Skip to main content

10 Tempat Kuliner Khas Bali yang Legendaris

Kulinerasik.com - Tahukah Anda bahwa pulau Bali selain memiliki tempat wisata yang keren, juga memiliki wisata kuliner khas yang legendaris. Bahkan, kuliner ini masih bertahan hingga sekarang karena cita rasanya. 

Tempat Kuliner Bali yang Legendaris

Buat Anda yang berencana liburan ke Bali gak ada salahnya untuk mencoba daftar wisata kuliner khas Bali yang legendaris dibawah ini:

1. Ayam Betutu Men Tempeh

Kuliner Khas Bali yang Legendaris

Plesiran ke Bali tidak lengkap rasanya jika belum mencoba salah satu ikon wisata kuliner khas Bali ini. Ciri khas bumbu betutu yang pedas dipadu dengan bumbu rempah khas Bali pasti bikin ketagihan. Ditambah dengan sayur plecing dan sambal matah, semakin menambah kenikmatan ayam betutu Men Tempeh.

Menurut cerita masyarakat, Men Tempeh adalah salah satu tokoh yang menjadi srikandi kuliner Pulau Dewata yang namanya sejajar dengan perintis kuliner lain, seperti Bu Agung Oka (babi guling Ubud) dan Made Mash (Made’s Warung). Wisata kuliner ayam betutu di kawasan Gilimanuk ini sudah ada sejak tahun 1976. Alamat: Gilimanuk, Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali.

2. Ayam Bakar Taliwang

Kuliner Khas Bali yang Legendaris

Sajian Ayam Bakar Taliwang memang cukup unik, karena menggunakan ayam bakar dari ayam kampung asli. Menu ayam plecing dan ayam sasak yang enak dan mantap menjadi menu andalan.

Bahan dasar makanan ini adalah ayam dengan berbagai macam rempah-rempah dan tentu saja rasa pedas yang menjadi ciri khas. Yang unik dari makanan ini adalah semua bumbu di masukan ke dalam perut ayamnya sehingga rasa rempah rempah tersebut menyebar ke seluruh daging dan terasa nikmatnya.

Ayam Bakar Taliwang ini dipanggang selama 24 jam di bara api untuk menghasilkan rasa dan aroma yang tajam serta khas. Anda dapat mencoba menu ini di Jl. Tenungku Umar nomor 10 Denpasar.

3. Nasi Tekor

Kuliner Khas Bali yang Legendaris


Sajian yang terbuat dari nasi campur dengan lauk lawar biuh batu, ayam serapah, sambal bali, ayam panggang dan kuah ares. Salah satu tempat nongkrong di Bali ini menyuguhkan konsep vintage. 

Selain itu, romantisme sepasang koki kakek dan nenek saat membuat dan menyajikan masakannya terlihat begitu berkesan. Lokasi berada di Jl. By Pass Ngurah Rai Tohpati nomor 28 Denpasar.

4. Warung Nasi Bali Men Weti

Kuliner Khas Bali yang Legendaris

Termasuk salah satu tempat makan legendaris Bali yang sudah ada sejak tahun 1970. Berada di Jalan Segara Ayu, Sanur, tempat makan ini selalu diburu wisatawan lokal dan asing. Kebanyakan pelanggan sangat menyukai nasi campur khas Weti karena rasa pedasnya yang khas. 

Saat ini warung nasi Bali Men Weti diteruskan oleh anaknya yang bernama I Nyoman Sukadana alias Men Rame. Yang spesial dari menunya adalah telur rebus, jukut urap, kulit ayam goreng, suwiran ayam, kacang goreng, dan sambal jika ke sini. Maknyus banget!

Alamat: Jalan Letda Reta No.52, Dangin Puri Klod,  Kota Denpasar, Bali.

5. Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku

Kuliner Khas Bali yang Legendaris

Sajian Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku terdiri dari nasi campur Bali yang sangat enak. Salah satu tempat recommended adalah di Desa Kedewatan Ubud, Gianyar, hingga Jalan Tukad Badung No. 11 Renon, Denpasar. Lebih istimewa jika datang berdua bersama pasangan untuk liburan romantis di Bali.

Di tempat ini hanya menyuguhkan satu menu nasi ayam yang dibagi menjadi dua penyajian, yaitu dicampur dan dipisah. Isi nasi ayamnya adalah ayam suwir, sambal, ayam goreng kering, kacang goreng, urap sayur, telur pindang, sate lilit, serta kulit ayam goreng.

Alamat: Jalan Raya Kedawetan No. 18, Ubud, Bali.

6. Warung Wardani

Kuliner Khas Bali yang Legendaris

Letaknya memang agak sedikit jauh dari keramaian kota Denpasar. Namun, warung ini selalu ramai diserbu pelanggan tiap harinya. Warung Wardani menyajikan kuliner khas Bali, yakni nasi campur ayam dan nasi campur daging. Cita rasa yang khas dan aroma rempah-rempah khas Bali di setiap masakannya membuat warung ini menjadi primadona bagi wisatawan.

Nasi campur sebagai menu utama ini dibandrol dengan harga sekitar 30.000 hingga 40.000. Dengan harga ini membuat Warung Wardani di katagorikan sebagai wisata kuliner Bali murah jika di banding dengan kualitas dan rasa masakannya.

Terletak di Jl. Yudistira nomor 2 Denpasar, dan sekarang buka cabang di Bandara Ngurah Rai International Air Port. 

7. Warung Pojok

Kuliner Khas Bali yang Legendaris

Warung Pojok cukup populer di kalangan wisatawan lokal Bali. Hal ini karena harga yang ditawarkan relatif murah, yakni hanya 10rb-25rb per porsi. 

Sajian nasi campur yang berisikan daging sapi sisit, paru, ayam sisit, kulit ayam, telor rebus, sate lilit, sayuran dan sambal menjadi menu andalannya. Lokasi berada di Jl. Semangka nomor 168 Denpasar.

8. Teba Café Jimbaran

Kuliner Khas Bali yang Legendaris

Jimbaran memang cukup familiar dengan deretan tempat makan seafood yang enak dan istimewa. Salah satunya adalah di Teba Café Jimbaran, karena bumbu seafood-nya sangat lezat, dijamin bikin ketagihan!

Lokasinya yang berada di tepi pantai indah Bali ini juga menambah istimewa dari restoran ini. Menunya disajikan dengan dipanggang, mulai dari tusuk sate cumi, udang, kerang, lobster, dan ikan yang disajikan dengan cita rasa pedas dari sambal spesial. 

Menu-menu tersebut dilengkapi dengan nasi, sayuran, dan lalapan. Alamat: Jalan Bukit Permai, Muaya Beach, Jimbaran Bay, Jimbaran, South Kuta, Jimbaran, Bali.

9. Warung Mak Beng

Kuliner Khas Bali yang Legendaris

Warung Mak Beng merupakan salah satu wisata kuliner legendaris di Bali. Berdiri sejak tahun 1940, warung ini selalu ramai pengunjung, bahkan jadi langganan banyak artis.

Warung Mak Beng cuma menyajikan satu menu yang dijual, yaitu ikan goreng dan sayur sup kepala ikan, sambal dan nasi.

Warung makan Mak Beng ini termasuk dalam tempat wisata kuliner halal dan menawarkan cita rasa makanan khas Bali yang tidak bisa ditemukan di tempat lain.

Alamat: Jalan Hang Tuah No. 45, Sanur, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali.

10. Sate Plecing Arjuna (Non Halal)

Kuliner Khas Bali yang Legendaris

Sate plecing juga termasuk kuliner khas Bali yang tidak boleh dilewatkan. Makanan ini merupakan sate babi bumbu manis yang diberi sambal plecing sehingga menghasilkan cita rasa yang membuat ketagihan. Salah satu tempat makan sate plecing paling populer dan legendaris di Bali adalah Sate Plecing Arjuna yang berdiri sejak tahun 1990. 

Disni menyajikan menu sate plecing (babi dan sapi), sate sumsum, soto sapi, dan bakso sapi. Alamat: Jalan Arjuna No. 47, Denpasar Utara, Dauh Puri Kaja, Kota Denpasar, Bali.


Penutup

Itulah daftar wisata kuliner khas Bali yang legendaris yang wajib Anda coba, Jadi selain liburan Anda bisa juga berwisata kuliner di Pulau Dewata. Gimana, sudah siap berlibur ke Pulau Bali?
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Copyright©2023 Kuliner Asik