Minum Kopi Rutin Tiap Hari Baik untuk Jantung Lho!

Kulinerasik.com - Minum kopi memang sudah menjadi kebiasan bagi hampir semua orang. Citarasa kafeinnya memang bisa membuat candu, bagi sebagian orang ada yang mengalami pusing kepala jika sehari telat minum kopi. Nah buat pecinta kopi, manfaat kopi tak hanya buat mata melek, tetapi juga berdampak baik bagi kesehatan, terutama jantung. Baru-baru ini penelitian yang dilakukan di Brasil, mengungkapkan, minum setidaknya tiga cangkir kopi setiap hari, bisa membantu menurunkan risiko seseorang terkena penyakit jantung.
Minum Kopi Rutin Tiap Hari Baik untuk Jantung Lho!
Kopi adalah minuman hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk Kopi merupakan salah satu komoditas di dunia yang dibudidayakan lebih dari 50 negara. Dua varietas pohon kopi yang dikenal secara umum yaitu Kopi Robusta (Coffea canephora) dan Kopi Arabika (Coffea arabica).Pemrosesan kopi sebelum dapat diminum melalui proses panjang yaitu dari pemanenan biji kopi yang telah matang baik dengan cara mesin maupun dengan tangan kemudian dilakukan pemrosesan biji kopi dan pengeringan sebelum menjadi kopi gelondong. Proses selanjutnya yaitu penyangraian dengan tingkat derajat yang bervariasi. Setelah penyangraian biji kopi digiling atau dihaluskan menjadi bubuk kopi sebelum kopi dapat diminum. Sumber Wikipedia 
Menurut penelitian tersebut, penikmat kopi memiliki risiko yang kecil mendapat serangan jantung ataupun stroke. Kebiasaan mengonsumsi kopi lebih dari tiga cangkir dapat menurunkan kemungkinan kalsifikasi koroner. Atau istilah lain meminum tiga cangkir sehari menghentikan pembentukan kalsium yang dapat menyebabkan serangan jantung. Karena penyakit jantung masih menjadi penyebab utama kematian di seluruh dunia. 

New York Post melakukan penelitian yang dipublikasikan di Journal of American Heart Association, mereka mengamati lebih dari 4.400 orang yang tinggal di Sao Paulo. Para peneliti bertanya kemudian tentang kebiasaan minum kopi peserta, dan mengambil riwayat jantung yang spesifik, mencari penumpukan kalsium di arteri coroner yang memasok darah ke jantung. Penumpukan kalsium dapat menyebabkan pembuluh darah menyempit, sehingga lebih sulit untuk darah mencapai jantung. Jika kemudian ada yang patah sepotong dan menghalangi arteri, penyumbatan itu dapat memicu serangan jantung. 

Mulai sekarang jangan ragu untuk minum kopi rutin tiap hari ya! Karena minum kopi lebih dari 3 cangkir memang baik untuk kesehatan jantung kita.

Click to comment