Skip to main content

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga yang Baik dan Benar

Kuliner Asik, Apabila Anda sering mengalami kesulitan untuk mengatur keuangan dengan baik. Maka, pada artikel kali ini akan dijelasakan contoh mengatur keuangan rumah tangga yang baik dan benar.  

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga yang Baik dan Benar

Cara mengatur keuangan rumah tangga yang baik dan benar merupakan salah satu hal yang perlu Anda ketahui. Salah satunya untuk kontrol dan juga pemenuhan kebutuhan sehari-hari dengan bijak. Namun tidak semua orang paham dengan langkah-langkahnya.

Bagaimana Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga yang Baik dan Benar?

Mengatur keuangan rumah tangga merupakan salah satu hal penting yang perlu Anda lakukan, hal ini bertujuan untuk menyeimbangkan pemasukan dan pengeluaran. Artinya jangan sampai besar pasak daripada tiang. Lalu bagaimana cara mengaturnya?

1. Membeli Barang yang Masih Layak

Barang bekas tidak menjamin kualitasnya buruk, Anda bisa memilihnya agar dapat berhemat. Usahakan membelinya pada penyedia terpercaya untuk menjamin kualitasnya. Ada baiknya survey terlebih dahulu pada beberapa toko. Sebab, setiap jenisnya biasanya dijual terpisah sehingga akan lebih mudah.

Perlengkapan yang sering dijual dalam keadaan bekas adha elektronik, seperti TV, ponsel, radio, dan lainnya. Oleh karena itu pastikan kualitasnya masih bagus, sebenarnya masih terdapat manfaat lainnya, misalnya saja pilih yang lebih ramah lingkungan.

2. Miliki Asuransi

Asuransi merupakan jaminan keamanan untuk berbagai hal bisa jiwa, harta, rumah, pendidikan, dan sebagainya. Beragam pilihan harga sudah tersedia si sana dengan tujuan untuk meminimalisir pembengkakan tagihan saat terjadi hal tidak diinginkan.

Namun usahakan untuk memilih penyedia jasa asuransi terpercaya, bagi Anda yang ingin lebih Islami dapat menggunakan yang berbasis syariah. Tentu setiap jenisnya memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri sehingga tentukan sesuai kebutuhan serta layanan yang Anda inginkan.

3. Jangan Tunda Membayar Semua Kewajiban

Awal bulan merupakan waktu tepat untuk berbelanja dan membayar tanggungan, bahkan bisa meminimalisir jika tanggal tua memiliki sisa uang sedikit. Jika semua sudah diselesaikan, pengelolaan dana untuk belanja sehari-hari tentunya jauh lebih mudah serta mengefisiensikan waktu.

Namun jika menunda membayarkan kewajiban dapat menimbulkan masalah baru. Misalnya saja, jika uangnya sudah habis maka akan menunggak atau malah harus meminjam pada orang lain. Jika perlu catat pada buku kecil supaya tidak terlupa di kemudian hari.

4. Lakukan Menabung dan Investasi

Kemajuan perkembangan zaman saat ini membuka banyak peluang besar. Investasi, jual beli saham, menjadi seorang trader, dan sebagainya bisa menjadi pilihan untuk mendapatkan tambahan penghasilan. Selain itu juga mendapatkan pengalaman lebih agar dapat mengalokasikan dana dengan baik.

Sisihkan uang belanja setiap harinya jika masih tersisa baik sedikit atau banyak. Namun usahakan untuk menaruhnya di tempat penyimpanan yang aman dan sulit untuk dibuka. Memang mengatur keuangan merupakan salah satu hal rumit, namun perlu untuk dilakukan agar semuanya lebih tertata.

5. Pangkas Kebutuhan yang Tidak Penting

Cara mengatur keuangan rumah tangga yang baik dan benar satu ini sangat diperlukan, karena banyak orang membeli kebutuhan namun belum dibutuhkan. Tentunya hal tersebut membuat beberapa kerugian karena pengeluaran yang seharusnya dapat ditabung atau dibelanjakan kebutuhan pokok akan habis.

Melakukan kegiatan belanja adalah hal menyenangkan, namun seringkali membuat seseorang membeli terlalu berlebihan. Cara yang bisa diterapkan adalah dengan menyusun anggaran keuangan yang realistis. Salah satu keuntungannya yaitu dapat menyisihkan untuk kebutuhan lainnya.

6. Mengetahui Detail Pemasukan dan Pengeluaran

Pemasukan dan pengeluaran sangat perlu untuk selalu dicatat pada sebuah kertas agar nantinya tidak terjadi pembengkakan pengeluaran. Wanita sering diidentikkan dengan jiwa belanjanya yang sedikit lebih daripada laki-laki, sehingga jika hal tersebut terjadi maka sudah memiliki rencana penanggulannya.

Saat menerima gaji bulanan, catatlah berapa jumlahnya, kemudian atur sesuai dengan kebutuhan. Utamakan membeli kebutuhan primer terlebih dahulu agar tidak membuang dana pada hal yang kurang perlu. Penting Anda perhatikan jangan sampai terlalu menghemat selalu lakukan dengan seperlunya.

7. Kurangi Naik Kendaraan Bermotor

Kendaraan bermotor dapat berjalan jika diisi BBM. Inilah mengapa tindakan tersebut dapat menambah banyak pengeluaran. Agar dapat menghemat jika jarak menuju tempat dengan jarak dekat, maka berjalan kaki atau menggunakan sepeda kayuh menjadi solusi paling bijak untuk berhemat.

Selain itu, terdapat manfaat lainnya yaitu mengurangi polusi udara. Terutama saat ini bumi sudah mengalami global warming yaitu kondisi dimana suhu udara semakin panas. Anda juga bisa menggunakan fasilitas umum seperti bus atau kereta api yang dinilai lebih terjangkau.

8. Mencari Penghasilan Tambahan

Mendapatkan penghasilan tambahan bisa dilakukan dengan beberapa cara. Misalnya saja menjadi dropshipper, menjual pulsa, catering, dan masih lagi. Anda bisa mempromosikannya bak secara online maupun offline dan tetapkan harga yang tidak terlalu mahal serta ciptakan keunikan di dalamnya.

Jika Anda ingin jual beli online atau kering usahakan memilih produk yang banyak digemari oleh masyarakat saat ini, serta tentukan target market yang potensial. Tujuannya adalah agar produk tersebut lebih tepat sasaran, namun pastikan sudah mempersiapkan semua dengan baik dari modal dan lainnya.

9. Rencanakan Daftar Belanja

Menulis daftar belanjaan perlu Anda lakukan setiap akan belanja mingguan atau bulanan. Langkah ini tentunya memiliki banyak keuntungan, misalnya agar di supermarket tidak terlalu lama sehingga dapat menghemat pengeluaran. Namun usahakan untuk memilih harga standar dengan kualitas bagus.

Merencanakan pembelanjaan sendiri sangat efisien terutama jika melakukan kegiatan tersebut dalam jumlah grosir. Tujuannya agar harga jauh lebih murah sehingga Anda dapat menghemat pengeluaran untuk membeli beberapa benda pentung lainnya.

10. Kurangi Kebiasaan Makan di Luar

Makanan di luar merupakan salah satu hal yang kurang baik jika dilakukan setiap harinya. Selain lebih banyak pengeluaran juga kesehatan kurang terjamin karena bahan yang digunakan belum tentu seimbang dan berkualitas bagus. Sebab minimal harga 1 porsi makanan yaitu Rp. 10.000,-.

Keuntungan lainnya adalah kegiatan memasak di rumah dapat membuat kedekatan antar keluarga satu sama lain. Sebelumya pastikan sudah mempersiapkan kebutuhan, seimbangkan dengan kebutuhan nutrisi tubuh selain itu terapkan 4 sehat 5 sempurna setiap harinya.

11. Gunakan Kupon Diskon atau Promo

Beberapa toko mengeluarkan diskon untuk menarik minat pelanggannya, biasanya pada hari-hari tertentu misalnya Idul Fitri, libur nasional, natal, dan tahun baru. Bahkan, terkadang Anda juga bisa berbelanja di marketplace karena banyak potongan harga.

Jika ingin berbelanja secara offline Anda bisa mengunjungi tempat supermarket yang menyediakan berbagai jenis kebutuhan. Selain itu biasanya menjadi member sebuah toko agar bisa potongan harga dibanding pelanggan umum lainnya.

12. Batasi Uang Jajan Anak

Meskipun bukan nominal yang besar, nyatanya uang jajan anak juga memiliki andil yang cukup besar bagi pengeluaran Anda. Usahakan memberi uang jajan kepada mereka dengan nominal seminimal mungkin. 

Berikan batasan maksimal yaitu sekitar Rp. 5.000-10.000,- saja. Hal ini juga membantu supaya anak terbiasa hidup dengan tidak boros, aplagi di tengah kondisi pandemi saat ini.

Baca juga: 7 Tips Sehat Ibu Hamil Muda Agar Janin Sehat

Kesimpulan

Cara mengatur keuangan rumah tangga yang baik dan benar tersebut sebaiknya Anda lakukan untuk membuat pengeluaran semakin hemat. Meski terlihat sederhana, namun tetap perhatikan cara penerapannya. 

FAQ's:

A. Langkah langkah yang terbaik dalam mengelola keuangan di rumah tangga?

Jurus jitu hemat mengelola keuangan rumah tangga yang bisa ditiru:
  • Tahu Detil Pemasukan dan Pengeluaran.
  • Pangkas Kebutuhan Tidak Penting. 
  • Jangan Tunda membayar Semua Kewajiban. 
  • Menabung dan Investasi. 
  • Miliki Asuransi. 
  • Buat Daftar Belanja Bulanan. 
  • Kurangi Kebiasaan Jajan.

B. Bagaimana cara mengatur keuangan agar tidak boros?

8 Cara Menghemat Uang Agar Tidak Boros
  • Tentukan Pendapatan dan Pengeluaran. 
  • Atur Tabungan Berencana. 
  • Jangan Konsumtif. 
  • Investasi dan Menabung. 
  • Menjaga Kesehatan. 
  • Jangan Gunakan Kartu Kredit Secara Berlebihan. 
  • Gunakan Transportasi Umum. 
  • Hindari Godaan.

C. Bagaimana cara mengatur keuangan dengan gaji 1 juta?

Tips Mengelola Gaji 1 Juta yang Bisa Anda Coba
  • Bergabung Sebagai Peserta Asuransi Kesehatan di Kelas Menengah. 
  • Menetapkan Target Pribadi. 
  • Memilih Investasi yang Tepat. 
  • Berpikir Ulang Untuk Memenuhi Keinginan dan Hobi. 
  • Memenuhi Kebutuhan dan Keinginan Saat Ada Diskon. 
  • Memiliki 2 Tabungan Berbeda.

D. Gimana caranya biar bisa menabung?

5 tips menabung yang bisa Anda coba.
  • Bayar kebutuhan rutin. Sekecil apapun penghasilan yang Anda terima ketika kondisi keuangan lesu, usahakan untuk langsung menyisihkan 10% untuk menabung. 
  • Tutup utang mendesak sesuai kemampuan. 
  • Tekan biaya bulanan. 
  • Kelola aset.
  • Tetap disiplin menabung.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Copyright©2022 Kuliner Asik