√ Manfaat Bawang Hitam untuk Kesehatan dan Kecantikan

Kulinerasik.com - Selain bawang merah dan bawang putih yang dijadikan cerita rakyat di Indonesia, ternyata ada lagi saudaranya yang jarang diekspos, yaitu bawang hitam. Lalu siapakah bawang hitam itu? Apakah juga mempunyai khasiat yang sama dengan bawang merah dan bawang putih? Simak ulasannya dibawah ini:

Mengenal Bawang Hitam
Manfaat Bawang Hitam untuk Kesehatan dan Kecantikan

Bawang hitam sendiri adalah bawang putih yang telah mengalami proses pengawetan, sehingga bawang putih mengalami perubahan warna menjadi hitam. Proses pengawetan bawang hitam dilakukan dengan memanfaatkan suhu tinggi. Bawang putih segar (utuh dengan kulitnya) dimasukkan ke dalam mangkuk stainless dan ditutup rapat dengan kertas alumunium foil. Kemudian mangkuk berisi bawang putih ini dipanggang dengan suhu tinggi sekitar 60-80 derajat Celcius dengan kelembapan 70-90% selama 10-40 hari.seperti disebutkan di atas. Dan selama 4-5 hari ke depan, bawang harus dicek untuk mencegah terjadinya perubahan suhu. Proses fermentasi ini memang membutuhkan waktu yang cukup lama.

Proses tersebut akan mengubah warna bawang putih menjadi hitam dan juga mengubah sifat kimianya. Hal ini tetunya juga mengubah rasanya menjadi lebih manis dan aromanya yang tidak terlalu kuat. Tekstur bawang hitam pun menjadi lebih lembut dan kenyal seperti agar.

Manfaat bawang hitam untuk kesehatan dan kecantikan

Selain dipakai untuk memasak dan memberikan bumbu penyedap rasa, ternyata bawang hitam juga memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan. 

Berikut ini adalah beberapa manfaat bawang hitam:

1. Mencegah dan mengatasi penyakit kanker

Bawang hitam dapat mencegah dan mengatasi penyakit kanker. Karena bawang hitam dapat menghambat sinyal-sinyal yang mendukung pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh. Bawang hitam juga dapat membunuh sel-sel kanker hingga ke akarnya. Jenis kanker seperti kanker paru-paru, kanker perut, kanker serviks, dan kanker lainnya. 

2. Menjaga kesehatan jantung

Bawang hitam dapat menjaga jantung Anda agar tetap sehat. Karena bawang hitam mengandung zat yang mampu menurunkan kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat di dalam darah. Selain itu, bawang hitam juga dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL atau kolesterol baik. 

3. Menurunkan kadar gula darah secara alami

Gula darah yang terlalu tinggi pada tubuh manusia dapat meningkatkan risiko diabetes. Salah satu cara mengontrol gula darah secara alami yakni dengan mengonsumsi bawang hitam. Anda bisa menambahkannya ke dalam masakan yang hendak dikonsumsi.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan alami pada bawang hitam juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh, apalagi di musim panas ini. Sehingga tubuh Anda tidak mudah terserang penyakit. 

5. Mencegah penuaan dini pada kulit

Bawang hitam juga bermanfaat untuk kecantikan, salah satunya adalah mencegah penuaan dini pada kulit. Yang biasanya terjadi karena faktor gaya hidup, dan kebiasaan sehari-hari seperti jarang menggunakan sunblock dan sering terpapar sinar matahari juga bisa menjadi penyebabnya. Untuk mengatasi risiko penuaan dini, Anda bisa menambahkan bawang hitam yang memiliki sifat anti-oksidan dalam setiap makanan.

6. Sumber antioksidan

Karena mengalami proses pengawetan, kandungan alisin pada bawang hitam menjadi berbagai senyawa antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan. Kandungan antioksidan dalam bawang hitam bahkan lebih baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

7. Meredakan peradangan

Kandungan antioksidan dan zat lain yang memiliki sifat antiinflamasi pada bawang hitam berfungsi mencegah lepasnya sitokin yang akan merangsang respon inflamasi. Sitokin yang dicegah pelepasannya dengan bawang hitam bisa mencegah stimulasi respon inflamasi. Berbagai jenis peradangan seperti radang sendi, nyeri otot, dan radang lainnya bisa diredakan dengan mengonsumsi bawang hitam rutin setiap hari.

8. Mengatasi alergi

Jika Anda memiliki alergi tertentu, bisa mencegahnya dengan mengkonsumsi bawang hitam. Karena bawang hitam dapat mengatasi gangguan alergi, dengan menghambat gen-gen yang menyebabkan munculnya reaksi alergi.

9. Menjaga kesehatan hati

Hati adalah organ vital yang memiliki peran penting terhadap pembuangan racun. Karena itu, hati harus selalu dijaga agar racun-racun di dalam tubuh bisa dihancurkan dan dikeluarkan dari tubuh kita. Salah satu manfaat bawang hitam adalah menjaga kesehatan hati. Karena kandungan zat-zat di dalam bawang hitam akan mengobati kerusakan hati dan meningkatkan metabolisme hati. 

10. Mencegah obesitas

Obesitas atau kegemukan adalah salah masalah yang komplek. Banyak orang yang mengalami kesulitan mengatasi obesitas. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengkonsumsi bawang hitam secara teratur, karena bawang hitam dapat menurunkan berat badan. Dan juga, manfaat bawang hitam dapat menurunkan lemak-lemak di perut dan sel-sel lemak. 

11. Melindungi sel-sel otak

MSG termasuk salah satu penyedap rasa yang biasa digunakan pada berbagai jenis masakan sehari-hari. Namun, MSG dapat merusak sel-sel otak, dan hal ini sangat tidak baik bagi perkembangan otak kita. Anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi bawang hitam, karena bawang hitam dapat melindungi sel-sel otak dari kerusakan akibat mengonsumsi MSG.

12. Mengatasi infeksi

Kandungan di dalam bawang hitam juga bersifat antibakteri, ini membuat bawang hitam berfungsi untuk mengatasi berbagai jenis infeksi yang disebabkan oleh bakteri seperti bakteri E. coli.

13. Mengatasi penyakit diabetes

Bagi Anda penderita penyakit diabetes, bisa mengonsumsi bawang hitam. Karena bawang hitam berkhasiat untuk mengatur kadar gula darah agar tetap normal. Konsumsi bawang hitam juga dapat menurunkan kadar gula darah.

14. Sumber vitamin dan mineral

Manfaat bawang hitam salah satunya juga bisa dijadikan bahan makanan sumber vitamin dan mineral. Karena bawang hitam mengandung banyak vitamin dan mineral seperti vitamin B, vitamin C, fosfor, kalsium, magnesium, mangan, dan selenium. Dan semua vitamin dan mineral tersebut memiliki khasiat bagi metabolisme tubuh kita.

Cara Pemakaian bawang hitam

Anda bisa menggunakan bawang hitam untuk memasak dengan cara yang sama seperti bawang putih. Namun, untuk teknik penyimpanannya sedikit berbeda. Jika bawang putih biasa bisa disimpan di suhu ruang, maka untuk menjaga kualitas bawang hitam sebaiknya bumbu ini disimpan di lemari es atau pada suhu yang sejuk. Sebaiknya jangan menyimpan bawang hitam di tempat lembap

Sebaiknya hindari menyimpan bawang hitam di tempat yang terpapar langsung dengan cahaya matahari. Agar rasa dari bawang hitam tidak mengalami perubahan. 
Saat ini bawang hitam sudah mudah kita temukan, meski masih jarang digunakan. Anda bisa membeli bawang hitam di pasar tradisional atau di toko online yang menawarkan bawang hitam ini.

Kisaran harga bawang hitam biasanya biasanya dijual sedikit lebih mahal dari bawang putih biasa. Seperti dalam kemasan isi 50 gram, dijual dengan harga Rp 45.000 di toko online. Dan kemasan 255 gram dijual seharga Rp 119.000.

Kesimpulan

Selain bawang putih yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Bawang hitam juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan dan juga kecantikan. Sebaiknya mulai untuk mengonsumsi bawang hitam secara rutin saat ini. Namun jangan berlebihan, karena dapat memberikan efek samping pada gangguan pencernaan jika dikonsumsi secara berlebihan. Perut bisa merasa mual dan bahkan menyebabkan diare, serta meningkatkan kadar asam lambung. 

Semoga bermanfaat!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel