Apa Saja Makanan Sehat yang Perlu Kamu Ketahui untuk Dikonsumsi Tiap Hari

Kulinerasik.com - Banyaknya makanan cepat saji sekarang, kadang membuat kita lupa akan manfaat kesehatannya bagi tubuh kita. Makanan sehat sering pula dianggap tidak enak, Pasalnya, kebanyakan makanan sehat selalu disajikan hanya dengan sayuran saja, yang belum tentu menggugah selera kita untuk menyantapnya. Padahal ada banyak jenis makanan sehat yang rasanya tak kalah lezat, namun sering dilupakan. Sedangkan manfaat mengkonsumsi makanan sehat adalah melindungi diri dari ancaman penyakit kronis.
Makanan Sehat yang Perlu Kamu ketahui untuk Dikonsumsi Tiap Hari.
Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan untuk menjalani pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang sehat pula.

Kenali Dulu Jenis Makanan yang Perlu dihindari

Sebelum mengkonsumsi makanan sehat, satu hal yang perlu anda perhatikan adalah kenali makanan yang sebaiknya dihindari karena dapat mengganggu kesehatan tubuh kita.

Langkah awal adalah, hindari makanan dan minuman yang banyak mengandung gula. Apabila terlalu sering dikonsumsi dalam jumlah besar, dapat memicu terjadinya resistensi insulin di tubuh dan menyebabkan berbagai penyakit serius, seperti diabetes dan penyakit jantung.

Selanjutnya, jangan terlalu sering mengkonsumsi makanan cepat saji atau junkfood, seperti kentang goreng, ayam goreng, dan keripik. Makanan ini memiliki kalori tinggi, tetapi nilai nutrisinya sangat sedikt. Hindari juga makanan cepat saji yang berlebihan dimalam hari.

Yang paling utama, hindarilah makanan dan minuman yang tidak sehat, seperti permen, es krim, daging olahan, dan keju olahan. Karena efek yang ditimbulkan makanan yang tidak sehat sangat buruk bagi tubuh kita.

Pilihan Makanan Sehat

Makanan sehat biasanya mengandung banyak nutrisi dalam jumlah yang cukup, didalamnya terdapat vitamin dan mineral. Sayuran hijau ada di urutan pertama dalam jenis makanan sehat karena kandungan nutrisi yang lengkap. Banyak sekali jenis sayuran hijau yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi, seperti sawi hijau, brokoli, dan bayam dengan kandungan serat yang tinggi.

Buah-buahan juga sangat baik dan penting dikonsumsi karena mengandung banyak vitamin. Diantara buah-buahan yang baik untuk dikonsumsi dan kaya akan nutrisi adalah:
  • Apel, karena banyak mengandung serat, vitamin C,
  • Jeruk, yang tinggi kandungan vitamin C.
  • Alpukat, yang mengandung lemak sehat, kalium dan vitamin C.
  • Pisang, sebagai salah satu sumber kalium.
  • Strawberry yang rendah kalori, juga kaya akan antioksidan dan serat.

Selain konsumsi buah-buahan dan sayuran yang harus kamu konsumsi, ada makanan sehat utama lain yang harus kamu konsumsi.

Daging dan Telur

Daging dan telur banyak mengandung nutrisi. Daging sapi tanpa lemak merupakan sumber protein dan kaya akan zat besi yang tinggi. Telur termasuk sebagai salah satu bahan makanan paling bergizi karena kaya protein, telur juga memiliki kandungan nutrisi yang lengkap mulai dari vitamin, mineral, lemak tak jenuh, hingga zat antioksidan.

Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Termasuk jenis makanan sehat yang renyah dan kaya akan nutrisi, termasuk magnesium dan vitamin E.
Ikan dan Makanan Laut lainnya

Ikan laut mengandung kaya asam lemak omega-3 dan yodium. Yang memiliki fungsi sebagai imun untuk tubuh kita. Penelitian menunjukkan, orang yang sering makan ikan lautcenderung lebih panjang umur dan memiliki risiko lebih rendah terhadap banyak penyakit, termasuk penyakit jantung.

Susu

Meminum susu akan sangat bermanfaat bagi tubuh kita, karena sangat tinggi vitamin, mineral, protein hewani berkualitas dan lemak sehat. Susu juga merupakan salah satu sumber kalsium.

Mulai sekarang mulailah mengonsumsi makanan sehat yang seimbang, demi menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh kita. Perbanyak untuk meminum air putih, olahraga yang teratur juga dianjurkan. Ditambah dengan istirahat yang cukup agar kekebalan tubuh kita tetap terjaga. Mulailah menjalani pola hidup yang sehat dengan makanan yang sehat pula.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel