Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Tempat Wisata Favorit di Aceh yang Harus Kamu Kunjungi

Kulinerasik.com - Selain kulinernya yang lezat dan legendaris yang sudah dibahas diartikel sebelumnya. Kota Aceh juga memiliki potensi wisata alam yang luar biasa indahnya, tidak mengherankan jika banyak wisatawan yang menjadikan Aceh sebagai salah satu destinasi wisata favorit saat liburan tiba.
8 Tempat Wisata Favorit di Aceh yang Harus Kamu Kunjungi
Keindahan pantainya, pulau, air terjun, dan pegunungan di Aceh memang sangat menggoda untuk dikunjungi . Berikut ini adalah 8 tempat wisata favorit di Aceh yang harus dikunjungi:

1. Museum Tsunami

Bencana tsunami di tahun 2004 adalah salah satu alas an dibangunnya Mesuem Tsunami. Kamu bisa menjelajahi didalamnya terdapat beberapa ruangan yang menggambarkan betapa dahsyatnya bencana tsunami yang terjadi pada saat itu, antara lain:

Ruang kenangan

Terdapat kenangan terjadinya tsunami pada 26 layar monitor yang menggambarkan tanggal terjadinya tsunami, yaitu pada 26 Desember 2004. Setiap monitor akan menampilkan foto para korban tsunami dalam bentuk slide.

Lorong Tsunami

Lorong yang disebut sebagai space of fear yang menggambarkan bagaimana rasa ketakutan yang dialami oleh masyarakat Aceh saat tsunami melanda. Di lorong ini, kamu dapat mendengar kembali suara gemuruh air dan kucuran air sebagai gambaran ketika tsunami datang. Cahaya lorong yang bernuansa remang dan gelap membuat suasana pun semakin mencekam.

Sumur Do’a

Tinggi ruangannya mencapai 30 meter, terdapat lebih dari 2000 nama para korban tsunami berbentuk slider. Ruangan ini menyimpan makna filosofi dimana kamu diajak untuk mendo’akan para korban bencana tsunami menurut agama dan keyakinannya masing-masing.

Lokasinya berada di Jalan Iskandar Muda No 3, Sukaramai, Baiturrahman, Kota Banda Aceh.

2. Rumah Cut Nyak Dien

Tokok wanita yang satu ini sudah dijadikan sebagai salah satu pahlawan wanita yang berjuang melawan penjajahan Belanda. Nah, untuk mengenang jasanya dibuatlah Rumah Cut Nyak Dien. Berkunjung kesini juga bisa menjadi media untuk memupuk rasa cinta tanah air dan meneladani sikap patriotisme para pahlawan yang begitu tinggi. Tempat wisata ini merupakan replika dari rumah Cut Nyak Dien yang telah terbakar di tahun 1896. Lokasinya berada di Desa Lampisang, Kecamatan Peukan Bada, Aceh Besar.

3. Tugu Nol Kilometer

Tugu Nol Kilometer adalah tempat yang instagrammable banget, karena latar belakang tugunya yang ikonik. Tugu ini disebut sebagai titik nol di Indonesia, lokasinya berada di Desa Iboih Ujong Ba’u, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Pulau Weh, Aceh.

Baca juga: Jika Berlibur ke Aceh Jangan Lupa Coba 10 Kuliner Lezat Ini

4. Masjid Raya Baiturrahman

Masjid yang didirikan sejak tahun 1612 oleh Sultan Iskandar Muda ini dikelilingi oleh tujuh menara dengan masing-masing kubah hitam di atasnya. Terdapat kolam besar dengan pancuran layaknya Taj Mahal India di halaman depan semakin membuat masjid ini terlihat indah dan menakjubkan.

Situs Huffington Post menempatkan masjid ini sebagai salah satu masjid terindah dari daftar 100 masjid terindah di dunia. Masjid ini harus kamu masukkan kedaftar list kunjungan kamu. Salah satu tempat wisata religi yang menarik untuk dikunjungi . Masjid ini menjadi saksi ketika bencana dahsyat tsunami datang menghantam kota Aceh.

5. Pusat Latihan Gajah Saree

Aceh juga mempunyai pusat latihan gajah yang terletak di Kabupaten Aceh Besar. Saat ini Pusat Latihan Gajah Saree digunakan untuk melatih gajah-gajah untuk menghalau gajah liar yang ada di sekitar kawasan hutan. Sekarang ini, gajah juga dilatih untuk bermain sepakbola sebagai bentuk hiburan bagi wisatawan.

Dulu pada masa kerajaan Aceh di bawah kepemimpinan Sultan Iskandar Muda ada sekitar 40.000 pasukan gajah yang terlatih untuk keperluan militer.

6. Rumah Tradisional Aceh

Rumah tradisonal Aceh atau disebut juga Rumoh Aceh. Rumah adat ini mempunyai konsep rumah panggung dengan 3 bagian utama dan 1 bagian tambahan. Tiga bagian utama dari rumah Aceh disebut Seuramoë Keuë atau serambi depan, Seuramoë Teungoh atau serambi tengah, dan Seuramoë Likôt atau serambi belakang. Sedangkan 1 bagian tambahannya yaitu Rumoh Dapu atau rumah dapur. Dulu atap rumahnya difungsikan sebagai tempat penyimpanan pusaka keluarga. Lokasinya di Museum aceh. Kota Banda Aceh.

7. Pulau Mincau

Pulau Mincau pulau memiliki keindahan yang sangat memanjakan mata, pulau yang berada di Teupah Barat, Simeulue, Aceh ini pesonanya sudah merebak ke segala penjuru dunia. Pantainya yang cantik, memiliki pasir putih yang sangat bersih dan memanjakan mata. Air lautnya jernih berwarna biru dengan gradasi yang mampu meluluhkan hati. Di Pulau ini, para wisatawan dapat menikmati keindahannya dengan menyelami airnya yang jernih dan bersih, bermain selancar. Lokasinya di Simeulue, Aceh.

8. Pantai Lhoknga

Pantai Lhoknga termasuk destinasi di Aceh yang sangat favoritkarena keindahannya. Yang menarik dari pantai ini adalah pantainya yang berwarna biru dan hijau toska. Lokasinya cukup dekat dengan Kota Aceh, hanya sekitar 20 km.

Masih banyak tempat-tempat wisata di Aceh yang harus dikunjungi karena keindahannya, lain kali akan admin ulas pada artikel selanjutnya.

Posting Komentar untuk "8 Tempat Wisata Favorit di Aceh yang Harus Kamu Kunjungi"