7 Menu Buka Puasa yang Sehat, Biar Gak Lemes Selama Bulan Puasa!


Kulinerasik.com - Sebentar lagi kita memasuki bulan puasa sobat, untuk menjaga kesehatan tubuh selama menjalani puasa tak hanya dengan berolahraga dan istirahat yang cukup, namun makanan yang  disajikan untuk menu buka dan sahur juga harus diperhatikan.

Pasalnya, setelah seharian berpuasa, tubuh kita kehilangan banyak cairan dan energi, gak heran kalau kita sering lemas jika siang hari. Hal yang terpenting adalah selalu menjaga pola makan kita agar tetap sehat selama menjalankan ibadah di bulan Ramadhan.

Kali ini kita berikan rekomendasi makanan sehat dan bernutrisi untuk menu buka puasa. Biar energimu bisa tetap penuh karena seharian berpuasa. Jadi gak ada alasan untuk bolong puasa ya!

1. Kurma
Kurma
Kurma menjadi salah satu hidangan wajib selama bulan puasa, selain karena pahala karena mengkonsumsinya, kurma juga memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk tubuh kita. Karena kandungan glukosa, fruktosa dan sukrosa dengan kandungan kalori yang rendah dalam kurma. Kandungan gula alami yang terdapat pada kurma dapat mengembalikan energi yang hilang selama berpuasa.

2. Buah Segar
Buah Segar
Buah-buahan yang segar bisa menjadi hidangan terbaik untuk menu buka puasa, lantaran makanan ini mudah dicerna oleh usus. Mulai dari melon, pisang bisa kamu jadikan pilihan yang baik karena mengandung banyak serat dan dapat mengembalikan energi yang hilang. Buah-buahan yang memliki kandungan air yang tinggi seperti anggur, semangka dan pir baik untuk mencegah dehidrasi.

3. Madu
Madu
Madu memang terkenal akan banyak khasiatnya, karena mengandung antioksidan, vitamin, kalium, kalsium, zat besi, magnesium, sulfur dan mangan. Madu dapat melancarkan metabolisme dan juga mengatasi gangguan pencernaan. Kandungan glukosa dan fruktosa dalam madu juga mudah diserap oleh tubuh kita, sehingga dapat mengembalikan stamina dan energi yang hilang. Badan tetap fit selama menjalani sholat tarawih.

4. Nasi Merah
Nasi Merah
Nasi merah mengandung zat besi yang tinggi, sehingga bisa memulihkan energi di dalam tubuh dengan cepat setelah seharian berpuasa. Beras merah juga bermanfaat untuk kamu yang memiliki anemia, karena kandungan zat besi di dalam beras merah bisa membantu pembentukan sel darah merah dan tidak akan membuatmu lemas saat berpuasa. Jadi berpuasa sambil bekerja tidak akan mengganggumu sobat!

5. Sayur-sayuran
Sayur-sayuran
Buka puasa disarankan untuk mengkonsumsi sayuran karena sangat mudah dicerna oleh tubuh. Saat kita berpuasa, lambung akan mengecil dan enzim pencernaan dalam tubuh berkurang. Karena itulah sayuran yang baik untuk berbuka adalah sayuran hijau, yang mengandung banyak nutrisi serat, protein, mineral, vitamin dan zat besi yang tentunya sangat berguna bagi tubuh. Kamu bisa temukan di sayuran seperti bayam, karena bayam mengandung zat besi. Kandungan zat besi dalam sayuran bayam dapat membantu meningkatkan oksigen dalam tubuh kita.

Selain itu, kandungan vitamin A dan C dalam sayuran bayam juga bisa melindungi usus dan pencernaan dari radikal bebas. Kamu bisa mengonsumsi sayuran segar ini dengan nasi hangat dan sambal. Biar tambah nikmat buka puasanya!

6. Capcay Kuah

Capcay Kuah
Makanan dengan ragam sayuran ini memang bisa kamu jadikan menu favorit saat buka puasa. Kandungan vitamin dan mineral yang ada dalam capcay kuah, bisa memulihkan energi seketika. Yang terpenting adalah sayuran juga bisa memperlancar pencernaan, jadi kamu gak perlu takut mengalami sembelit atau gangguan pecernaan selama berpuasa.


7. Es Kelapa Muda
Es Kelapa Muda
Buka puasa hindari minuman yang mengandung kadar gula tinggi, dianjurkan untuk mengonsumsi air kelapa ketika sahur dan berbuka. Karena kandungan elektrolit yang terdapat didalamnya dapat memulihkan energi tubuh seketika. Elektrolit juga bisa mengganti cairan tubuh yang hilang saat sedang beraktivitas, air kelapa juga mudah diserap oleh tubuh, sehingga bisa mengurangi dehidrasi. Untuk menambah tenaga dalam waktu singkat, kamu bisa mencampur air kelapa dengan madu.

Nah sobat kulinerasik, selalu konsumsi makanan yang menyehatkan ya, biar kamu gak lemas saat menjalankan ibadah puasa. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel