√ Tempat Kuliner Blusukan di Jogja yang Selalu Ramai Diserbu Pembeli

Kulinerasik.com - Seringkali dari kita jika ingin menikmati kuliner memilih tempat yang strategis. Baik dari segi tempat yang nyaman maupun tempat parkir yang luas. Namun hal ini tidak berlaku bagi kuliner yang legendaris dan lezat di Jogja ini, meskipun letaknya didalam gang pun tetap diburu para pencinta kuliner. 

Lokasinya memang blusukan kedalam gang dan perkampungan, namun tempat makan ini tidak pernah sepi karena rasa masakan yang ditawarkan telah teruji dan tentunya pelayanan yang ramah.

Kali ini Kulinerasik merangkum tempat kuliner blusukan di Jogja yang selalu ramai diserbu pengunjung tip harinya.

1. Entok Slenget Kang Tanir
Entok Slenget Kang Tanir yang Pedas
Banyak yang berasumsi kalau daging entok akan keras dan baunya agak tidak sedap jika diolah menjadi masakan. Namun ini tidak berlaku untuk warung entok slenget Kang Tanir, karena disini menyediakan olahan daging entok yang empuk dan lembut. Kata slenget diambil karena rasa pedasnya yang menyengat atau slenget dalam bahasa Jawa. Meskipun letaknya jauh dari kota, tapi rasanya yang sudah teruji membuat warung sederhana ini menjadi buruan para penggila kuliner.

Lokasi: Jalan Pakem-Turi, Pules Lor, Donokerto, Kec. Turi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jam buka: 16.00-21.00 WIB.

2. Gudeg Pawon
Gudeg Pawon yang Legendaris
Jangan kaget jika tempat makan ini berada di sebuah lorong, ditambah dengan peringatan untuk menuntun motor. Namun begitu sampai di Gudeg Pawon ini antrian sudah mengular menuju sebuah pintu dapur rumah pertama di lorong tersebut. Warung gudeg ini dijuluki dengan Gudeg Pawon dikarenakan melayani pembelinya langsung di dalam dapur dalam bahasa Jawa pawon. Cita rasa daging ayam kampungnya yang empuk serta rasa gudeg yang tak terlalu manis makin membuat masakan khas Jogja ini diterima masyarakat di luar Jogja.

Lokasi: Jalan Janturan UH/IV No.36, Warungboto, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jam buka: 21.30-00.00 WIB. 

3. Bakmi Jawa Mbah Gito
Tempat Makan Bakmi Mbah Gito yang Klasik
Tempat makan ini berada di daerah kampung membuat suasana klasik semakin terasa. Bakmi Jawa Mbah Gito memiliki desain interior yang serba kayu dan ornamen-ornamen tradisional, ditambah dengan para pekerjanya yang berpakaian lurik menjadi ciri khas tempat makan ini. Di sini kita bisa menikmati beragam menu seperti bakmi, soto, rica-rica, hingga nasi goreng yang  rasanya memangbenar-benar enak.

Lokasi: Jalan Nyi Agengnis No.9, Rejowinangun, Kec. Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jam buka: 11.00-23.00 WIB.

4. Mangut Lele Mbah Marto
Mangut Lele Mbah Matro
Tempat makan milik Mbah Marto menyediakan menu mangut lele yang sudah terkenal ditelinga para pencinta kuliner. Anda bisa menikmati lezatnya olahan masakan tradisional langsung di dapur yang dindingnya penuh jelaga, semakin menambah suasana klasik.

Lokasi: Ngireng-ireng, Panggungharjo, Kec. Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jam buka: 10.00-21.00 WIB.

5. Sambel Welut Pak Sabar
Sambel Welut Pak Sabar
Menu welut menjadi menu andalan warung makan Pak Sabar. Apalagi bila sudah dicampur dengan sambel bawang yang pedas menggigit dilidah. Meskpun lokasinya nyempil di daerah Selatan Jogja, sambel welut ini tetap ramai pengunjung karena rasanya yang mak nyus. Selain menu welut, ada juga beberapa jenis ikan tawar lainnya seperti ikan gabus dan lele. 

Lokasi: Glagah Kidul, Tamanan, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jam buka: 10.00-22.00 WIB.


6. Bakmi Jawa Mbah Mo

Bakmi Mbah Mo terletak di dalam kampung ini, namun bagi para penggila bakmi jawa pasti tak akan merasa keberatan mampir kesini. Karena jaminan rasanya yang nikmat Bakmi Jawa Mbah Mo juga legendaris. Sejak dibuka hampir tiga dasawarsa silam, Bakmi Jawa Mbah Mo selalu ramai setiap harinya. Para pembeli pun harus rela bersabar karena tiap piring yang tersaji dimasak satu per satu dengan bara api sebagai pemanasnya.

Lokasi: Jalan Parangtritis No. 11 KM, Code, Trirenggo, Kec. Bantul, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam buka: 17.00-23.00 WIB.

7. Bakso Iroyanan

Semangkuk bakso berisi empat buah bakso halus bercampur dengan bakso goreng yang krispi, irisan tahu, dan mie kuning basah. Lokasinya masuk ke dalam gang, namun jarak yang jauh terbayar dengan kelezatan bakso tanpa pengawet ini.

Lokasi: Ironayan RT. 03, Baturetno, Banguntapan, Plakaran, Baturetno, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jam buka: 10.00-20.00 WIB.

8. Warung Makan Mbah Cemplung

Menu ayam goreng Mbah Cemplung memiliki rasa gurih dan asin yang dominan. Mbah Cemplung mengolah ayam kampung kemanggang menjadi sangat empuk tidak keras seperti ayam kampung kebanyakan. Tak heran jika kuliner di Bantul ini selalu ramai diserbu pengunjung tiap harinya.

Lokasi: Sendang Semanggi RT No.05, Sembungan, Bangunjiwo, Kec. Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam buka: 10.00-17.00 WIB.

9. Ingkung Mbah Cempluk

Biasanya ingkung disajikan saat ada hajatan besar di Jogja. Namun menu ini bisa kita temukan di Ingkung Mbah Cempluk. Tempat makan yang khusus menyediakan ingkung dan wader goreng. Untuk menu ingkung, Anda bisa memilih antara diungkep santan atau yang digoreng. Keduanya memiliki rasa yang sama lezatnya, tentunya harus dicoba meski harus menempuh perjalanan panjang hingga ke Pajangan. 

lokasi: Dusun Santan, RT.01, Santan, Guwosari, Kec. Pajangan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jam buka: 09.00-21.00 WIB.

10. Pecel Baywatch

Disebut dengan nama Pecel Baywatch, namun letaknya bukan di Pantai. Pecel Baywatch terletak di daerah Kasongan, Bantul, Jogja. Tempatnya sangat sederhana, tapi sayuran kembang turi di dalam pecelnya yang sudah langka itu menjadi daya tarik bagi para pencinta kuliner pecel.

Lokasi: Sembungan, Bangunjiwo, Kec. Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam buka: 10.00-17.30 WIB.

Tertarik mencoba?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel