6 Kuliner dari Bahan Jamur yang Bikin Kamu Ngiler, Kamu Harus Coba!


Kulinerasik.com - Jamur termasuk makanan sehat yang kaya akan berbagai nutrisi, jamur juga sebagai sumber mineral dan vitamin yang meliputi kalium, fosfor, magnesium, natrium, vitamin C, niasin, riboflavin, tiamin, folat, dan vitamin D. Jamur dapat diolah menjadi kuliner menarik dan bikin ngiler, apa saja? Simak ulasannya dibawah ini.

1. Es Krim Jamur
Es krim Jamur
Ternyata jamur juga bisa dibikin es krim lho! Dan jamur yang digunakan adalah jamur tiram. Cara membuat es krim jamur cukup mudah karena hampir sama dengan pembuatan es krim pada umumnya, mungkin hanya tinggal ditambahkan jamur tiram yang sudah dihaluskan. Cita rasa es krim jamur dijamin sangat segar, yang pasti enak dan manis. Es krim jamur termasuk makanan populer yang digemari anak-anak hingga orang dewasa.

2. Keripik Jamur
Keripik Jamur
Makanan yang satu ini mudah dibuatnya, keripik dari jamur biasanya dibuat dari jamur tiram. Jamur tiram yang dicampur dengan bumbu rempah seperti bawang, merica, garam dan penyedap rasa. Jamur dibaluri dengan tepung terigu dan tepung meizena. Kemudian jamur digoreng. Keripik jamur memiliki cita rasa yang gurih dan lezat, sangat pas dijadikan sebagai camilan menemani aktifitas anda.

3. Sosis Jamur
Sosis Jamur
Sosis adalah jajanan yang digemari oleh anak-anak, dan jamur tiram bisa dijadikan sosis. Sosis jamur sendiri bisa menjadi alternatif makanan bagi anak-anak yang gak begitu doyan dengan sayuran. Karena tekstur sosis jamur yang imut bisa juga menjadi daya tarik bagi anak-anak untuk mencicipinya. Cara membuat sosis jamur adalah dengan menambahkan bumbu seperti bawang putih, gula, garam, putih telur, tepung tapioka dan minyak jagung. Sosis jamur lebih enak dijadikan camilan untuk menemani aktifitas kita.

4. Sate Jamur
Sate Jamur
Satu lagi makanan khas Nusantara yang bisa dibuat dari jamur. Sate jamur dapat dibuat dari jamur tiram yang direbus lalu ditiriskan dan disuwir-suwir. Kemudian suwiran jamur direndam dalam bumbu-bumbu seperti bawang putih, garam dan kecap. Terakhir jamur ditusuk seperti membuat sate pada umumnya. Lebih nikmat lagi jika sate jamur dipadu dengan bersama sambal kecap atau bumbu kacang yang gurih, manis dan pedas sesuai selera kamu.

5. Pepes Jamur
Pepes Jamur
Jamur juga bisa dijadikan pepes yang enak, dan biasanya jamur yang dipakai adalah jamur tiram. Cara membuatnya pun cukup mudah, bumbu-bumbunya terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabe merah, cabe rawit, tomat, minyak sayur, gula, garam dan daun pisang sebagai bungkus. Memasaknya dengan cara dipanggang, pepes jamur juga dapat dijadikan sebagai menu sarapan sebagai, lebih nikmat jika dsiajikan dengan nasi hangat.

6. Bakso Jamur
Bakso Jamur
Rasanya pas banget musim hujan ditemani makanan yang satu ini. Bakso dari jamur mempunyai cita rasa yang nikmat karena rasa jamurnya bisa menggantikan daging. Kamu harus coba makanan yang ini apalagi ditemani cuaca yang dingin, bisa bikin ngiler!
Cara membuat bakso jamur sama dengan pembuatan bakso pada umumnya, hanya saja daging pada bakso diganti oleh jamur tiram yang sudah direbus dan disuwir kemudian diulek, lalu dicampur dengan bumbu-bumbu seperti bawang putih, merica, garam, penyedap rasa dan tepung. Bakso jamur lebih enak disajikan dengan kuah bakso yang hangat dan lezat.

Jamur selain kaya dengan manfaatnya, ternyata juga bisa dijadikan makanan yang yang enak. Kamu mau nyobain yang mana?

Click to comment