Skip to main content

√ Makanan dan Minuman Sehat yang Wajib Saat Musim Panas

Kuliner Asik - Saat musim kemarau panjang bsa menyebabkan tubuh semakin lemas jika sering beraktifitas diluar. Cuaca panas dan menyengat tentunya tidak bersahabat bagi tubuh kita. Pasalnya musim kemarau panjang bisa menyebabkan tubuh Anda dehidrasi dan kekurangan cairan. 

Makanan dan Minuman Sehat Musim Panas


Jika Anda tidak memperhatikan asupan makanan, bisa dipastikan tubuh pasti mengalami dehidrasi, serta mulai berkeringat dan lemas. Namun dampak ini bisa dihindari dengan mengkonsumsi makanan dan minuman sehat yang tepat saat musim panas.
Makanan dan Minuman Saat Musim Panas

Karena makanan yang Anda konsumsi memiliki peran penting untuk mengatur suhu tubuh agar tetap terjaga saat musim kemarau panjang. 

Berikut ini adalah makanan sehat yang wajib saat musim panas seperti saat ini:

1. Sayuran hijau


Sebaiknya konsumsi banyak sayuran hijau, yang kaya nutrisi seperti bayam, arugula, selada campuran, kecambah dan dandelion. Hal ini untuk menghalau radikal bebas.

2. Sayuran organik


Agar tubuh Anda terhindar dari dehidrasi, tambahkan sayuran favorit untuk salad saat musim panas seperti seledri, tomat dan kimchi.

3. Lemak higienis


Pastikan Anda memasukkan lemak baik seperti alpukat dan minyak zaitun ke dalam menu makanan untuk membuat Anda merasa lebih kenyang. 

4. Semangka


Buah-buahan ini mengandung 92% air, sangat membantu tubuh terhindar dari dehidrasi. Hal ini juga membuat tubuh Anda tetap dingin dan melindungi kulit terhadap sinar matahari berbahaya.

5. Jagung


Jagung memiliki kandungan antioksidan yang mampu mencegah sinar matahari berbahaya terhadap kulit Anda. 

6. Timun


Kandungan airnya yang cukup banyak membantu tubuh menghilangkan racun secara alami. Bagi kaum perempuan, timun sering digunakan sebagai masker untuk membersihan kotoran yang menempel di wajah.

7. Yoghurt


Makanan yang  terbuat dari susu ini mengandung mineral seperti kalium, kalsium, protein dan vitamin yang baik untuk tubuh. Bakterinya mampu membantu menyerap nutrisi dalam usus dan menstabilkan sistem kekebalan tubuh Anda.

8. Mangga


Buah yang satu ini termasuk sumber kalium yang tepat mengendalikan detak jantung, dan tekanan darah Anda.

9. Kopi dingin


Meskipun kopi lebih enak jika diminum saat hangat, namun saat musim panas tiba sebaiknya Anda sering meminum satu gelas kopi dingin setiap hari, karena dapat mengurangi risiko terkena kanker kulit.

10. Jus hijau 


Sebagai pelengkap semua nutrisi sebaiknya konsumsi juga minuman yang sehat seperti jus hijau yang berbahan dari sayuran organik. Mengonsumsi minuman ini secara teratur dapat meningkatkan kesehatan tubuh Anda.

11. Es Teh


Minum es teh secara teratur dan tidak berlebihan juga dapat menurunkan risiko alzheimer, diabetes. Selain itu es teh juga bisa membuat Anda memiliki gigi yang sehat, gusi dan tulang kuat.

12. Air putih


Meminum air 10 gelas setiap hari sangat ampuh untuk menjaga tubuh agar terhindar dari dehidrasi. Selain itu minum air putih yang cukup dapat menjadi pembersih dalam tubuh yang alami. Untuk menambah rasa yang enak, Anda dapat menambahkan lemon dan mint didalamnya.

Makanan dengan kandungan air yang tinggi harus menjadi pilihan wajib agar membuat tubuh merasa dingin dan sejuk. Dan berikut ini adalah makanan-makanan yang bisa mendinginkan tubuh dilansir dari berbagai sumber:
  • Mentimun (kandungan air 96%)
  • Stroberi (kandungan air 91%)
  • Semangka (kandungan air 92%)
  • Zucchini (kandungan air 95%)
  • Nanas (kandungan air 87%)
  • Mangga (kandungan air 83%)
  • Paprika hijau (kandungan air 92%)
  • Jeruk (kandungan air 87%)
  • Selada lettuce (kandungan air 95%)
  • Daun seledri (kandungan air 93%)

Penutup


Dari semua makanan dan minuman diatas, yang paling baik dan dianjurkan para pakar kesehatan untuk mengurangi dampak suhu udara panas adalah dengan mengonsumsi banyak air dan makanan yang menyegarkan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar