Menikmati Kesegaran Air terjun di Perbatasan Gunungkidul dan Klaten


Kulinerasik.com - Perbukitan seribu yang membentang sepanjang Kota Bantul hingga disebelah barat Pacitan yang dianggap daerah tandus dan kekurangan air, namun ternyata mempunyai beberapa air terjun yang cukup akan airnya disepanjang musim walaupun debitnya pada musim kemarau memang kecil. Salah satu curug atau air terjun yang cukup indah adalah air terjun Gedangsari atau air terjun Indah Tegalrejo bahkan ada yang menyebut air terjun Bayat.
Menikmati Kesegaran Air terjun di Perbatasan Gunungkidul dan Klaten
Dijuluki dengan air terjun Bayat dikarenakan untuk mencapai lokasi ini lebih mudah dan lebih dekat dengan ibukota Kecamatan Bayat, Klaten. Walaupun secara administrasi masuk dalam wilayah desa Tegalrejo, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Keberadaan air terjun ini tepat berada dibawah gunung yang menjadi perbatasan antara kabupaten Gunung kidul dengan Kabupaten Klaten.

Tiket masuk untuk menikmati pesona air terjun ini anda akan membayar biaya retribusi sebesar Rp. 5.000 per 3 orang, sedangkan untuk tarif parkir motor sebesar Rp. 3.000 dan mobil sebesar Rp. 5.000.

Wisata air terjun Gedangsari membentuk beberapa tingkatan dan disetiap tingkatan membentuk sebuah cekungan yang cukup dalam dan dapat dimanfaatkan sebagai tempat mandi dan berenang. Dengan debit air yang cukup kecil sekalipun seperti halnya pada musim kemarau namun cekungan tersebut dapat terisi penuh dan cukup dalam. Sehingga bagi yang tidak bisa berenang jangan coba-coba untuk masuk dalam cekungan tersebut.

Mungkin karena pengelolaan yang kurang maksimal dan karena pihak terkait juga tidak turun tangan dengan keberadaan tempat air terjun ini sehingga perawatan serta kebersihan tempat ini kurang terjaga. Jika hal ini tidak segera ditangani sangat disayangkan jika keindahan dan keasrian tempat ini rusak oleh karena tidak ada penanganan yang serius dan juga mungkin karena ulah tangan-tangan jahil.

Click to comment