10 Makanan Khas Betawi yang Lezat dan Populer

Kulinerasik.com - Suku Betawi merupakan suku asli di Jakarta. Mulai dari budaya dan kulinernya memang sangat menarik untuk dibahas. Termasuk tradisi roti buaya dalam hajatan pernikahan sangat terkenal. Nah, kali ini admin akan mengulas tentang 10 Makanan Khas Betawi yang lezat dan Populer. Simak berikut dibawah ini:
10 Makanan Khas Betawi yang Lezat dan Populer
1. Semur Jengkol

Semur jengkol adalah makanan khas betawi yang sangat populer, jangan ngaku anak Betawi kalau tidak pernah mencoba makanan yang satu ini. Makanan Jengkol dimasak menjadi hidangan semur yang lezat. Cara menghilangkan baunya, jengkol di rendam dulu di air kapur atau air dari rebusan tangkai padi. 

2. Gado-gado

Gado-gado termasuk kuliner yang populer baik didalam negeri atau luar. Orang luar menyebutnya dengan sebutan ‘seladanya orang Indonesia’. Kuliner ini berisi lontong atau ketupat, sayuran, kerupuk dan bawang goreng. Disajikan pada saat sarapan, makan siang, ataupun makan malam.

3. Kerak Telor

Kerak telor selalu menjadi ikon pada saat acara Pekan Raya Jakarta. Isinya berupa ketan dan ubi, dan hampir mirip dengan martabak, perbedaanya terletak pada isi dan cara memuatnya. Cara memasaknya pun unik, yaitu dengan dipanaskan di atas tungku arang.


4. Nasi Uduk

Hidangan ini selain enak juga populer dimana-mana. Nasi uduk paling enak kalau dibuat menu sarapan. Makanan ini hampir mirip dengan nasi liwet, nasi uduk yang terbuat dari beras putih dimasak bumbu-bumbu. terdiri dari garam, santan, daun serai, daun salam, dan daun jeruk. Disajikan dengan telur dadar yang diiris, semur jengkol, ayam goreng, empal, kentang balado, dan sambal kacang.

5. Nasi Ulam

Nasi ulam juga makanan khas Betawi yang mendapat pengaruh dari budaya kuliner Cina. Nasi ulam disajikan memakai nasi pera yang disiram dengan semur kentang, semur tahu, semur telur, bisa juga dipadu dengan cumi asin goreng, bihun goreng, telur dadar iris, dan perkedel kentang. Atau ditambah dengan tambahan daun kemangi, sambal, bawang goreng, dan taburan kacang tanah tumbuk, semakinmebuat nikmat dan lezat rasanya.

6. Lontong Sayur

Ketupat sayur sangat pas disajikan waktu sarapan, dibuat dari irisan ketupat atau lontong dengan kuah santan yang gurih. bisa ditaburi dengan bawang goreng, kacang kedelai, dan kerupuk atau emping

7. Ketoprak

Ketoprak dibuat dari ketupat atau lontong yang berisi bihun, toge, dan tahu. Disajikan dengan disiram dan diaduk dengan sambal kacang. Ketoprak juga ditaburi dengan kerupuk. Makanan khas Betawi ini termasuk memang sangat enak. 

8. Laksa Betawi

Laksa merupakan jenis makanan sepinggan yang berkuah. Makanan ini berisi bihun, telur, perkedel, daun kemangi, dan daun kucai. Makanan laksa berasal dari daerah Cibinong yang kemudian merambah ke Jakarta dengan sebutan Laksa Betawi. Kuliner ini memiliki citarasa yang manis dan guri karena mendapat pengaruh dari Cina.

9. Pindang Bandeng

Pindang bandeng memang menyerupai semur tetapi ada penambahan belimbing wuluh didalamnya. Rasanya sangat lezat dan segar. Penyajiannya sama dengan nasi uduk, yakni disantap saat sarapan dan dimasak pada sore hari sebelumnya

10. Soto Betawi

Kuliner Soto Betawi berkuah santan dengan isian daging sapi, tomat, dan kentang. Rasanya sangat lezat dan enak. Ciri khas daging soto betawi terasa empuk, dan kuahnya terasa gurih. Biasanya disajikan dengan nasi putih saat makan siang.


Sempatkan waktu anda untuk berkuliner asik di Jakarta, dengan mencoba salah satu kuliner khas Betawi yang lezat dan enak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel