7 Agrowisata di Indonesia dengan Konsep Menarik yang Harus Kamu Kunjungi

Kulinerasik.com - Di era milenial dengan menjamurnya banyak media sosial untuk berselfie-ria, membuat tempat wisata yang memilik konsep agrowisata dengan background pemandangan yang alami banyak diburu orang untuk sekedar selfi maupun untuk menikmati keindahannya. Agrowisata sendiri adalah kegiatan wisata yang mengunjungi pertanian dan perkebunan. Adanya jenis tanaman seperti sayur dan buah yang bisa ditanam atau dipetik sendiri oleh pengunjung menjadi daya tarik tersendiri. Selain itu berbagai jenis fasilitas wisata lainnya seperti area permainan flying fox ataupun labirin yang di bentuk dari tanaman juga menjadi pesona tersendiri.

Di Indonesia terdapat banyak sekali tempat wisata dengan konsep agro. Pasalnya Indonesia adalah negara agraris yang memiliki banyak lahan pertanian dan perkebunan yang tersebar diseluruh pelosok negeri. Berikut ini kami rangkum 7 tempat wisata agro dengan konsep menarik yang harus kamu kunjungi. Simak yuk!

1. Kusuma Agrowisata, Batu, Jawa Timur
Kusuma Agrowisata Batu
Kusuma Agrowisata adalah salah satu tempat favorit di Jawa Timur, karena disini kamu bisa memetik apel secara langsung untuk dimakan atau dibawa pulang. Tempat wisata ini terletak di Jalan Abdul Gani Atas, Kota Batu, lokasinya tidak terlalu jauh dari Jatim Park 1 dan Museum Angkut.
Selain wisata petik apel, Kusuma Agrowisata juga menawarkan wisata petik buah lain seperti strawberry, jambu, jeruk yang pastinya semakin memanjakan pengunjung. Disini juga terdapat wahana wisata seperti waterboom, edupark dan lain-lain.

2. Agrowisata Kebun Teh Rancabali, Bandung
Agrowisata Kebun Teh Rancabali
Agrowisata kebun Teh Rancabali berada di Kecamatan Ciwidey, Bandung, Jawa Barat. Tepatnya berada di dataran tinggi, di kaki Gunung Patuha, tak heran susana sejuk dan damai dengan pemandangan indah khas pegunungan tersaji disini. Selain itu, di perkebunan ini juga ditanami pohon kina. Indahnya perkebunan ditambah kita bisa memetik sendiri teh, bisa membuat para pengunjung betah berlama-lama menyusuri perkebunan ini.

3. Agrowisata Merapi Farma Herbal
Agrowisata Merapi Farma Herbal
Buat kamu yang mau memelajari tanaman herbal dan jamu tradisional kamu bisa mengunjungi Agrowisata Merapi Farma Herbal ini. Lokasinya berada di daerah Yogyakarta, disini kamu bisa belajar tentang berbagai macam tanaman herbal dan bagaimana cara mengolahnya. Pemandangannya terasa sangat indah dan alami dengan udara yang sejuk dan segar, karena berada di kaki Gunung Merapi. Kamu juga bisa memesan dan meminum jamu tradisional lho disini!


4. Agrowisata Kebun Strawberry Lembang, Jawa Barat
Agrowisata Kebun Strawberry Lembang 
Di agrowisata ini kamu dapat menikmati deretan tanaman strawberry yang terlihat cantik dengan buahnya yang berwarna merah. Kamu juga bisa memetik langsung dan memakan strawberry sepuas-puasnya atau dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Lokasi agrowisata kebun strawberry Lembang berada di dataran tinggi membuat udara di perkebunan strawberry ini sangat sejuk dan bebas polusi. Disini juga terdapat fasilitas outbond yang memanjakan para pengunjung.

5. Agrowisata Kebun Naga, Bululawang
Agrowisata Kebun Naga, Bululawang

Buah Naga yang memiliki bentuk yang unik, membuat para pengunjung semakin penasaran dengan rasanya. Agrowisata Kebun Naga, Bululawang menyajikan wahana wisata edukasi mengenai cara memetik dan budidaya buah naga. Lokasinya berada di Desa Jambuwer dan terletak tidak jauh dari Jalan Raya Malang-Lumajang. Hanya dibutuhkan jarak tempuh sekitar 20 km dari pusat kota Malang.

6. Agrowisata Taman Turi, Sleman
Agrowisata Taman Turi Sleman
Agrowisata Taman Turi Berada di Dusun Gadung, Desa Bangunn Kerto, Kec. Turi, Kab. Sleman, Yogyakarta. Agrowisata ini menawarkan pemandangan dengan deretan tanaman salak pondoh yang rasanya sangat manis. Karena area perkebunan ini sangat luas, kamu harus didampungi pemandu lho! Di agrowisata Taman Turi kamu bisa memetik sendiri salak pondoh dari perkebunan dan makan di tempat ataupun dibawa pulang. Ada sekitar 17 jenis tanaman salak yang ditanam di area ini, termasuk salak pondoh.

Taman agrowisata ini juga dilengkapi berbagai fasilitas wisata, seperti tempat bermain, taman bunga, kolam pemancingan, kolam renang dan berbagai fasilitas lainnya.

7. Agrowisata Taman Anggrek Indonesia Permai
Agrowisata Taman Anggrek Indonesia Permai
Khusus bagi pecinta bunga, Agrowisata Taman Anggrek Indonesia Permai wajib kamu kunjungi. Letaknya ada di Jalan Raya Taman Mini, Jakarta Timur. Disini kamu bisa melihat berbagai jenis tanaman anggrek dengan bunganya yang berwarna-warni lho! Tersedia juga kelas untuk belajar bagaimana caranya menanam anggrek. Kamu juga bisa membeli berbagai jenis tanaman anggrek yang menarik disini untuk dibawa pulang.

Nah itulah beberapa agrowisata dengan konsep menarik yang telah kami rangkum, semoga bisa dijadikan alternatif untuk liburan bersama keluarga tercinta. Selamat berlibur!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel