Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Tempat Wisata di Solo Paling Populer Tahun 2020

Kulinerasik.com - Kota Solo saat ini memang dikenal sebagai kota kelahiran Presdiden Jokowi. Kota di Jawa Tengah yang bernama asli Surakarta ini, sangat terkenal di kalangan wisatawan. Karena memiliki latar belakang sejarah dan tradisi budaya yang kental, Pasalnya kota Solo memang terlahir dari sejarah kerajaan.

Solo dikenal sebagai kota budaya di Jawa Tengah. Dulu Solo masuk dalam wilayah Kerajaan Mataram dan pernah menjadi pusat pemerintahan. Sejak ditandatangani Perjanjian Giyanti pada tahun 1775, wilayah Mataram pun terbagi menjadi dua, yaitu Kasunanan Surakarta dan Kasultanan Yogyakarta.
Tempat Wisata di Solo
Tempat Wisata di Solo

Tempat Wisata di Solo Paling Populer


Selain tradisinya yang masih terjaga hingga saat ini, Solo juga memiliki tempat-tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi bagi wisatawan. Mulai dari wisata alam, budaya, sejarah, religi, sampai modern.

Apa saja tempat wisata di Solo yang paling populer di tahun 2019? Simak ulasannya dibawah ini:

1. Keraton Surakarta

Tempat Wisata di Solo

Disini kita bsa lebih mengenal tentang sejarah kota Solo lebih detail. Keraton Surakarta didirikan oleh Susuhunan Pakubuwana II pada tahun 1744 untuk menggantikan Keraton Kartasura yang hancur lebur akibat peristiwa Geger Pecinan tahun 1743 silam.

Saat ini bangunan ini masih difungsikan sebagai tempat tinggal Sri Sunan sekaligus menjadi tempat wisata yang paling banyak dikunjungi di Solo. Di tempat wisata di Solo ini, berbagai koleksi peninggalan kasunanan disimpan, seperti misalnya gamelan, replika pusaka keraton, dan benda-benda lain yang merupakan pemberian dari raja-raja Eropa.

2. Pasar Klewer

Tempat Wisata di Solo

Plesir di Kota Solo tak lengkap rasanya jika tidak mampir di Pasar Klewer. Karena tempat ini adalah salah satu destinasi favorit untuk wisatawan yang senang membeli kain atau batik. Pasar tekstil terbesar yang ada di Solo ini menawarkan beragam kain batik, baik buatan pengrajin lokal maupun mancanegara.

Selain memiliki koleksi batik yang lengkap, di pasar yang ditempati sekitar 2.000 pedagang ini, kita juga bisa menemukan pakaian lain seperti seragam sekolah lengkap dengan atributnya, jaket, kaus, pakaian, dan lain-lain. Ada juga jasa jahit yang siap membantu memenuhi permintaan dan selera berpakaian kalian.

Di Pasar Klewer, kita tidak perlu khawatir dengan harganya, karena tempat wisata di Solo ini memang surganya batik khas Solo yang murah dan berkualitas. Tapi harus tetap waspada ketika berbelanja di tempat ini, sebab Pasar Klewer terkenal rawan pencopetan.

3. Grojogan Sewu Tawangmangu

Tempat Wisata di Solo

Tempat wisata di Solo yang paling terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan adalah Grojogan Sewu Tawangmangu. Wisata berupa air terjun setinggi 80 meter ini berlokasi di sisi barat Gunung Lawu, atau sekitar 37 kilometer dari pusat Kota Solo. Air terjun ini merupakan yang tertinggi di wilayah Jawa Tengah.

Akses menuju ke lokasi, wisatawan harus mendaki setidaknya 1.000 anak tangga. Dengan pemandangan kanan-kiri yang indah, perjalanan akan terasa lebih menyenangkan. Banyak mitos yang beredar, jika kita tidak boleh datang kemari dengan pasangan kalau tidak ingin jalinan asmara kalian bubar di tengah jalan.

Memasuki akhir pekan tempat wisata di karanganyar ini ramai dikunjngi wisatawan dari dalam dan luar kota. Untuk dapat menyaksikan keindahan alam di sekitar air terjun Tawangmangu, pengunjung akan dikenai tiket masuk seharga kurang lebih Rp20.000 per orang.

4. Museum Batik Danar Hadi

Tempat Wisata di Solo

Museum Batik Danar Hadi. Berlokasi di Jalan Brigjen Slamet Riyadi No. 261, Sriwedari, Solo, Museum Batik Danar Hadi merupakan destinasi wisata batik terpadu di Kota Solo. Tempat ini dibangun oleh sebuah perusahaan batik asal Solo, yakni PT Batik Danar Hadi.

Dikenal dengan nama lain House of Danar Hadi (HDH), museum ini terletak di kompleks bangunan kuno yang termasuk dalam cagar budaya Kota Solo-Ndalem Wuryaningratan. Terdapat 10.000 koleksi kain batik dengan motif yang berbeda, bergantung kultur, lingkungan, dan periode masing-masing pembuatan batik. Koleksi ini adalah milik pribadi sang pendiri P.T. Batik Danar Hadi, yakni H. Santoesa Doellah. Dan di bagian belakang museum terdapat pabrik batik tulis dan cap yang dibuka untuk wisatawan.

5. Agrowisata Sondokoro

Tempat Wisata di Solo

Wisata Agrowisata ini berjarak sekitar 5 km dari kota Solo, tepatnya di Jalan Mangkunegara, Bojonegoro, Ngijo, Tasikmadu, Surakarta, Jawa Tengah. Pada awalnya area ini merupakan pabrik gula, namun sekarang dialih fungsikan menjadi tempat wisata.
Pemandangan alam yang masih asri dengan pepohonan rindang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. 

Di Agrowisata Sondokuro kamu bisa menikmati berbagai fasilitas yang tersedia, seperti kolam renang dengan berbagai ukuran , spot untuk terapi ikan, pijat refleksi dan juga flying fox. Dan yang tidak kalah uniknya adalah, terdapat monumen lokomotif, yang bisa kamu jadikan background foto.  Wisata Sondokoro buka setiap jam 08.00-17.00 WIB.

6. Pura Mangkunegaran

Tempat Wisata di Solo

Wisata Pura Mankunegaraan dibangun pada 1757 oleh KGPAA Mangkunegara II dengan memadukan gaya tradisional Jawa dan sentuhan arsitektur Eropa. Disini kita bisa menikmati keindahan arsitektur bangunan, dan juga bisa menyaksikan berbagai koleksi benda seni dan bersejarah di lokasi ini. 

Lokasinya di Jalan Ronggowarsito, Keprabon, Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah,

7. Kampung Batik Kauman

Tempat Wisata di Solo

Terdapat banyak showroom batik di sepanjang jalan, dan rumah-rumah yang memproduksi batik sekaligus menjualnya kepada wisatawan. Kampung Batik Kauman terletak di Kauman, Pasar Kliwon, Surakarta, Jawa Tengah.

Kampung ini dulunya digunakan sebagai tempat untuk pembuatan kain batik bagi keluarga keraton. Selain kampung batik Kauman ada juga wisata terdekat, yakni kampung batik Laweyan yang terletak di Jalan Dr. Radjiman No 521, Laweyan, Surakarta. Jika ciri khas batik Laweyan didominasi dengan warna-warna terang, batik Kauman cenderung menggunakan warna gelap. Hasil batik produksi kampung Kauman juga banyak dijual ke luar negeri.

8. Taman Sriwedari

Tempat Wisata di Solo

Tempat wisata di Solo ini merupakan kompleks pertamanan yang berlokasi di daerah Laweyan, Solo, dan sudah ada sejak era kepemimpinan Pakubuwana X. Sampai saat ini masih dipakai sebagai lokasi hiburan rutin Malam Selikuran, Taman Sriwedari juga pernah dipakai sebagai lokasi penyelenggaraan PON pada tahun 1948.

Di tempat ini juga terdapat Gedung Wayang Orang Sriwedari (GWO) yang jadi tempat pertunjukan wayang orang. Pada bagian dinding atas bagian kanan dan kiri bangunan ada lukisan besar yang menceritakan epos Mahabharata bertajuk “Kresno Duto”.

Taman Sriwedari buka mulai pukul 10.00 pagi sampai 22.00 WIB. Harga tiketnya cukup murah di kantong, cuma Rp3.000 saja per orang.

9. Museum Manusia Purba Sangiran

Tempat Wisata di Solo

Tempat wisata ini menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi saat berada di Solo. Museum Manusia Purba Sangiran adalah sebuah museum arkeologi yang terletak di Desa Kalijambe, Sragen, Jawa Tengah. Obyek wisata sejarah ini lokasinya tidak jauh dari situs fosil purbakala Sangiran, yang sudah ditetapkan oleh UNESCO sebagai salah satu warisan dunia. 

Mempunyai luas sekitar 56 km persegi, tempat wisata ini juga digunakan sebagai pusat penelitian oleh arkeolog dari dalam dan luar negeri yang ingin mengetahui kehidupan manusia pada zaman prasejarah. Selain temuan fosil rahang bawah Pithecanthropus erectus, di sini juga ditemukan jejak tinggalan masa lampau yang usianya 200.000 sampai 2 juta tahun.

10. Taman Balekambang

Tempat Wisata di Solo

Taman Balekambang memiliki suasana pemandangan asri dengan pepohonan hijau dan sejuk. Lokasinya berada di Jalan Ahmad Yani, Solo. Taman Balekambang dibangun pada tahun 1921oleh KGPAA Mangkunegara VII, untuk kedua putrinya, yakni GRAy Partini dan GRAy Partinah. Taman ini mempunyai luas mencapai 10 hektare

Tempat wisata di Solo ini dibagi menjadi dua komplek. Kompleks pertama adalah Partinah Bosch, merupakan rumah dari berbagai tanaman langka, seperti kenari, beringin sungsang, beringin putih, serta apel cokelat. Sedangkan kompleks satunya bernama Partini Tuin (Taman Air Partini). Tempat ini berupa kolam dengan perahu-perahu hias yang bisa dinaiki wisatawan.

Setelah mengalami revitalisasi, pada tahun 2008 Taman Balekambang resmi dibuka untuk umum dan difungsikan sebagai pusat/taman seni dan budaya, taman botani, obyek wisata edukasi, serta rekreasi.

11. Tugu Lilin

Tempat Wisata di Solo

Tempat wisata di Solo ini sangat cocok dijadikan tempat bersantai saat menjelang sore hari. Bangunan ini sendiri didirikan untuk memperingati 25 tahun kelahiran Boedi Oetomo, dan terletak di Jalan Kebangkitan Nasional, Kota Solo. Ikon lilin dipilih untuk menggambarkan semangat dan perjuangan bangsa Indonesia yang terus menyala dalam upaya merebut kemerdekaan.

Spot disini sangat cocok dijadikan latar foto, Karena suasana sekitar lokasi yang sejuk dan menyegarkan mata. Selain itu di sini kita juga bisa mempelajari sejarah sambil mengingat jasa-jasa perjuangan pada zaman dulu. Di dekat Tugu Lilin banyak terdapat tempat wisata kuliner Solo yang lezat, salah satunya adalah Mi Ayam Pocong.

12. Galabo Solo

Tempat Wisata di Solo

Di Solo, wisatawan bisa dengan mudah menemukan aneka makanan sedap yang dijajakan sampai tengah malam. Karena kota Solo merupakan daerah di Indonesia yang terkenal akan kelezatan dan keberagaman kulinernya. Salah satu destinasi kuliner yang wajib dikunjungi adalah Galabo Solo. Lokasinya di Jalan Mayor Sunaryo, tepatnya di depan Pusat Grosir Solo, Galabo menawarkan aneka kuliner khas Solo yang pastinya nikmat dan murah.

Sekitar 50 stand pedagang yang digelar setiap mulai pukul 17.00 sampai pukul 24.00 WIB di tempat wisata di Solo ini. Nasi liwet, gudeg ceker, sate kere, tengkleng, mie thoprak, wedang ronde, wedang dongo, tahu kupat, serta nasi tumpang adalah beberapa kuliner tradisional yang bisa Anda temukan di tempat ini. Selain murah, makanan yang dijual di sini juga lezat.

13. Kebun Binatang Taru Jurug

Tempat Wisata di Solo

Solo juga mempunyai tempat wisata yang ramah anak. Kebun binatang ini terletak di Jalan Ir. Sutami, Kentingan, Jebres, Solo, persis di sebelah kampus Universitas Sebelas Maret, Kebun Binatang Taru Jurug ini tidak hanya murah, tapi juga cocok dikunjungi bersama si kecil. Tiket masuk hanya Rp8.000 saja.

Kebun Binatang Taru Jurug didirikan pada tahun 1870 oleh Sultan Hamengkubuwono X sebagai tempat konservasi flora dan fauna. Seiring waktu, koleksinya pun kian bertambah. Di tempat wisata di Solo ini, kita bisa menjumpai beragam satwa langka seperti merak hijau, harimau Sumatera, iguana, komodo, dan lain-lain. Selain itu juga terdapat gajah yang khusus disewakan untuk penumpang. Taman Satwa Taru Jurug dibuka mulai pukul 7 pagi sampai 5 sore.

14. Ngarsopuro Night Market

Tempat Wisata di Solo

Solo memang menawarkan sensasi wisata yang tidak ada habisnya. Kali ini ada Ngarsopuro Night Market. Sesuai namanya, tempat wisata di Solo ini merupakan obyek wisata belanja murah yang berlokasi di Jalan Diponegoro, atau tepatnya di wilayah selatan 
Pura Mangkunegaran.

Pasar malam yang buka setiap hari Sabtu dan Minggu ini, kalian bisa puas belanja dan wisata kuliner. Selain baju dan barang-barang kerajinan, tempat wisata di Solo ini juga menawarkan aneka makanan lezat dengan harga murah, mulai dari makanan tradisional sampai makanan modern.

15. Pasar Triwindu Solo

Tempat Wisata di Solo

Wisata terdekat yang tidak jauh dari Ngarsopuro Night Market adalah pasar yang menjual aneka barang seni, yakni Pasar Triwindu atau biasa disebut dengan Pasar Antik Triwindu. Pasar yang dibangun pada tahun 1939 ini adalah sebagai bentuk peringatan 24 tahun pemerintahan Mangkunegaran VII.

Pada pemerintahan walikota Solo, Bapak Jokowi, pasar ini direnovasi dan ditata ulang sehingga menjadi apik seperti sekarang. Terdapat aneka benda seni yang bisa kamu cari di Pasar Triwindu, antara lain patung batu dan kayu, uang kuno, radio lawas, senjata kuno, perabot rumah tangga, wayang, jam dinding, cangkir, mesin ketik, telepon tua, dan masih banyak lagi yang lainnya.

16. Pandawa Water World Solo Baru

Tempat Wisata di Solo

Pandawa Water World Solo Baru terbilang destinasi wisata modern di tengah Kota Solo. Tempat wisata di Solo ini menawarkan sensasi wisata seru berupa wahana atau permainan air yang cocok dikunjungi oleh seluruh anggota keluarga, terutama anak-anak.

Ada banyak wahana anak ditawarkan di sini, mulai kolam renang luas, seluncuran, aneka permainan anak, dan ombak buatan. Yang membuat wisata ini unik dan begitu disukai wisatawan adalah tema dan konsep epos Mahabarata yang di usungnya.

Pandawa Water World juga memiliki koleksi patung-patung besar Pandawa lima. Harga tiket masuk ke objek wisata ini adalah Rp80.000 pada hari biasa, pada akhir pekan tiket dibanderol Rp100.000 per orang.

Baca juga: 15 Tempat Kuliner Khas Solo yang Harus Anda Kunjungi