Jika Berlibur ke Aceh, Jangan Lupa Coba 10 Kuliner Lezat Ini

Kulinerasik.com - Kota Aceh yang disebut juga sebagai Kota “Serambi Mekah” mempunyai banyak pesona, mulai dari adat istiadatnya, Kopi Gayonya yang melegenda sampai ke antero nusantara. Dan masih banyak lagi yang unik untuk dibahas.
Jika Berlibur ke Aceh, Jangan Lupa Coba 10 Kuliner Lezat Ini
Kota yang di Indonesia sudah menerapkan perda syariat Islam ini juga mempunyai kuliner lezat yang harus kamu kunjungi. Simak ulasannya berikut ini:

Baca juga: Tempat Wisata Favorit di Aceh yang Harus Kamu Kunjungi

1. Kopi Sanger

Kopi Aceh memang sangat terkenal enak hampir diseluruh Indonesia. Dengan citarasa biji kopinya yang mantab. Termasuk dengan Kopi Sanger, kopi yang dibuat dari campuran kopi hitam dari biji kopi robusta ataupun arabika dengan susu kental manis yang dicampur gula. Kopi ini lalu dikocok hingga berbuih. Rasa kopinya lembut, dengan citarasa khas kopi Aceh yang legit.

2. Ayam Tangkap

Ayam Tangkap digoreng dengan berbagai macam rempah dan bumbu, seperti daun temurui, bawang merah, bawang putih dan cabai hijau. Disajikan dengan bumbu kecap dan nasi yang hangat. Harganya Rp 60.000 per ekor. Biasanya disajikan untuk 4-5 orang..

3. Mie Aceh

Mie Aceh dimasak dengan berbagai macam rempah yang menggugah selera makan. Disajikan dengan berbagai macam isi seperti kepiting, cumi-cumi, udang atau jamur. Harganya per porsi mulai Rp 12.000 per piring.

4. Gule Plik U

Kuliner ini adalah berbagai jenis sayuran segar yang dicampur dan dimasak dengan bumbu khusus. Gule Plik U adalah kelapa yang sudah difermentasi. Harganya pun sangat bersahabat, yakni Rp 8.000 per porsi.

5. Gule Kambing

Gule kambing disini adalah daging kambing yang empuk dimasak dengan potongan nangka muda. Memiliki rasa yang unik dan menggugah selera.  Disajikan dengan minuman timun serut (I Boh Timon). Air timun ini juga berfungsi sebagai penangkal agar tidak terjadi darah tinggi. Harga per porsinya mulai Rp 12.000.

6. Daging Masak Putih (Sie Reboh Puteh)

Kuliner daging sapi yang direbus dengan santan dan bumbu lainnya ini memiliki rasa yang unik. Selain karena dagingnya yang empuk, rasa manisnya membuat makanan ini digemari anak-anak dan orang dewasa yang tidak menyukai masakan yang pedas dan asin. Harganya mulai Rp. 8.000 per porsi.

7. Martabak Telur Aceh

Martabak Telur Aceh terbuat dari tepung terigu yang ditutui dengan telur yang sudah dicampur dengan berbagai jenis sayur yang telah dipotong kecil-kecil. Disajikan dengan acar bawang merah dan cabe rawit. Yang membuat unik, alat masak yang digunakan berbentuk petak dan datar. Harganya mulai Rp 7.000 per porsi.

8. Ikan Kayu

Ikan kayu atau orang Aceh menyebutnya “Eungkot Keumamah”, sudah terkenal sejak masa peperangan di Aceh. Ikan yang dikeringkan ini sangat lezat bila dimasak dengan gulai Aceh. Uniknya, ikan ini bisa bertahan hingga bertahun-tahun. Karena itu juga makanan ini menjadi favorit orang Aceh ketika perang. Harga per kemasan mulai Rp 20.000.

9. Roti Canai

Cara membuat Roti Canai, yakni tepung terigu yang sudah dibentuk bulat dimasak dengan menggunakan mentega. Biasanya disajikan dengan berbagai macam rasa seperti durian, kari ayam, kari kambing, cokelat ataupun hanya gula pasir. Harganya mulai Rp 8.000 per porsi.

10. Sate Matang

Sate Matang terkenal karena citarasa dagingnya yang empuk, karinya yang lezat dan bumbu kacangnya yang gurih. Harganya mulai dari Rp 20.000 per porsi.

Click to comment