√ 15 Obyek Wisata di Kediri yang Wajib Anda Kunjungi

Kulinerasik.com - Kabupaten Kediri salah satu Provinsi di Jawa Timur yang menjadi kota terbesar ketiga, setelah Surabaya dan Malang. Kota yang identik dengan peninggalan kerajaan ini juga terkenal dengan kampung Inggris-nya di Pare. Kediri juga merupakan pusat perdagangan utama untuk gula dan industri rokok terbesar yang ada di Indonesia. 

Gudang Garam memang menjadi ikon di kota Kediri saat ini. Kota ini ternyata juga memiliki banyak obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari wisata alam, sejarah, budaya, hingga wisata kulinernya.

Kulinerasik akan merangkum 15 tempat wisata di Kediri yang wajib dikunjungi:

1. Monumen Simpang Lima Gumul
Obyek Wisata di Kediri

Simpang Lima Gumul ini merupakan sebuah persimpangan yang menjadi titik pertemuan antara lima ruas jalan. Yang unik dari monumen ini adalah penampakannya yang sekilis mirip dengan Menara Eifel di Paris. Pada simpang lima ini dibangun sebuah monumen yang sangat indah dan sering kali dijadikan lokasi wisata oleh para pengunjung dari berbagai kota. Spotnya yang luas membuat para pengunjung semakin betah.

Monumen ini mempunyai luas sekitar 804 meter persegi dengan tinggi mencapai 25 meter. Sedangkan dilantai dasarnya Anda akan menjumpai tiga buah tiang tumpuan setinggi 3 meter. Simbol angka ini merujuk kepada hari lahirnya kota Kediri, yakni 25 Maret 804.

Lokasi : Tugurejo, Ngasem, Kediri, Jawa Timur.

2. Gunung Kelud
Obyek Wisata di Kediri

Objek wisata alam ini termasuk sebagai gunung merapi yang paling aktif di Indonesia. Sejarah mencatat, pada tahun 1586 gunung ini pernah mengami letusan terbesar yang memakan korban hingga 10.000 jiwa. Gunung Kelud juga telah mengalami erupsi sebanyak 40 kali dalam jangka waktu 100 tahun. Hal inilah yang membuatnya menjadi salah satu gunung teraktif di Jawa Timur.

Gunung ini terletak di antara tiga kabupaten yaitu kabupaten Malang, Kabupaten Kediri dan Kabupaten Belitar. Di puncaknya terdapat danau kawah.

Lokasi : Gunung ini berada di perbatasan antara Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar, dan Kabupaten Malang

3. Kampung Inggris Pare
Obyek Wisata di Kediri

Siapa sih yang nggak kenal dengan kampung Inggris di Pare ini? Tempat dimana hampir semua warganya menggunakan bahasa inggris untuk berkomunikasi di setiap aktifitasnya. Jika anda mencari tempat untuk mengasah kemampuan bahasa inggris anda, anda tidak perlu jauh-jauh datang ke luar negeri, anda cukup datang ke kampung Inggris Pare ini, untuk mengasah kemampuan bahasa inggris anda.

Selain dijadiakan sebagai tempat wisata, kampung ini juga digunakan sebagai tempat untuk pembelajaran orang-orang yang ingin mahir berbahasa inggris. Dengan banyaknya tempat bimbingan yang berada disanaSetelah kamu berhasil belajar disini, dijamin ilmu bahasa Inggris kamu lancar.

Lokasi : Jl. Kamboja No.29, Tulungrejo, Pare, Kediri, Jawa Timur.

4. Gunung Klotok
Obyek Wisata di Kediri

Gunung Klotok merupakan gunung yang cocok untuk melakukan pendakian. Selain itu, di area gunung ini ujuga terdapat wisata outdoor yang asik dan menarik untuk Anda nikmati bersama keluarga. Seperti water boom, Museum Airlangga, goa, outbound, hingga trek sepeda gunung.

Anda juga dapat menikmati sumber mata air Lo atau biasa disebut Sumber Lo yang memiliki kesegaran air khas pegunungan.

Lokasi : Setono Gedong, Kec. Kota Kediri, Kota Kediri, Jawa Timur

5. Bukit Gandrung
Obyek Wisata di Kediri

Bukit Gandrung termasuk salah satu tempat wisata baru di Kediri. Bukit ini memiliki pemandangan perbukitan hutan hijau lengkap dengan berbagai spot foto menarik serta gardu pandang yang akan mempermudah pengunjung meilhat pemandangan alam dari atas bukit.

Lokasi : Tempuran, Wonoagung, Kasembon, Malang, Jawa Timur.

6. Air Terjun Dolo
Obyek Wisata di Kediri

Air Terjun Dolo menyajikan panorama alam yang indah, mempesona serta memanjakan mata. Lokasinya berada di kawasan hutan gunung Besuki, pada ketinggian 1800 meter diatas permukaan laut. Selain itu, suasana tenang nan nyaman juga akan anda rasakan yang membuat anda betah untuk berlama-lama di dalamnya.

Lokasi : Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Hutan, Blimbing, Kediri, Jawa Timur.

7. Air Terjun Irenggolo
Obyek Wisata di Kediri

Air terjun ini letaknya berdekatan dengan Air Terjun Dolo. Anda harus berjalan lagi sekitar 200 meter melewati jalan setapak yang disediakan, namun, perjalanan Anda semakin istimewa dengan pemandangan lereng Gunung Wilis lengkap dengan suara kicauan burung yang riang dan juga tumbuhan khas pegunungan yang menjadi latar belakang burng-burung terbarng kesana kemari.

Saat bulan suro tiba, di areal air terjun ini selalu diadakan prosesi adat “Sesaji Tirto Husodo” yakni merupakan kegiatan ritual ayng dilakukan masyarakat setempat.

Lokasi : Jugo, Mojo, Kediri, Jawa Timur

8. Gunung Maskumambang
Obyek Wisata di Kediri

Gunung Maskumambang adalah gunung yang dikelilingi oleh bukit-bukit terusan dari jajaran perbukitan Gunung Wilis. Gunung ini memiliki udara yang sangat sejuk dan memiliki panorama alam yang eksotis karena di kelilingi oleh pohon kehijaun yang sangat banyak.
Karena ketinggian gunung ini tidak begitu tinggi, banyak pengunjung yang datang kesini untuk merasakan sensasi mendaki ataupun tracking. 

Karena suasananya yang amat sejuk, gunung ini pas banget dijadikan tempat bersantai nan nyaman. Kalau anda mencoba berjalan lebih jauh lagi melewati anak tangga, anda akan semakin dibuat terkesima oleh pemandangan kota Kediri dari ketinggian. Di puncak gunung ini juga terdapat makam Astana Boncolono.

Lokasi : Kabupaten Kediri, Provinsi Jawa Timur.

9. Goa Selomangleng
Obyek Wisata di Kediri

Goa Selomangleng merupakan salah satu objek wisata goa yang ada di Kediri. Penamaan goa diambil dari kata selo yang berarti Batu sedangkan Mangleng berarti Miring, sehingga selomangleng berarti Batu yang miring dari permukaan tanah, karena memang letaknya sendiri berada di Kaki Gunung klotok.

Goa ini semakin unik dengan adanya bongkahan batu yang terkesan berserakan, dan juga diantara batu tersebut terdapat batu yang dipahat, serta bagian luar goa ada berbagai relief yang menghiasi. Ketika masuk ke dalam goa, suasana gelap gulita langsung menyelimuti ruangan, dan juga akan mencium aroma dupa yang cukup menyengat.

Lokasi : Jl. Selomangleng, Pojok, Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur.

10. Kebun Bunga Matahari
Obyek Wisata di Kediri

Kebun Bunga Matahari dibangun pada tahun 2014 oleh Ibu Ferry Silviana Feronica, yakni istri dari Wali Kota Kediri, diatas tanah kosong dengan luas 900 meter. Dan pada pertengahan bulan Juni tahun 2016, bunga matahari yang ditanam mulai berbunga dan menarik lebah maupun manusia untuk datang berkunjung karena keindahannya yang sangat menawan.

Kebun Bunga Matahari mempunyai tiga jenis bunga matahari yang tertanam, yaitu Big Smile, Early Russian, dan Sunspot dengan kualitas yang sangat bagus, karena memiliki biji yang besar dan banyak, serta bunga di sini juga tumbuh tinggi.

Lokasi : Jl. Selomangleng No.143, Pojok, Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur.

11. Sumber Sugih Waras
Obyek Wisata di Kediri

Sumber mata air lainnya di kota Kediri ada Sumber Sugih Waras. Tempat wisata ini menawarkan kualitas air yang sangat jernih dan tidak pernah kering meski saat kemarau tiba, dan tentunya mata air ini sangatlah bersih, alami, dan bebas dari kaporit.

Pada awalnya sumber mata air ini hanya digunakan sebagai oleh masyarakat setempat untuk kebutuhan sehari hari seperti mencuci dan mandi. Namun pada tahun 2014 lalu Kelompok Masyarakat Peduli Lingkungan menyadari akan potensi besar yang dimiliki mata air Sugih Waras, sehingga mengembangkan mata air tersebut menjadi objek wisata yang dana pembangunannya memanfaatkan program PNPM.

Lokasi : Jl. Veteran, Krajan, Dukuh, Ngadiluwih, Kediri, Jawa Timur

12. Gumul Paradise Island
Obyek Wisata di Kediri

Gumul Paradise Island merupakan salah satu lokasi wisata rekreasi terbaik yang dimiliki kota Kediri karena emiliki berbagai macam wahana air sehingga menjadi tempat berakhir pekan yang menyenangkan bersama keluarga.

Berbagai fasilitas pendukungnya pun akan semakin menunjang keamanan dan 
kenyamanan pengunjungnya. Menariknya lagi, disini juga terdapat area 3 dimensi yang dapat pengunjung gunakan sebagai tempat untuk ajang berswafoto.

Lokasi : Kompleks Simpang Lima Gumul, Sumberejo, Dadapan, Ngasem, Kediri, Jawa Timur.

13. Taman Air Pagora
Obyek Wisata di Kediri

Saat anda sampai di lokasi wisata ini anda akan langsung disambut dengan Punokawan yaitu tokoh pewayangan yang terdiri dari empat tokoh yaitu Semar, Gareng, Petruk dan Bagong. Dan juga ada patung ksatria berotot kawat bertulang besi, yaitu Gatotkaca yang seolah mengucapkan selamat datang kepada tiap pengunjung.

Selain itu, tak jauh dari lokasi itu juga terdapat masjid yang berarsitektur rumah joglo sehingga membuatnya tidak memiliki dinding sehingga sepoi-sepoi angin akan langsung memasuki ruangan masjid tentu ibadah akan menjadi lebih nyaman dan lebih khusyuk.
Untuk Pagora nya sendiri merupakan sebuah yayasan yang didirikan untuk dijadikan sebagai tempat wahana pendidikan, olahraga, serta sosial. Dan tentu saja di dalamnya menyimpan berbagai spot wahana rekreasi yang siap untuk dimanfaatkan.

Lokasi : Jl. Jenderal Ahmad Yani No.123, Banjaran, Kec. Kota Kediri, Kediri, Jawa Timur

14. Kediri Waterpark
Obyek Wisata di Kediri

Obyek wisata air ini diresmikan pada tahun 2014. Kediri Waterpark memiliki udara yang sejuk sebab lokasinya yang berada di ketinggian 2552 mdpl sehingga suhu disini bisa mencapai 21 derajat celcius.

Di taman seluas 6 hektar para pengunjungnya akan dimanjakan dengan berbagai macam fasilitas yang tentu saja akan membuat betah para pengunjungnya.
Lokasi : Jalan Raya Pagung, Desa Pagung, Semen, Kediri, Jawa Timur.

15. Menara Asmaul Husna
Obyek Wisata di Kediri

Dinamakan menara Asmaul Husna, dikarenakan ketinggian menaranya yang mencapai 99 meter sesuai dengan jumlah Asmaul Husna, yaitu 99 nama Allah. Menara Asmaul Husna memiliki 23 lantai dengan kubah yang dilapisi emas seberat 60kg.

Dibangun atas swadaya warga LDII dengan dana hingga Rp.15,8 Milyar. Menara ini juga merupakan ikon dari kota Kediri. Ketika malam hari, menara ini akan menyuguhkan pemandangan menakjubkan dengan lampu kerlap-kerlipnya yang dijamin akan membuat mata terpesona.

Lokasi : Jl. Gajah Raya, Sambirejo, Gayamsari, Kediri, Jawa Timur.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel