7 Manfaat Dahsyat Bawang Putih untuk Tubuh Kita


Kulinerasik.com - Bawang putih yang kita jumpai sehari-hari di dapur, ternyata mempunyai manfaat yang bagus untuk kesehatan. Dulu di era peradaban Mesir Kuno, Yunani, China, dan Romawi sudah lama memakai bawang putih sebagai obat-obatan. Di zaman modern sekarang bawang putih atau dengan nama latin Allium sativum ini banyak digunakan dan memang berkhasiat untuk mengatasi beberapa penyakit.
7 Manfaat Dahsyat Bawang Putih untuk Tubuh Kita
Bawang berwarna putih ini masih termasuk dalam keluarga tanaman amarilis (Amaryllidaceae), dan bersaudara dengan daun bawang dan bawang merah. Bawang putih adalah umbi siung asli budidaya Asia Tengah, tapi juga tumbuh liat di Italia dan daerah selatan Perancis. Lalu apa saja manfaat dahsyat bawang putih untuk kesehatan? Simak yuk ulasannya!

1. Mengatasi Kerontokan pada Rambut

Nah, bagi kamu yangmempunyai masalah kerontokan pada rambut, bawang putih mentah bisa dijadikan alternatifnya. Bawang putih mentah dapat memperkuat dan memicu pertumbuhan rambut di kulit kepala. Kebanyakan orang memakainya dengan mengoleskan minyak bawang putih di kepala untuk mencegah kebotakan.

2. Mengatasi Jerawat

Sejak dulu bawang putih selalu dijadikan untuk mengobati jerawat, karena kandungan allicin memiliki sifat antibakteri, antijamur, antivirus, dan antiseptik yang membantu membunuh kuman penyebab jerawat. Bawang putih juga mengandung vitamin dan mineral lain yang dipercaya khasiatnya dapat membasmi jerawat. Mulai dari vitamin C, vitamin B-6, selenium, tembaga, dan seng yang bermanfaat untuk mengendalikan produksi minyak berlebih di muka.

3. Menurunkan Kolesterol

Bawang putih termasuk makanan yang alami untuk mencegah kolesterol tinggi. Untuk bisa menurunkan kolesterol tinggi, cukup dengan memakan sekitar 10 gram bawang putih mentah (1-2 siung kecil) setiap harinya. Menurut sebuah studi menemukan manfaat bawang putih berasal dari kandungan allicin didalamnya. Kandungan allicin hanya akan diproduksi oleh bawang putih ketika siungnya dipotong, atau dihancurkan dengan cara dikunyah. Allicin menghambat enzim yang berperan dalam pembuatan kolesterol.

4. Menyehatkan Jantung

Bawang putih juga berpotensi baik untuk mencegah risiko penyakit jantung. Manfaat dahsyat dari bawang putih yang dikeringkan adalah mengurangi penumpukan plak lunak dan mencegah pembentukan plak baru di arteri.

5. Menurunkan Risiko Kanker

Bawang putih mentah mengandung sulfur aktif yang mencegah pembentukan sel kanker dan menghambat penyebarannya dalam tubuh. Mengkonsumsi bawang putih dengan rutin dapat menurunkan risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker perut, kanker kerongkongan, kanker pankreas, kanker payudara, dan kanker prostat.

6. Menjaga Kesehatan Otak

Selain bermanfaat untuk kesehatan jantung, bawang putih juga mempunyai manfaat dahsyat untuk otak. Turunan karbohidrat dalam bawang putih yang disebut FruArg bisa memperbanyak sel mikroglia tanpa memicu peningkatan kadar oksida nitrat dalam otak. Membuat bawang putih memberikan perlindungan bagi sel-sel otak dengan membuatnya lebih kebal terhadap risiko penyakit neurologis, seperti demensia dan Alzheimer.

7. Mencegah Pilek, dan batuk

Bawang putih memiliki senyawa aktif allicin yang terbukti dahsyat membunuh berbagai kuman penyebab penyakit umum, seperti pilek dan flu, batuk, dan radang tenggorokan. Sebuah penelitian mengatakan bahwa rutin makan bawang putih mentah mengurangi risiko jatuh sakit akibat tertular penyakit-penyakit umum di atas.

Nah, sudah tau khan manfaat dahsyat dari bawang putih untuk kesehatan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel