√ 10 Manfaat Tomat Bagi Kulit Wajah

Kulinerasik.com - Buah tomat memang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari, baik untuk bumbu makanan maupun sebagai minuman jus. Selain digunakan sebagai bumbu makanan, buah tomat juga memiliki manfaat untuk kulit wajah. Tomat diyakini mampu merawat segala jenis masalah kulit. Jadi, dengan mengonsumsi tomat setiap hari dapat membuat kulit Anda sehat dan cantik.
Manfaat Tomat Bagi Kulit Wajah
Manfaat Tomat Bagi Kulit Wajah
Sebagai seorang wanita tentu menginginkan kulit wajah yang mulus dan sehat. Untuk mendapatkan wajah yang cerah, bersih, dan mulus tidak hanya diperlukan perawatan dari luar saja, namun juga diperlukan perawatan dari dalam. Salah satu yang bisa membuat kulit wajah Anda mulus adalah tomat. Karena didalamnya terdapat kandungan likopen yang tinggi dan mampu membuat wajah tampak cerah. Anda bisa mengonsumsi tomat baik dimakan langsung atau dibikin jus tomat, atau bisa juga menggunakannya sebagai masker.

Apa saja manfaat tomat bagi kulit wajah? Berikut kami rangkum beberapa diantaranya adalah:

1. Menghilangkan jerawat

Tomat memiliki kandungan Vitamin A dan C, keduanya mampu membantu dalam mengurangi jerawat. Cara pemakaiaannya potong tomat menjadi dua dan gosokkan potongan tomat dengan gerakan melingkar pada kulit Anda selama sekitar 10 menit. Kemudian, bilas dengan air dingin. Lakukan rutin setiap hari selama masih ada jerawat di wajah Anda.

2. Membersihkan kulit

Tomat yang dicampur dengan alpukat dapat membersihkan kulit secara teratur. Perawatan ini sangat tepat bagi mereka yang memiliki kulit kombinasi. Karena alpukat memiliki sifat hydrating dan tomat memiliki sifat astringent alami, yang keduanya bekerja sebagai nutrisi kulit Anda.

3. Mengobati kulit yang terbakar matahari

Penelitian menyebutkan tomat kaya akan antioksidan yang disebut lycopene. Antioksidan inilah yang bekerja sebagai pelindung kulit wajah dari matahari, sehingga mampu melindungi kulit dari paparan sinar UV yang merusak.
.
4. Menunda penuaan dini

Salah satu manfaat tomat adalah membantu menunda proses penuaan dini. Ketik muncul garis-garis halus dan kerutan dapat disamarkan dengan perawatan buah tomat. Kupas tomat, lalu hancurkan semua daging buahnya serta air jusnya. Campurkan dengan tepung hingga teksturnya berubah menjadi pasta. Kemudian oleskan pada wajah Anda sebagai masker dan biarkan sampai mengering, terakhir bilas dengan air dingin. Jangan lupa untuk menambahkan sedikit minyak zaitun agar kulit wajah terasa lembab.

5. Mengatasi permasalahan kulit berminyak

Gunakan sebagai masker wajah dengan mencampur jus tomat dan jus mentimun dengan bantuan bola kapas. Lakukan treatment ini dengan rutin untuk mengatasi permasalahan minyak berlebih pada wajah Anda. Karena tomat memiliki sifat zat alami yang membantu untuk mengurangi kadar minyak berlebih, dan mentimun sendiri dapat membantu menenangkan dan mendinginkan kulit Anda.

6. Mengecilkan pori-pori

Dengan menambahkan empat tetes jus tomat ke dalam 1 sendok makan air, dan oleskan di wajah Anda dengan menggunakan bola kapas. Pijat lembut kulit dengan dan biarkan selama 15 menit. Perawatan ini berfungsi untuk mengecilkan pori-pori Anda.

7. Menghilangkan ketombe

Gunakan tomat segar yang sudah dihaluskan dan pijat dengan baik pada permukaan kulit kepala dan rambut. Biarkan selama sekitar 30 menit sebelum membilasnya. Hal ini membantu untuk mengurangi ketombe.

Selain itu, tomat bertindak sebagai kondisioner alami untuk rambut, membantu dalam peningkatan PH, dan juga dapat mengembalikan warna alami rambut.

8. Membantu pengelupasan sel kulit mati

Celupkan potongan buah tomat ke dalam mangkuk gula dan gosok wajah Anda dengan lembut. Proses ini membantu untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan membuat kulit bercahaya. Lakukan perawatan ini dua kali seminggu agar hasilnya maksimal.

9. Membuat kulit berkilau

Jika kulit Anda kusam, gunakan masker wajah dengan mencampur pure tomat dengan yogurt.
Tomat akan memiliki efek menetralkan dan mendinginkan kulit, sementara yoghurt akan mencerahkan dan menutrisi kulit. Perawatan ini sangat baik untuk dilakukan saat musim panas 

10. Mengurangi berat badan

Dengan minum jus tomat setiap hari dapat membantu mengurangi nafsu makan, sehingga menyebabkan konsumsi makanan lebih rendah. Minum jus tomat dua kali sehari juga dapat membuat berat badan lebih baik dan menghentikan proses fermentasi di usus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel