Menyantap Kuliner Khas Bali, Ayam Betutu yang Rasanya Sangat Lezat dan Bikin Ketagihan!

Kulinerasik.com - Bali adalah surga dunia bagi para pelancong, baik lokal maupun Internasional. Hampir diseluruh Bali terdapat tempat wisata yang sangat menakjubkan, dan sayang banget untuk dilewati jika Anda berlibur ke Bali. Nah, jika berlibur ke Bali jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas Bali yang yang satu ini, yakni Ayam Betutu, makanan yang dibuat dari ayam atau bebek yang utuh yang diberi bumbu, lalu dipanggang dalam api sekam. Ayam Betutu biasanya disajikan pada upacara keagamaan bahkan turis mancanegara banyak yang menyukai hidangan yang satu ini.
Menyantap Kuliner Khas Bali, Ayam Betutu yang Rasanya Sangat Lezat dan Bikin Ketagihan!

Jika ingin mencicipi Ayam Betutu yang terkenal, ada baiknya kita mengunjungi salah satu produsen betutu yang terkenal ada di desa Melinggih, Kecamatam Payangan, Kabupaten Gianyar. Kata betutu sendiri berasal dari kata tunu yang berarti bakar dan dirangkai dengan kata be yang berarti daging. Kalau dijabarkan berarti betutu adalagh daging yang dibakar. Hidangan ayam betutu merupakan jenis lauk pauk yang dibuat dari daging ayam yang telah dibersihkan kemudian dibalurkan bumbu khas Bali yang dikenal dengan base genep di seluruh permukaan tubuh daging ayam dan sebagian lagi dimasukkan ke dalam dagingnya. Daging ayam yang sudah dibumbui tersebut kemudian direbus atau langsung dibakar sampai menghasilkan aroma yang khas. Ada dua pilihan untuk mencicipi kuliner ayam betutu,yaitu rebus dan goreng. Cara penyajiannya pun sangat kental nuansa Bali, dihidangkan dengan sambal khas betutu, kemudian dipadu dengan sambal sero, sambal matah,ditambah sayur dan kacang sebagai pelengkapnya. Dijamin "Jaan Gati" rasanya, dan membuat lidah bergetar karena rasa lezat dan pedasnya.


Bagi anda yang muslim, jangan khawatir karena banyak restoran ataupun warung yang menyajikannya secara halal, biasanya tertera tulisan "HALAL" di depannya. Mungkin yang menjadi kekurangan dari kuliner ini adalah tidak bisa tahan lama kalau disimpan. Betutu merupakan jenis makanan tradisional daerah Bali yang bahan mentahnya berupa daging utuh itik atau ayam. karena adanya pemanasan yang menyebabkan air dan lemak daging ikut menguap. Semakin banyak uap yang dihasilkan, semakin kuat dan enak aromanya. Inilah yang membuat Ayam Betutu sangat digemari semua wisatawan.

Gimana, sudah tertarik untuk mencoba kuliner khas Bali Ayam Betutu.

Click to comment