15 Tempat Kuliner Khas Solo yang Harus Anda Kunjungi


Kulinerasik.com - Kota Solo menawarkan banyak keistimewaan dikotanya, selain karena budaya dan kearifan lokal yang masih kental, banyak juga wisata kuliner dan wisata sejarah yang harus dikunjungi. Surakarta, atau lebih dikenal dengan nama Solo. Dan termasuk salah satu kota tujuan wisata yang populer di Jawa.

Solo, kota yang mempunyai slogan dengan “The Spirit of Java” ini terkenal akan banyak sajian kulinernya yang legendaris.  Beragam makanan khas Solo memang luar biasa lezat dan enak. Jika anda bepergian dan melewati Kota Solo jangan lupa untuk mampir dan mencicipi kuliner khas Kota Solo yang nikmat. Berikut kami rangkum beberapa tempat kuliner khas Kota Solo yang harus anda kunjungi.

1. Sambal Tumpang Warung Pecel Bu Kis
Sambel Tumpang Bu Kis
Warung Pecel Bu Kis memang tidak beda dengan warung-warung pecel lainnya. Yang menjadi pembeda adalah warung pecel ini punya satu menu andalan, yaitu, sambel tumpang. Disajikan dengan cita rasa gurih, manis, dan sedikit pedas, sambal tumpang nikmat disantap dengan nasi hangat atau bubur beras yang ditambah bayam segar dan tauge, dipadu dengan irisan tahu goreng, krecek, tahu putih, rempah-rempah dan tempe busuk sebagai bumbu membuat cita rasanya semakin nikmat.
Warung Pecel Bu Kis terletak tepat di belakang Kantor Pengadilan Negeri Solo dan dekat dengan Rumah Sakit PKU Muhammadiyah. Buka jam 7 pagi hingga jam 2 sore.

2. Soto Gading Alun-Alun Selatan Keraton Solo
Soto Gading Solo
Jika anda bingung untuk mencari menu sarapan, soto ayam layak jadi pilihan sarapan pagimu saat berada di Solo. Ada satu warung rekomendasi yang harus anda kunjungi, yaitu, Warung Soto Gading Alun-alun selatan Keraton Solo bisa jadi pilihan tepat. Menu yang disajikan adalah nasi dengan mie soon dan suwiran daging ayam yang disiram kuah bening kaya aroma rempah ini semakin membuat semangat hari anda.

Banyak sajian yang bisa kamu pilih diwarung ini, telur puyuh, sosis, tempe goreng, jeroan sapi, perkedel kentang, sate uritan, bakwan; berbagai lauk-pauk yang tersaji di meja siap disantap. Warung Soto Gading ini terletak di Jalan Brigadir Jenderal Sudiarto No. 75 Pasar Kliwon, atau tepatnya di sekitaran alun-alun selatan Keraton Solo dan buka mulai jam 6 pagi. Warung ini juga jadi langganan Pak Jokowi lho!

3. Pecel Ndeso Warung Pecel Solo
Pecel Ndeso
Kuliner yang satu ini disebut warung pecel Solo, atau dikenal juga dengan nama Warung Ndeso Resto. Menu yang disajikan adalah kuliner tradisional, dan dikonsep dengan pemandangan nuansa etnik khas Solo.

Sajian spesial di restoran ini adalah pecel ndeso (desa), yaitu, nasi merah dicampur dengan daun bayam, daun kenikir, daun pepaya, kembang turi, dan jantung pisang dicampur sambel pecel yang terasa manis-pedas. Diwarung ini juga menyediakan beberapa jenis minuman tradisional seperti Temu Lawak, Beras Kencur, Jahe Pandan, dan Kunir Asem Sirih, yang dapat disajikan dingin maupun hangat. Berlokasi di Jalan Dr. Soepomo No. 55 Mangkubumen Solo, Warung ini buka dua kali setiap harinya: pukul 08.00 – 16.00 WIB, dan 18.00 – 22.00 WIB.

4. Cabuk Rambak Stadion Manahan Solo
Cabuk Rambak Solo
Cabuk rambak jadi camilan yang populer bagi warga Solo. Biasanya dijadikan pilihan menu sarapan, termasuk jenis camilan yang enak disantap saat siang maupun malam hari. Biasanya disajikan dengan pincuk (wadah yang terbuat dari daun pisang), cabuk rambak terdiri dari ketupat yang diiris tipis-tipis, sambal wijen, dan karak. Setiap pagi,Jika ingin mencicipinya banyak kita temui ibu-ibu penjaja cabuk rambak di sekitaran Stadion Manahan Solo.

5. Srabi Notosuman
Srabi Notosuman Solo
Srabi Notosuman Solo adalah termasuk menjadi kuliner khas Solo yang sudah melegenda, dan menjadi populer di kalangan para wisatawan. Srabi yang mempunyai tekstur lembut dengan bagian pinggiran yang renyah ini memang salah satu pilihan oleh-oleh utama dari Kota Solo. Dibuat dari campuran tepung beras dan santan, adonan srabi dimasak dalam cetakan di atas tungku-tungku kecil.
Ada dua varian rasa pada Srabi Notosuman, yaitu polos dan coklat. Satu porsi serabi polos berisi 10 buah dibanderol 20 ribu, sedangkan yang rasa coklat 25 ribu, sangat murah dan terjangkau. Srabi Notosuman bertempat di Jalan Mohammad Yamin No 28.

6. Es Dawet Telasih Bu Dermi Pasar Gede
Es Dawet Bu Dermi 
Jika inin mencoba minuman segar khas Kota Solo , jangan lupa untuk mampir dan mencicipi Es Dawet Telasih Bu Dermi di Pasar Gede. Warung yang selalu ramai pembeli ini, kamu bisa menikmati segarnya es dawet yang berisi bubur ketan hitam, bubur sumsum, tape ketan, cendol, dan biji telasih, dengan hanya 5 ribu rupiah saja.

7. Es Gempol Pleret Pak Suhar
Es Gempol Pleret
Kuliner yang satu ini, yaitu gempol terbuat dari tepung beras yang dipapatkan dan dibentuk bulat pipih, sedangkan pleret terbuat dari adonan tepung beras dan gula Jawa. Dicampur dengan santan cair dan es batu, dan saus yang terbuat dari campuran gula Jawa dan gula pasir.
Jika inigin mencicipi kuliner ini kamu masih bisa mampir di Warung Es Gempol Pleret Pak Suhar Jalan Dr. Wahidin, tepatnya di samping Masjid Tegalsari Solo. Bukanya mulai jam 10 pagi hingga jam 4 sore.

8. Tahok Pak Citro di Pasar Gede
Tahok Pak Citro
Asal mula dari Tahok dahulunya adalah kuliner yang dibawa pendatang Tionghoa ke Solo. Berasal dari dari dua kata, yaitu tao atau teu yang berarti kacang kedelai, dan hoa atau hu yang berarti lumat. Tahok memang hampir mirip dengan tahu, berwarna putih bersih dan teksturnya lembut. Tahok biasanya disajikan dengan kuah yang terbuat dari campuran gula Jawa dan rempah, sehingga bisa membuat tubuh terasa hangat saat menyantapnya.
Jika ingin mencobanya kamu harus mampir ke Pak Citro biasa mangkal di emperan Pasar Gede sejak jam 6 pagi hingga jam 4 sore. Dengan hanya 4 rupiah saja.

9. Nasi Liwet Wongso Lemu

Nasi Liwet Wongso Lemu
Kuliner Nasi Liwet yang satu ini wajib dicoba jika berkunjung ke Kota Solo. Dan salah satu tempat rekomendasi adalah Warung Nasi Liwet Wongso Lemu yang terletak di Jalan Teuku Umar.
Sajian Nasi Liwet Wongso Lemu terdiri dari nasi gurih yang dipadu suwiran ayam, telur rebus, sayur labu, dan areh. Rasanya yang nikmat enak disantap bersama keluarga di malam hari. Buka mulai jam 4 sore hingga jam 1 dini hari.

10. Sate Kere Yu Rebi
Sate Kere Yu Rebi
Sate Kere adalah makanan yang terbuat dari jeroan sapi, dan harganya tentu  lebih murah daripada dagingnya. Ada juga tempe gembus yang terbuat dari ampas tahu dan biasanya digunakan sebagai pakan ternak. Seperti sate pada umumnya, sate kere juga disajikan dengan sambal kacang dan lontong.

Untuk tempat yang direkomendasikan adalah Warung Sate Kere Yu Rebi. Lokasi berada di belakang Stadion Sriwedari Solo dan di Galabo. Buka mulai jam 10 pagi hingga jam 9 malam.

11. Gudeg Ceker Margoyudan Bu Kasno
Gudeg Ceker Bu Kasno
Kuliner malam yang satu ini berada di Jalan Monginsidi, tepatnya di sebelah barat SMA 1 Solo. Menu yang disajikan diwarung gudeg ceker ini yaitu, sepiring nasi pulen dipadu gudeng, opor ayam, telur, dijamin rasanya yang nikmat dan membuat ketagihan.


12. Tengkleng Bu Edi di Pasar Klewer
Tengkleng Bu Edi
Tengkleng adalah olahan tulang belulang dan jeroan kambing dengan cita rasa gurih, segar, dan sedikit pedas ini sangat pas menemani sajian kuliner anda di Kota Solo.
Terletak di sisi utara gapura Pasar Klewer, Bu Edi menjajakan dagangannya sejak jam 2 siang, Biasanya langsung habis dalam hitungan jam. Sebaiknya siap-siap mengantri satu jam sebelumnya jika tidak ingin kehabisan kuliner yang satu ini.

13. Warung Selat Mbak Lies
Warung Selat Mbak Lies
Kuliner selat berisi potongan wortel, buncis, daun selada, acar mentimun, irisan bawang merah, kentang goreng, potongan daging sapi masak semur, galantin, dan telur rebus. Kemudia diguyur kuah, dan dilengkapi mustard yang terbuat dari campuran kuning telur dan cuka. Dijamin membuat lidah ketagihan.

Konsep dari Warung Selat Mbak Lies dibuat dengan sangat unik. Berbagai ornamen keramik bisa ditemukan di sini, guci, piring hiasan dinding, lukisan, hingga meja dan kursi. Dan membuat nilai plus bagi pengunjung jika mampir diwarung ini. Letaknya di Gang II No. 42 Serengan.

14. Sate Buntel Mbok Galak
Sate Buntel Mbok Galak
Kuliner Sate Buntel adalah daging kambing cincang yang “dibuntel” atau dibungkus dengan lemak kambing. kemudian dibakar layaknya sate pada umumnya. Banyak tersedia menu olahan kambing diwarung Mbok Galak, tapi sate buntel tetap jadi pilihan utama di warung ini., Terletak di Jalan Mangun Sarkoro No. 122, Banyuanyar, warung ini buka mulai jam 6 pagi hingga jam 4 sore.

15. Tahu Kupat “SARI” Pak Brewok
Tahu Kupat Pak Brewok
Tahu Kupat hampir mirip dengan tahu gimbal Semarang, seporsi tahu kupat Solo terdiri dari ketupat, tahu goreng, mie kuning, kol, dan tauge. Yang dicampur dengan air bawang dan kuah kecap serta ditaburi irisan daun seledri dan bawang goreng. Salah satu tempat yang recommended untuk mencicipi kuliner yang satu ini adalah tahu kupat “SARI” Pak Brewok yang terletak di Jalan RM SAID. Warung ini buka dari jam 7 pagi hingga jam 5 sore.

Jangan lupa untuk mencicipi salah satu dari kuliner khas Kota Solo yang yang nikmat ini bersama keluarga. Selalu jadikan liburanmu menyenangkan!

Click to comment