Nikmati 15 Makanan Khas Sunda yang Lezat dan Wajib Dicoba


Kulinerasik.com - Kuliner di Indonesia beragam rasanya dan mempunyai cita rasa yang khas pula. Salah satunya adalah masakan khas Sunda. Suku yang menempati bagian Barat pulau Jawa ini memiliki kuliner khas yang lezat dan cita rasa sendiri, yang menggambarkan daerah Sunda. Ada banyak Kuliner Khas Sunda yang sangat lezat dan wajib kamu coba, salah satunya ada 15 Makanan Khas Sunda yang akan kami ulas dibawah ini.
Makanan Khas Sunda yang Lezat dan Wajib Dicoba
1. Karedok

Karedok adalah makanan khas Sunda yang disajikan dengan sayur-sayuran mentah, dan ditambahkan siraman bumbu kacang yang melimpah. Juga dilengkapi dengan tambahan kerupuk bawang di atasnya.

2. Lotek

Lotek makanan yang hampir sama dengan Karedok. Yakni sama-sama menggunakan bumbu kacang dan kerupuk, Lotek lebih menyajikan sayur-sayuran rebus seperti bayam, kapri, dan kacang panjang. Lebih enak bila dsantap bersama lontong, nasi, ataupun mie.

3. Empal Gentong

Empal Gentong berbeda dari empal lainnya, dimasak dengan menggunakan kayu bakar dan gentong. Bahan utamanya berupa daging, usus, dan babat sapi. Disajikan dengan nasi atau lontong, dan kucai. Terasa lebih nikmat jika disantap dengan kuah santan.

4. Kupat Tahu

Kupat Tahu berasal dari Magelang, Suraparta, dan Singaparna. Dari tampilannya makanan khas Sunda ini sangat mirip dengan Tahu Gimbal dari kota Semarang. Cara penyajiannya, kupat dan tahu dipotong-potong dan disajikan dengan kol, tauge, dan seledri kemudian semuanya diguyur oleh bumbu kacang. Bumbu kacang halus atau bumbu kacang kasar.

5. Nasi Liwet

Nasi Liwet termasuk kuliner khas yang banyak kita temui ditanah Sunda, apalagi saat momen hajatan atau kumpul-kumpul. Nasi Liwet biasanya disajikan dengan tambahan ikan teri, daun serai, tahu, dan juga ayam goreng. Yang membuat cita rasa unik dari kuliner ini adalah rasa nasinya yang sedikit manis dan kental dengan wangi santen kelapa kental.

6. Nasi Timbel

Nasi Timbel sekilas hampir mirip dengan Nasi Liwet, yang membedakan hanya, Nasi Timbel cara membungkusnya dengan daun pisang. Dan disajikan dengan menambahkan sayur asam ataupun ikan asin.

7. Nasi Tutug Oncom

Kalau kuliner khas satu ini memang masih asing ditelinga kita. Nasi Tutug Oncom kuliner yang berasal dari Tasikmalaya, merupakan campuran dari nasi dan juga olahan kedelai alias oncom. Disajikan dengan tambahan ikan asin, daun pisang, jeruk nipis, ataupun tempe, semakin istimewa ditambah dengan sambal hijaunya.

8. Geco

Geco atau Tauge Tauco, makanan khas Sunda ini menggunakan bahan dasar tauge yang kemudian disiram dengan tauco. Disajikan dengan irisan ketupat, kentang, tahu, telur, dan juga cuka lahang yang dibuat dari nira.

9. Surabi

Surabi adalah makanan yang bahan dasarnya menggunakan tepung beras dan santan. Jajanan tradisional Sunda ini menjadi favorit semua orang. Dulu, Surabi hanya disajikan dengan tambahan irisan kelapa, tapi sekarang sudah banyak yang mencampurkan Surabi dengan toping coklat, vanila, dan lain-lain.

10. Tahu Sumedang

Kuliner khas Sunda yang juga sangat populer didaerah lainnya adalah Tahu Sumedang. Tahu Sumedang mempunyai cita rasa yang khas. Rasa kulitnya yang renyah dan kering bercampur dengan tekstur dalamnya yang sangat lembut ketika dimakan. Biasanya disantap ketika masih hangat dan dicocol dengan saus kecap atau saus tomat. Hmmm, membuat rasanya semakin nikmat.

11. Tahu Gejrot

Tahu Gejrot berasal dari Cirebon. Biasanya, Tahu Gejrot disantap dengan kuah pedas. Tahu Gejrot mempunyai isi yang agak kosong, berbeda dengan tahu Sumedang, tujuannya adalah supaya kuah dan bumbu-bumbu cair lainnya dapat terserap ke dalam tahu lebih cepat.

12. Combro

Combro merupakan singkatan dari ‘oncom di jero’ dalam bahasa Jawa adalah sebuah makanan khas Jawa Barat dengan bahan utamanya adalah singkong. Combro terbuat dari serpihan singkong dengan sambal oncom di dalamnya, dibuat dengan bawang merah dan bawang putih, serta tambahan cabe rawit dan cabe merah. membuat rasanya menjadi terasa pedas dan manis.

13. Mie Kocok

Mie Kocok sangat populer dan menjadi makanan khas Sunda yang favorit di Bandung. Mie Kocok dibuat menggunakan mie pipih telur dengan kuah kaldu dan kikil.

14. Sate Maranggi

Sate Maranggi juga merupakan makanan Sunda yang terkenal. Sate Maranggi yang berbahan dasar daging sapi atau ayam ini sebenarnya mempunyai asal usul yang cukup menarik. Dulunya Sate Maranggi adalah makanan asing dari para pendatang China yang menetap di Indonesia. Daging yang awalnya digunakan pun adalah daging babi. Makanan ini juga mempunyai cita rasa yang khas karena cara memasaknya. Daging biasanya direndam di bumbu sebelum dibakar.

15. Peuyeum

Peuyeum adalah jajanan dari hasil fermentasi. Peuyeum bersifat lebih tahan lama karena tidak banyak air didalamnya, berbeda dengan Tapai Singkong. Makanan khas Sunda ini terbuat dari singkong yang sudah dipotong dan direndam sampai setengah matang.

Click to comment