12 Kuliner di Klaten yang Enak dan Bikin Ketagihan

Kulinerasik.com - Klaten terletak di sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Sukoharjo. Di sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Sleman, di sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Gunungkidul, serta Kabupaten Magelang dan di sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Boyolali.

Klaten juga memiliki beragam kuliner khas yang wajib Anda kunjungi. Kuliner di Klaten menawarkan cita rasa spesial yang bisa bikin ketagihan. Berikut adalah 12 kuliner khas Klaten yang wajib kamu coba.

1. Bakmi Miroso
Bakmi Miroso Klaten
Kalau kuliner khas ini menjadi menu wajib yang tidak boleh ditinggalkan jika sedang berada di Klaten, karena merupakan legendaris. Bakmi Miroso adalah rumah makan chinese food yang terkenal akan cita rasanya begitu nikmat Lokasinya tidak jauh dari alun-alun Klaten, namun masuk kedalam kampung. Semua masakan chinese food tersedia disini, mulai dari nasi goreng, ayam koloke, hingga mie ayam pangsit. Yang pasti rasa semua masakan yang di sajikan dijamin begitu nikmat.

2. Kepelan
Kepelan Khas Klaten
Kepelan adalah sejenis kudapan, makanan ringan ini berasal dari Desa Keden, Kecamatan Pedan. Terbuat dari tepung gandum yang dibumbui bawang merah, bawang putih, merica, dan garam. Bentuknya bulat dengan rasa gurih yang dominan. Biasanya kepelan ini dimakan dengan cocolan saus saat masih hangat. Untuk mencobanya kamu bisa mampir di sekitar alun-alun Klaten, karena sudah banyak pedagang yang menjual kepelan disini.

3. Nasi Tumpang Lethok
Nasi Tumpang Lethok
Kuliner Klaten ini mudah kita jumpai di sepanjang Jalan Mayor Kusmanto hingga daerah perlimaan Bramen di waktu pagi hari. Salah satu tempat makan Nasi Tumpang Lethok yang terkenal adalah warung Mbak Riyanti. Nasi tumpeng lethok disajikan dengan kurapan gudangan daun pepaya, bayem, nangka muda, daun jeruk, telur rebus, krecek, serta koyor.

4. Soto Bebek dan Bebek Bacem
Soto Bebek Khas Klaten
Soto Bebek dan Bebek Bacem bisa kita jumpai di sepanjang jalan raya Jogja-Solo. Untuk mencioba kuliner khas Klaten yang nikmat ini kamu bisa mampir di warung makan Bu Siswo yang sudah berdiri sejak tahun 1953. Letak warungnya di sebelah timur dari pabrik gula Gondang Winangun, Karanglo, Gondang. Disini juga menyediakan bebek bacem pertama di Klaten. Bukan hanya disajikan dengan bacem goreng, namun juga dibakar.

5. Ayam Panggang Klaten
Ayam Panggang Khas Klaten
Ayam panggang juga termasuk kuliner khas yang harus kamu coba jika berada di Kota Bersinar ini. Ada banyak ayam panggang yang terkenal dan legendaris di Klaten, seperti Ayam Panggang Toko Florida di Jalan Pemuda No. 61, dan ayam panggang Ny. Anggraini di Jalan Rajawali No.113, Klaten. Resep bumbu areh yang terbuat dari bermacam-macam rempah Jawa dan santan, yang dimasak dengan cara diungkep, membuat rasa ayam panggang Klaten menjadi gurih manis dan bikin ketagihan.

6. Ayam Bakar

Ayam bakar Pak Widodo termasuk salah satu ayam bakar paling terkenal di Klaten. Lokasinya dekat dengan alun-alun Klaten. Ayam bakar ini terasa nikmat, karena diolah dengan berbagai bumbu yang meresap hingga ke dalam dagingnya, hingga membuat rasanya sangat istimewa.

7. Sop Ayam Pecok

Sop ayam pecok Klaten terkenal dengan cita rasanya yang begitu gurih. Salah satu tempat yang direkomendasikan adalah Sop Ayam Pak Min. Ada berbagai macam jenis sop ayam yang ditawarkan disini, seperti sop ayam campur dan pisah mulai bagian kulit, daging, hingga kepala ayam. Sop ayam khas Klaten sangat berbeda dengan soto pada umumnya, sop ayam pecok ini tidak menggunakan bumbu jahe dan santan. Sop ayam Pak Min menggunakan ayam kampung sebagai kaldunya, dan kuahnya yang begitu bening.

8. Swike

Kuliner yang satu ini non halal, karena terbuat dari daging kodok. Salah satu warung yang menyajikan swike adalah warung swike Bu Reso. Lokasinya di belakang Plasa Matahari atau belakang BRI Pasar Klaten, tepatnya di Karangduwet, Mojayan. Disini menyediakan berbagai olahan kodok dengan berbagai rempah-rempah dan bumbu yang begitu khas. Menunya antara lain swike goreng tepung, swike nyemek, swike kuah, dan telur swike goreng.

9. Keripik Cakar, Belut, dan Paru

Makanan ini bisa kamu jadikan oleh-oleh khas Klaten saatpulang. Keripik cakar, belut, dan paru memilik rasa yang nikmat. Salah satu tempat yang menyediakan oleh-oleh ini adalah Bu Mangun yang terletak di jalan Rajawali, Gg Latarputih 15, Bareng, Klaten

10. Warung Lontong Bu Mirah

Lontong sangat mudah kita temui di daerah Klaten. Salah satu tempat yang recommended adalah warung lontong Bu Mirah yang berdiri sejak tahun 1945. Disini menyajikan ayam kampung asli sebagai menu andalannya. Lokasi warung lontong Bu Mirah mudah ditemukan, karena terletak di tengah kota Klaten. Warung ini buka mulai pukul 04.30-10.00 WIB.

11. Rumah Makan Bu Mayar Cawas

Warung makan ini menyajikan kuliner khas Klaten yang spesial, yakni Nasi Terancam. Makanan ini adalah perpaduan nasi dan berbagai sayuran mentah, dengan tambahan ayam goreng Jawa. Aroma rempahnya yang kental membuat nasi terancam menjadi nikmat. Lokasi rumah makan ini berada di pinggiran jalan, arah Jogja-Solo dan buka mulai pukul 07.00-21.00 WIB.

12. Angkringan/HIK

Angkringan adalah warung tenda sederhana yang menyediakan nasi kucing dengan bermacam-macam lauk pauknya, yang sering disebut hik. Sejarah angkringan dipelopori oleh Mbah Pairo hingga akhirnya terkenal di Yogyakarta sampai sekarang, dan angkringan Lik Man di Jogja yang terkenal adalah milik dari putra Mbah Pairo..

Selain angkringan Mbah Pairo terdapat juga angkringan populer di Klaten,yakni angkringan Jumali di daerah Sekarsuli Jalan Mayor Kusmanto. Menu nasi kucingnya berisikan bandeng dan sambel disajikan di atas piring, dengan berbagai lauk pauk yang nikmat. Palagi disajikan saat nasinya masih hangat ditambah dengan sambalnya yang pedas membuat setiap orang jadi ketagihan.

Jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas Klaten yang enak dan bikin ketagihan ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel