Skip to main content

Kuliner Pedas Khas Nusantara yang Harus Kamu Cobain Deh!

Kulinerasik.com - Kuliner Nusantara memang terkenal akan bumbu rempah-rempahnya, tak heran jika bangsa asing pernah ingin menguasai Indonesia karena kekayaan rempah-rempahnya yang melimpah. Karena itulah banyak kuliner khas daerah di Indonesia yang terkenal akan rasa pedas dari bumbu merica dan lain sebagainya.

Kuliner Pedas Khas Nusantara


Indonesia terdiri dari berbagai daerah yang memiliki produk rempah-rempah yang melimpah. Karena itulah masakan dari setiap daerah memiliki ciri khas masing-masing. Pasalnya tiap daerah mempunyai ciri pedas yang berbeda, baik dari bumbu ataupun bahannya, tapi semua memiliki rasa yang sangat lezat dan nikmat. Nah, apa saja kuliner pedas khas Nusantara yang harus kamu coba? Simak yuk ulasannya!

1. Ayam Betutu Khas Bali

Ayam Betutu Khas Bali

Ayam Betutu memliki rasa yang pedas karena sambalnya yang beraneka ragam, mulai dari sambal matah dan sambal sero. Yang membuat kuliner ayam betutu terasa spesial adalah daging ayamnya yang empuk banget dan biasanya disajikan degan utuh. Dijamin membuat lidah semakin ketagihan.


2. Rica-rica Khas Manado

Rica-rica Khas Manado

Makanan rica-rica khas Manado ini memiliki cita rasa gurih dan segar, baunya juga harum karena dilengkapi daun kemangi pada bumbunya. Rasa pedanya dipadu dengan olahan daging ayam yang empuk membuat kuliner satu ini semakin populer.

3. Seblak Makanan Khas Jawa Barat

Seblak Khas Jawa Barat

Seblak adalah makanan khas dari Jawa Barat yang memiliki cita rasa gurih dan pedas. Seblak adalah makanan berkuah dan terbuat dari kerupuk basah yang dimasak dengan sayuran dan tambahan lain seperti ayam, makaroni, telur, sosis, hingga bakso. 

Bahan utamanya adalah kerupuk, cabai, kencur, bawang merah, bawang putih, gula, serta garam. Soal rasa pedasnya jangan ditanya lagi, bahkan ada yang sampai kelevel 10 pedasnya.

4. Penyetan Kuliner Khas Jawa Timur

Sego Sambel Mak Yeye

Jawa Timur memang terkenal akan makanan penyetannya, biasanya lauk seperti ikan pe, atau ayam, tahu dan tempe akan dipenyet lebih dulu agar sambalnya meresap kedalam lauknya dan menambah cita rasa pedasnya. Bagi sebagian orang Jawa Timur sendiri makanan pedas salah satu syarat untuk makanan yang disajikan. 

Tak heran kuliner Sego Sambel Iwak Pe Mak Yeye dan Sambel Njeber Mak Rukmini sangat digemari. Kata Penyet berasal dari bahasa Jawa yang berarti Gepeng, jadi makanan digepengkan lebih dulu bersama dengan sambel ulekan.


5. Mie Aceh Khas Medan

Mie Aceh Khas Medan

Mie Aceh mempunyai ciri khas dengan bentuk mie yang besar dan tebal. rasanya sangat pedas dan gurih. Ada dua varian mie Aceh yakni mie kuah dan kering. Untuk melengkapi nikmatnya menyantap mie Aceh, biasanya dicampur daging sapi atau kambing. Meskipun namanya Mie Aceh tapi makanan ini sangat populer di Medan.

Selalu lestarikan kuliner khas Nusantara ya!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->