yang beragam mulai dari ikan bakar hingga Ayam Setan, dan biasanya disantap bersama nasi yang dimodifikasi dengan warna unik mirip pelangi. Angkring Jentik juga menyediakan menu nasi merah, nasi kuning, dan nasi hijau. Harga makanan di sini beragam mulai dari Rp 3 ribu hingga Rp 25 ribu, lokasinya berada di Jalan Selokan Mataram, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Buka mulai dari pukul 10 pagi hingga 11 malam

4. Bakso Hitam
Bakso Hitam
Bakso hitam Cak Masrur yang sedang hits ini merupakan bakso yang diberi bahan tambahan arang hitam atau active charchoal. Hanya dari bahan tambahan makanan arang hitam, sudah dipastikan bahwa bakso ini cukup unik. Sebetulnya, cara membuat bakso ini enggak jauh berbeda dengan yang biasa. Keunikan bakso hitam terletak pada campuran arang bambu Jepang yang menjadi sumber warna hitam alami untuk bakso.

Jadi tidak perlu khawatir karena pewarna hitam yang dipakai berasal dari bahan yang alami. Dan, enggak cuma memberi warna, arang bambu Jepang juga berfungsi sebagai pengganti tepung pati yang biasanya dicampur ke dalam adonan daging sapi.

Semangkuk bakso hitam di kedai Cak Masrur ini dipatok dengan harga Rp. 13.000-15.000 ribu saja. Lokasi dari bakso hitam Cak Masrur terletak di Jalan Polisi Istimewa No 6, Timoho, Jogja. Akses menuju wisata kuliner ini sangat mudah, karena dekat dengan kampus APMD. Cocok buat kamu pecinta makanan unik!

5. Manggar Manding
ManggarManding
Manggar manding adalah rumah makan yang legendaris di Jogja. Namanya sudah sangat populer, dan salah satu kuliner di Bantul yang lagi hits saat ini. Dengan mengusung konsep tradisional lokasi resto ini sangat nyaman bagi keluarga dan tentu saja harganya terjangkau.
Manggar Manding adalah gudeg yang terbuat dari manggar atau putik bunga kelapa muda yang merupakan menu istimewa di kerajaan zaman dahulu dan biasanya disajikan dengan sajian sayur krecek dan tempe bacem. Manggar ini fungsinya sebagai pengganti nangka muda sebagai bahan utama Gudeg.

Letaknya di Jalan Parangtritis km 11.5, Manding, Bantul, Yogyakarta. Buka mulai mulai pukul 09:00-21:00 WIB setiap hari.

Click to comment