Mencicipi Soto Ayam Bu Mar Bojonegoro, Kenikmatan Kuah Santan yang Nampol

Soto Termasuk Makanan Indonesia yang Terkenal Di Dunia

Kulinerasik.com - Sebagai warga Indonesia, tentunya sangat bangga dengan kuliner khas Nusantara yang sangat terkenal di dunia, mulai dari rendang, sate, nasi padang, nasi goreng hingga soto. Makanan-makanan Indonesia ini sudah diakui oleh dunia akan kelezatannya.

Kali ini kita akan membahas masakan soto, yakni makanan khas Indonesia seperti sop yang terbuat dari kaldu daging dan sayuran. Daging yang paling sering digunakan adalah daging sapi dan ayam, namun ada pula yang menggunakan daging kambing. Banyak masyarakat Nusantara pasti sudah sangat akrab dengan kuliner soto. Kuliner berkuah ini sudah tersebar di seluruh kepulauan Indonesia. Bahkan, setiap daerah punya ciri khas tentang olahan soto. Ada Soto Lamongan, Banjar, Madura, Betawi, Padang hingga masih banyak lainnya.
Kelezatan Kuah Santan Soto Bu Mar Bojonegoro
Tidak kalah lezatnya dengan soto lainnya adalah Soto Bojonegoro. Soto ini merupakan kuliner legendaris di Bojonegoro. Disebut sebagai kuliner khas Bojonegoro, karena memiliki rasa yang berbeda dari soto yang lain.

Yuph, soto khas Bojonegoro yang dimaksud adalah Soto Bu Mar Rajawali. Bagi warga Bojonegoro, mungkin sudah tidak asing lagi dengan kuliner satu ini. Pemilik soto khas Bojonegoro ini adalah Marsidah atau biasa disebut Bu Mar. Perempuan inilah dibalik kelezatan sotonya, Bu Mar mulai berjualan soto pada tahun 1976. Dulu, jualannya masih dengan pikulan. Dia berkeliling dari desa ke desa di seputaran Kota Bojonegoro. Lambat laun karena capek berkeliling, Bu Mar akhirnya memutuskan untuk membuka warung soto di tengah Pasar Kota Bojonegoro selama kurang lebih 3 tahun.

Kemudian Bu Mar memindahkan warungnya di depan Kantor Pegadaian, tepatnya di Jalan Kartini. Kemudian karena maraknya penggusuran, akhirnya Bu Mar memindahkan warungnya di Jalan Rajawali hingga sekarang. Dari sinlah warung soto Bu Mar semakin terkenal dan menjadi kuliner legendaris di Bojonegoro. Saat ini Bu Marsidah sudah meninggal, dan usaha sotonya diteruskan anak-anaknya.

Perbedaan Soto Bu Mar Bojonegoro dengan Soto Lain

Soto Santan khas Bojonegoro ini rasanya lebih enak dan gurih, karena kuah santan yang sedikit agak kental didalamnya. Soto Bu Mar lebih nikmat jika disantap selagi masih panas atau hangat, dan ditemani dengan kerupuk udang yang gurih. Sebagai pelengkap soto, ditambahi dengan sedikit perasan jeruk nipis dan sambal. Dijamin bikin ketagihan jika sudah pernah mencicipi soto santan ini. Bahkan cawapres Sandiaga Uno dulu pernah mampir kesini, untuk membuktikan sendiri nikmatnya Soto Bu Mar.
Sandiaga Uno Menikmati Kelezatan Soto Ayam Bu Mar 
Jika dilihat dari bumbu dan rempah yang digunakan Soto Bojonegoro sama dengan soto pada umumnya yang menggunakan bumbu berupa bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, merica dan kemiri. Taburan bawang putih, bawang merah dan daun bawang berwarna hijau membuat sajian soto khas Bojonegoro lebih nampol, belum lagi ditambah dengan aromanya yang khas.

Seperti soto pada umumnya, soto Bu Mar Bojonegoro berkuah bening berisikan suwiran daging ayam dan potongan telur rebus. Ada juga ampela dan ati bagi kamu yang suka. Sensasi gurih yang ada pada soto, kebanyakan dengan menambahkan koya, tapi tidak pada soto Bojonegoro ini. Rasa gurih justru didapat dari santan yang ditambahkan kedalam kuahnya. Santan segar dari kelapa ini membuat cita rasa semakin gurih dan lezat.

Untuk menikmati kuliner legendaris Bojonegoro ini, bisa dinikmati dengan nasi maupun lontong. Buat kalian yang penasaran dengan rasa Soto Bu Mar ini, silahkan mampir ke Jalan Rajawali No.163, Karang Pacar, Kec. Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur 62116. Buka mulai pukul 07.00-20.00 WIB. Untuk harganya juga relatif murah, dibanderol dengan harga 15-20 ribu tergantung lauknya.

Tertarik untuk mencoba?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel