Mengenang Pabrik Gula Tempoe Doeloe di Agrowisata Gondang Winangoen


Kulinerasik.com - Lokasi Agrowisata Gondang Winangoen terletak di pinggir jalan utama Jogja solo 4,5 km disebelah barat kota Klaten, yakni di pabrik gula gondang baru yang berada di desa Plawikan, Jogonalan, Klaten. Pabrik gula gondang baru itu sendiri berdiri pada awal abad XIX, tepatnya tahun 1860 oleh N.V Klatensche Cultur Maatschappij yang berkedudukan di Amsterdam, Belanda. Dengan nama Pabrik Gula Gondang Winangoen yang diambil dari nama kawedanan tempat pabrik didirikan. Pengelolaan pada awalnya ditangani oleh keluarga Jongkhervan der Wijk, yang selanjutnya dikelola oleh N.V. Mirrandolle Voute & Co yang berkedudukan di Semarang.
Agrowisata Gondang Winangoen
Dulu daerah operasi pabrik gula gondang winangoen meliputi beberapa daerah perkebunan yakni afdeling joton, Besaran, Padapa, Krapyak, Tangkiasn Pos, Demangan, Ketandan, Gempol, Jiwo, dan Cepeer. Seiring dengan permintaan dan pertambahan kapasitas produksi yang merupakan imbas permintaan gula di pasar dunia maka pabrik gula ini mulai berkembang. Yang pada tahun 1871 semula luas perkebunan hanya 292 bouws atau sekitar 207,2 Ha. Namun pada tahun 1919 saat permintaan gula dipasar dunia bertambah luas perkebunannya menjadi 1201 bouws atau sekitar 852,2 Ha. Masa keemasan Pabrik Gula Gondang Winangoen ini tercapai pada tahun 1889 sampai dengan tahun 1925, sampai akhirnya terjadi depresi ekonomi pada tahun 1930 mengakibatkan pabrik ini berhenti beroperasi dan 5 tahun kemudian baru berproduksi lagi. Yang dikelola secara administratif oleh Beerman dan M.F.H Bremmers.

Pengelola kemudian silih berganti dimasa pendudukan Jepang, dampak Konferensi Meja Bundar dan peristiwa Irian Barat serta agresi militer Belanda yang mengakibatkan kembali berhentinya operasional pabrik selama 2 tahun yakni tahun 1946 sampai dengan 1948. Setelah tahun 1957 pabrik gula diserahkan kepemilikannya kepada Perusahaan Perkebunan Negara Unit Semarang yang kemudian namanya diganti menjadi PT. Gondang Baru.

Agrowisata Gondang Winangoen sendiri berdiri di area Pabrik Gula Gondang baru dan dibuka sejak tahun 15 september 2009. Agrowisata ini menawarkan beberapa wahana yang menarik yang bernuansa edukasi, rekreasi dan historis. Sisi edukasi berupa keliling pabrik gula tempoe doeloe dimana kita bisa melihat proses pembuatan gula. Sisi historis kita dapat melihat Museum Gula yang ada dan ini merupakan prakarsa Gubernur Jawa Tengah waktu itu yakni Bapak Soepardjo Roestam pada tahun 1982. Rekreasi dapat di dapatkan dengan wisata kereta lokomotif uap dan kereta lokomotif diesel mengelilingi pabrik gula gondang baru. Ada pula homestay yang besar dengan arsitektur abad 19 yang megah, D’gondba Resto yang menyajikan berbagai menu masakan dan minuman produk hilir PTP Nusantara IX. Fasilitas lain berupa Auditorium atau gedung pertemuan yang mampu menampung 1000 kursi. Ada area outbond area yang diberi nama Green Park dengan berbagai wahana antara lain Flying Fox, Water Boom, Water Park, Water Slidding, Spider Web, taman lalu lintas dan masih banyak wahana yang lain yang pasti cocok untuk wisata anda.

Click to comment