7 Serabi Legendaris di Indonesia, Serabi Notosuman Salah Satunya


Kulinerasik.com - Serabi adalah makanan yang  terbuat dari tepung beras dan santan kelapa, yang dibentuk seperti telur dadar. Jajanan pasar yang seringkali kita temui di pasar-pasar tradisional ini, biasa disajikan dengan gula jawa dan santan. Jajanan serabi ternyata sudah ada sejak tahun 1920. Serabi atau Surabi dalam bahasa Sunda yang berarti besar, jajanan seperti ini ternyata juga ada di Sumatera dan Bali lho.
Serabi Notosuman yang Legendaris
Jajanan legendaris Indonesia ini mempunyai ciri khas di setiap daerah. Berikut ini adalah 7 serabi legendaris yang ada di Indonesia:

1. Serabi Notosuman 

Serabi ini menempati urutan pertama, karena saking tuanya. Serabi yang terletak di kawasan Notokusuman, Solo, Jawa Tengah ini sudah ada sejak tahun 1923. Serabi Notosuman kini juga hadir di Kota Semarang. Jajanan yang menjadi ikon khas Solo ini terbuat dari adonan tepung beras, gula, garam, pandan, dan santan.

Terdapat dua rasa yaitu original dan cokelat meses, dan tidak menggunakan kuah. Serabi Notosuman disajikan dengan dua cara, yakni berupa lembaran biasa dan digulung atau dibungkus daun pisang. Untuk satu paket berisi 10 Serabi Notosuman dibanderol dengan harga 20ribu.

2. Serabi Bogor

Serabi Bogor atau lebih dikenal dengan nama Serabi Arab ini, memiliki bentuk yang hampir mirip dengan serabi bali. Namun, diberi campuran tepung beras dan terigu serta tambahan topping seperti oncom, mayonese, telur, potongan buah, dan es krim.

Keunikan dari serabi Arab yang ada di Bogor, adalah cara menghidangkan serabinya dengan topping pizza seperti paprika, bawang bombai, tommat, smoked beef, dan keju layaknya topping yang ada dalam pizza.

3. Surabi Bandung

Surabi bandung memiliki khas dengan bentuk berpori namun lembut dan mengenyangkan di perut. Ada dua jenis surabi bandung yaitu surabi gurih-pedas dengan taburan oncom dan manis-legit dengan kuah kinca.

4. Serabi Kalibeluk

Serabi kalibeluk memiliki ciri khas yang unik, yakni ukurannya yang jauh lebih besar dari serabi pada umumnya. Jajanan ini termasuk makanan tradisional di Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Serabi Kalibeluk terbuat dari tepung terigu dan santan, bentuknya terlihat berserat, kenyal, dan tebal, tetapi tidak keras.

5. Serabi Bali

Serabi Bali biasa disebut laklak, yakni makanan khas dari pulau dewata. Makanan laklak identik dengan warnanya yang hijau. Bentuknya menyerupai setengah lingkaran, dan jauh lebih tebal dari surabi pada umumnya. Serabi Bali biasa disajikan dengan parutan kelapa dan saus gula merah.

6. Surabi Minang

Biasa disebut dengan dengan nama pinukuik, yang berarti panekuk atau pancake. Jajanan khas dari Sumatra Barat ini sekilas bentuknya mirip dengan kue apem yang ada di Jawa Tengah. Karena terbuat dari bahan baku yang mirip dengan pembuatan kue apem, yaitu menggunakan tape atau tape singkong

7. Serabi Betawi

Serabi betawi lebih dikenal dengan nama kue ape. Yang membuat beda dari serabi pada umumnya adalah adonan kue ape terbuat dari tepung terigu, telur, dan santan. Serabi ini memiliki ciri khas dengan warna hijau dan putihnya.

Kalau di daerah kalian apa namanya?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel