Skip to main content

Cara Memutihkan Gigi Kuning dengan Bahan-bahan Alami

Kuliner Asik, Cara Memutihkan Gigi Kuning dengan Bahan-bahan Alami  | Tahukah Anda cara memutihkan gigi kuning?, Jika anda belum mengetahuinya tepat sekali mengunjungi artikel ini. Karena pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas tentang cara memutihkan gigi dan membersihkan karang gigi dengan bahan-bahan alami di rumah dan tanpa efek samping. Oleh karena itu, marilah simak penjelasan mengenai cara memutihkan gigi kuning secara lengkap yang ada dibawah ini.
cara memutihkan gigi kuning
cara memutihkan gigi kuning

Cara Memutihkan Gigi Kuning


Selain rambut, gigi adalah adalah satu bagian tubuh yang perlu dijaga kebersihannya. Pasalnya, gigi kuning tentunya dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang, hal ini menyebabkan banyak orang enggan tersenyum dengan menunjukkan giginya. Ada beberapa faktor yang menyebabkan gigi kuning, antara lain kebiasaan merokok dan ngopi.

Ada banyak cara untuk memutihkan gigi baik itu secara alami maupun melalui proses bleaching yang dilakukan dokter gigi, hal ini tentunya memakan biaya yang tidak sedikit. Nah, Anda bisa mencoba cara memutihkan gigi secara alami, selain biaya yang murah, bahan-bahan yang dipakai mudah didapatkan. Yang terpenting cara memutihkan gigi kuning ini tidak menimbulkan efek samping.

Berikut ini adalah cara memutihkan gigi kuning dengan bahan-bahan alami:


1. Daun Sirih


Pemakaian daun sirih sebagai bahan untuk membersihkan gigi secara alami.sudah digunakan sejak zaman dahulu oleh nenek moyang kita. Pasalanya, daun sirih memiliki kandungan yang bisa diandalkan untuk membasmi kuman yang menyebabkan gigi rusak dan memutihkan gigi dengan alami.

Cara menggunakannya, Anda bisa menyiapkan 1-2 helai daun yang masih segar dan gosokan pada gigi secara merata. Selain itu, berkumur-kumur dengan air dari rebusan daun sirih juga bisa memberikan manfaat yang sama untuk gigi.


2. Garam


Garam juga terbukti dapat memutihkan gigi kuning secara alami. Cara menggunakannya, Anda bisa menggunakan larutan garam untuk berkumur-kumur setiap hari.

Garam memiliki kandungan antibakteri yang dapat membunuh kuman yang menyebabkan gigi berlubang. Namun perlu diperhatikan juga bahaya memutihkan gigi dengan garam, sebaiknya jangan gunakan garam kimia terlalu banyak karena bisa membahayakan mulut.


3. Susu


Ternyata susu juga termasuk salah satu bahan alami yang bisa Anda pakai untuk memutihkan gigi. Pasalnya, selain baik untuk kesehatan karena kaya akan kalsium, susu juga memiliki kandungan fosfor dan magnesium yang bisa menghilangkan warna kuning pada gigi Anda. 

Susu juga dapat dimanfaatkan untuk memperkuat gigi dari dalam. Untuk mendapatkan manfaatnya, cukup konsumsi susu setiap hari secara rutin.


4. Baking Soda


Baking soda atau dikenal juga dengan nama soda kue, biasanya digunakan untuk membuat kue. Namun, bahan yang satu ini menyimpan fungsi tersembunyi, yakni memutihkan gigi yang kuning secara alami tanpa efek samping.

Cara menggunakan baking soda untuk memutihkan gigi sebagai berikut:
  • Gosok baking soda ke bagian gigi.
  • Diamkan selama 3-5 menit.
  • Bilas dengan berkumur-kumur.

5. Lemon


Kandungan asam pada lemon dapat dimanfaatkan sebagai alkali alami untuk membuat kadar pH di dalam mulut menjadi seimbang. Selain itu, lemon juga merupakan anti bakteri yang sangat baik untuk membasmi bakteri penyebab gigi menguning.

Berikut adalah cara memutihkan gigi dengan bahan lemon:
  • Peras 1 buah lemon.
  • Campurkan hasil perasan tersebut dengan segelas air hangat.
  • Gunakan untuk berkumur (lakukan 3 kali sehari untuk hasil yang efektif)
  • Selain itu, kamu juga bisa mencampur 1 sendok makan air perasan lemon dengan sejumput garam.

6. Kulit pisang


Gak nyangka kan, ternyata kulit pisang dapat digunakan untuk memutihkan gigi kuning secara alami. Cara memutihkan gigi dengan kulit pisang ini cukup dilakukan dengan menggosokannya pada bagian gigi yang kuning secara merata.


7. Jahe


Bahan dapur ini pun disebut memiliki kandungan anti bakteri yang bermanfaat untuk melenyapkan noda kuning pada gigi.

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:
  • Parut 1 buah jahe.
  • Peras air dari parutan tersebut.
  • Gunakan air tersebut untuk berkumur.
  • Selain digunakan dengan cara berkumur, kamu juga bisa menggunakan parutan tersebut dengan cara dioleskan langsung pada gigi.


8. Daun Salam


Selain dapat digunakan untuk menambah cita rasa alami pada sebuah makanan. Daun salam juga dapat dimanfaatkan untuk memutihkan gigi.

Berikut ini adalah cara memutihkan gigi dengan daun salam:
  • Siapkan beberapa helai daun salam.
  • Rebus daun tersebut di dalam air secukupnya.
  • Gunakan air hasil rebusan untuk berkumur.


9. Siwak


Siwak sudah digunakan sejak zaman dahulu oleh nenek moyang kita sebagai pemutih gigi kuning. Bahkan penggunaanya dianjurkan dalam agama Islam.

Meskipun fungsi utamanya adalah untuk membersihkan gigi, manfaat lain dari siwak adalah sebagai pemutih gigi alami. Cara memutihkan gigi dengan siwak, Anda cukup gosokan batang siwak secara merata dan lakukan 2 hingga 3 kali dalam sehari.

Sedang untuk membersihkan karang gigi secara alami, Anda bisa menggunakan langkah-langkah di bawah ini:


1. Gosok gigi secara teratur


Ada banyak manfaat pasta gigi, salah satunya adalah membersihkan plak. Gosoklah gigi secara teratur minimal dua kali dalam sehari sebagai cara alami menghilangkan karang gigi. 
Pastikan Anda menyikat gigi selama minimal dua menit di waktu yang tepat yaitu setelah sarapan dan sebelum tidur.


2. Gunakan benang pembersih gigi


Sisa makanan sering kali berada di tempat yang tidak bisa dijangkau sikat gigi, misalnya di sela-sela gigi. Untuk mencegah penumpukan karang gigi di sela-sela gigi, lakukan flossing yaitu membersihkan sela-sela gigi dengan menggunakan benang pembersih. 

Lakukan secara teratur setidaknya sehari sekali sebelum menyikat gigi. Beberapa orang lebih suka menggunakan benang floss di malam hari sebelum tidur sehingga mulutnya bersih saat tidur. Sebagian lain lebih suka melakukan flossing setelah makan siang.



3. Gunakan cairan obat kumur


Lengkapi ritual cara alami menghilangkan karang gigi dengan berkumur menggunakan obat kumur. Ingat, jangan gunakan obat kumur (bahkan yang fluoride) langsung setelah menyikat gigi Anda karena pasta gigi yang tertinggal di gigi Anda akan ikut terbasuh. 


Baca juga: Makanan dan Minuman yang Baik Dikonsumsi Setelah Pencabutan Gigi

Kesimpulan



Sekian artikel dari Kuliner Asik yang bisa dibagikan, tentang cara memutihkan gigi kuning dengan bahan-bahan alami, meski cara memutihkan gigi alami ini tanpa menimbulkan efek samping, namun perawatan gigi di dokter sangat dianjurkan. Memang butuh biaya yang tidak sedikit, perawatan yang dilakukan di dokter gigi dapat mengurangi risiko dan memberikan hasil yang maksimal pada gigi Anda.

Semoga bermanfaat, jangan lupa share artikel ini agar orang lain terbantu dengan adanya informasi dalam artikel ini. Sampai jumpa lagi di artikel-artikel Tips Kuliner selanjutnya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->