10 Hidangan Kuliner Tradisional Bali yang Harus Anda Coba!


Kulinerasik.com - Budaya Bali adalah budaya yang rumit dan bulat dimanifestasikan di hampir setiap aspek kehidupan termasuk makanan.
Kuliner Tradisional Bali
Hidangan tradisional di Bali adalah bagian besar dari tradisinya beberapa diantaranya hampir sama tuanya dengan budaya itu sendiri. Ini adalah hidangan Kuliner Tradisional Bali yang dapat Anda kunjungi.

1. Sate

Sate dalam bahasa Indonesia pada dasarnya irisan panggang ayam, kambing, sapi, atau babi yang ditusuk pada batang ini adalah makanan tradisional yang dapat ditemukan wisatawan di hampir setiap kota di Indonesia. Setiap budaya memiliki pilihan dan variasi tersendiri pada hidangan klasik ini.

2. Babi Guling

Babi guling atau babi panggang Bali adalah salah satu indulgensi untuk dicoba di Bali daging babi hanya bisa dipanggang secara keseluruhan karena akan digulung jadi awalnya adalah hidangan komunal. Sering disajikan sebagai sajian saat pertunjukan budaya atau upacara sekarang babi guling juga bisa dinikmati di restoran.

3. Betutu

Legenda mengatakan bahwa betutu pernah menjadi makanan favorit para raja maka tidak mengherankan jika makanan disiapkan dengan cara yang begitu canggih. Seluruh ayam atau bebek sering dipilih sebagai bahan utama makanan ini yang kemudian akan diisi dengan campuran rempah-rempah yang rumit.

4. Lawar

Lawar dibuat dengan mencampurkan daging cincang dengan berbagai sayuran hijau dan parutan kelapa. Untuk dagingnya pilihannya adalah daging sapi, ayam, bebek, babi, kura-kura atau kombinasi dari semuanya.

5. Bubur Mengguh

Bubur Mengguh adalah bubur jenis tertentu yang berasal dari Buleleng Bali. Hidangan gurih ini merupakan makanan penting bagi orang Bali karena ini adalah salah satu sajian wajib yang harus disajikan di festival atau upacara tradisional.


6. Nasi Jinggo

Meskipun datang dalam porsi kecil nasi jinggo adalah bagian besar dari kehidupan sehari-hari lokal. Mereka mengatakan Anda dapat memasukkan porsi nasi jinggo di telapak tangan Anda dan tampaknya hampir benar terdiri dari nasi, sayuran, dan lauk serta bumbu yang dibungkus bersama di dalam daun pisang.

7. Nasi Tepeng

Nasi tepeng adalah masakan lokal Gianyar Bali. Meski populer dengan nama nasi tepeng teksturnya ada di suatu tempat antara beras dan bubur.

8. Urab

Banyak wisatawan akan menemukan makanan Bali mereka didominasi dengan daging terutama daging babi dan ayam tetapi orang-orang Bali juga tahu persis bagaimana cara mengolah sayuran mereka. Urab adalah salad sayuran tradisional dengan saus kelapa.

9. Tum

Turis dan penggemar kuliner dapat menemukan tum lezat yang dibungkus rapi dengan daun pisang. Makanan terdiri dari daging ayam atau sapi cincang disatukan dengan bumbu yang dihaluskan dan rempah-rempah.

10. Sambal Matah

Saus panas Bali yang lezat ini telah masuk ke restoran dan rumah tangga dari seluruh Indonesia Setiap budaya memiliki ciptaan mereka sendiri dari bumbu cabai tetapi sambal matah dicintai karena sensasi segar. Bawang merah bawang putih dan cabai yang merupakan bahan umum untuk saus panas Indonesia.

Demikialah beberapa ulasan yang dapat admin sampaikan terkait dengan 10 Hidangan Kuliner Tradisional Bali. Selamat berlibur.

Click to comment