Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mengatasi Cegukan Pada Bayi dengan Mudah

Kuliner Asik, Apabila Anda ingin tahu tentang tips mengatasi cegukan pada bayi, baca artikel dibawah ini hingga tuntas. Karena, artikel kali ini akan menjelaskan secara detail tentang penyebab cegukan pada bayi dan cara menghilangkan cegukan pada bayi.

tips mengatasi cegukan pada bayi

Mungkin bagi sebagian orangtua sering merasa khawatir jika bayi Anda mengalami cegukan. Banyak yang bertanya bagaimana cara mengatasinya? Sebaiknya, Anda sebagai orang tua jangan terlalu khawatir. 

Sebelum Anda mengetahui cara menghilangkan cegukan pada bayi, kenali dulu penyebab cegukan pada bayi Anda. Agar Anda bisa mengantisipasinya di kemudian hari nanti.

Penyebab Cegukan Pada Bayi

Cegukan juga bisa terjadi pada bayi Anda meskipun usianya yang masih balita, bukan hanya terjadi pada orang dewasa saja. Cegukan pada umumnya disebabkan oleh kontraksi diafragma.

Apa itu diafragma?, yaitu lembaran besar otot yang berada di bawah paru-paru, dan bersama dengan otot-otot antar tulang iga membuat kita dapat bernapas. Kontraksi otot-otot tersebut dapat mengisap udara ke paru-paru, dan masuknya udara dengan cepat membuat epiglottis menutup. 

Sedangkan Epiglottis adalah flap jaringan pada tenggorokan yang menutup saat kita menelan untuk mencegah makanan, minuman, atau air liur terhisap ke paru-paru. Penutupan jaringan tenggorokan yang mendadak inilah yang menyebabkan terjadinya cegukan.

4 Cara Menghilangkan Cegukan Pada bayi

Meskipun tidak berdampak serius bagi kesehatan dan pernafasan, namun cegukan bisa mengganggu bagi bayi Anda. Apalagi saat mereka ingin minum ASI atau susu formula.

1. Atur Posisi Bayi

Pegang dan atur posisikan bayi dalam kondisi tegak berdiri, bisa dengan sambil menggendong. Anda juga bisa sambil menepuk-nepuk belakang bayi dengan lembut. 

Hal ini bertujuan untuk membantu gas pada perut untuk naik, agar bayi Anda merasa nyaman dan cegukan bisa cepat hilang.

2. Berikan ASI pada bayi

Cara kedua adalah dengan memberi ASI/menyusui, hal ini dapat menjadi salah satu cara ampuh mengatasi cegukan bayi Anda. Pasalnya, gerakan pada saat menyusui dapat membantu diafragma anak Anda menjadi lebih rileks dan menghentikan cegukan. 

Setelah menyusui, Anda bisa membiarkan bayi bersendawa untuk memberikan ruang bagi udara yang terjebak di dalam perut bayi. Nah, udara tersebut jugalah yang menjadi faktor bayi cegukan.

3. Beri Sesuatu Untuk Diisap

Anda bisa memberikan sesuatu untuk dihisap bayi Anda, seperti dot, empeng, atau puting ibu. Cara ini bisa dilakukan untuk mengatasi cegukan bayi. 

Karena, gerakan mulut dan tiupan sedotan di perut bayi, diyakini dapat merangsang sendawa dan menghentikan cegukan pada bayi.

4. Bawa ke Tempat yang Hangat

Cara terakhir untuk meredakan cegukan pada bayi, Anda bisa membawa dan menaruh bayi Anda pada tempat yang hangat dan lembab. 

Sebaiknya, hindari ruangan ber-AC atau suhu yang agak dingin. Mengingat cegukan pada bayi bisa disebabkan oleh temperatur yang cenderung agak dingin.

Tips Mencegah Cegukan Pada Bayi

Selain dengan 4 cara diatas, Anda juga bisa mengunakan cara dibawah ini untuk mencegah cegukan pada bayi Anda.  

  • Pada saat memberi ASI atau makanan pada bayi, berikan di saat bayi tenang, tidak menangis, atau bahkan lapar. Untuk menghindari udara yang masuk bersamaan dengan makanan dan menghindari juga perut kembung si bayi.
  • Setelah menyusui, hindari aktivitas seperti menggendong bayi dengan gerakan memantul-mantul ke atas dan ke bawah.
  • Posisikan bayi Anda tetap tegak selama 20 sampai 30 menit setelah makan.

Itulah tips mengatasi cegukan pada bayi, Anda juga bisa melakukan tips mencepah cegukan pada bayi Anda. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Tips Mengatasi Cegukan Pada Bayi dengan Mudah"