√ Makanan dan Minuman Yang Baik Dikonsumsi Setelah Pencabutan Gigi

Kulinerasik.com - Jika Anda berencana mencabut gigi, sebaiknya persiapkan dulu makanan yang akan Anda konsumsi nantinya. Karena setelah pencabutan gigi, Anda akan sangat sakit dan tidak nyaman ketika memakan sesuatu. Hindari hal-hal seperti makanan pedas atau apapun yang bisa tersangkut di luka, seperti biji-bijian, biji-bijian, dan makanan rapuh.
Makanan yang Baik Setelah Pencabutan Gigi
Makanan yang Baik Setelah Pencabutan Gigi
Hindari sesuatu yang kenyal sebagian karena Anda akan mati rasa untuk sementara waktu. Alkohol akan mengiritasi luka dan bisa bercampur dengan penghilang rasa sakit Anda. Juga hindari menggunakan sedotan.

Berikut adalah beberapa makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi, dan akan membantu Anda sembuh setelah proses pencabutan gigi: 

Yogurt 

Yoghurt mengandung protein tinggi yang merupakan kebutuhan untuk penyembuhan. Ini juga mengandung kalsium dan seng, keduanya elemen yang dibutuhkan untuk proses pemulihan. Yoghurt sangat direkomendasikan karena mengandung 40% lebih sedikit gula dan dua kali lipat protein. 

Saus Apel

Buah adalah makanan yang Anda butuhkan untuk penyembuhan, tetapi mungkin agak sulit dikunyah. Anda bisa mencoba saus apel untuk perawatan yang kaya akan vitamin C, dan membantu menyembuhkan luka.

Potong-potong kulitnya dengan sangat halus lalu haluskan apel. Kulit mengandung sebagian besar nutrisi yang baik. Hindari jus buah karena umumnya mengandung banyak gula dan kalori.

Sup Blended

Sup yang telah dihaluskan dalam blender untuk menghilangkan potongan besar. Anda juga bisa menghaluskan makanan favorit, atau bisa mencoba sesuatu seperti labu, butternut, kacang hitam, dan tomat.

Sup juga mengandung nutrisi dan cairan yang luar biasa untuk membuat Anda tetap terhidrasi. Sup berbasis susu atau yogurt adalah sumber kalsium yang bagus yang bisa membantu proses kesembuhan.

Karena mulut Anda mungkin masih mati rasa dan lukanya sangat sensitif, makan sup campuran Anda hangat atau dingin.

Alpukat

Alpukat adalah buah yang unik karena rendah karbohidrat dan lemak sehat. Mereka juga memiliki banyak vitamin C dan potasium yang membantu dalam proses penyembuhan. Alpukat sangat lembut dan dapat dengan cepat dihaluskan jika mereka masih terlalu sulit untuk dikunyah.

Alpukat mengandung asam oleat, yakni lemak sehat yang dapat mempercepat proses penyembuhan, dan mungkin juga antijamur dan antibakteri. 

Kaldu

Kaldu adalah sup gurih yang dibuat dari memasak sayuran, ikan, atau daging dengan bumbu. Biasanya disaring sebelum disajikan. Vitamin, mineral, dan banyak cairan. Kaldu ayam sangat enak. Ini adalah anti-virus, anti-inflamasi dan antioksidan. Ini bagus ketika Anda sakit dan sama baiknya ketika pulih dari operasi. Kaldu tulang, terbuat dari tulang hewan yang mendidih dan jaringan ikat, konon sangat sehat. Ini juga mengandung protein dan mineral dan termasuk antioksidan.

Kentang Tumbuk

Kentang tumbuk memgandung kalori yang tinggi, sehingga Anda bisa mendapatkan nutrisi hanya dalam beberapa suap. Kentang mengandung kalium, vitamin C dan vitamin B6. Kalium penting dalam membangun kembali tulang dan sangat penting untuk sel-sel sehat.
Jangan terlalu khawatir tentang semua kalori. Jumlah yang wajar selama pemulihan tidak akan sakit. Karena tubuh Anda membutuhkan kalori untuk sembuh.

Telur Orak-arik

Telur mengandung paket protein, lemak sehat, dan nutrisi lain yang sangat baik untuk tubuh. Konsumsi telur yang diperkaya omega-3, karena omega-3 penting untuk penyembuhan jaringan, dan juga rendah kalori.

Telur yang digoreng atau direbus bisa sedikit sulit dimakan ketika luka Anda masih baru setelah pencabutan gigi. Telur goreng bisa menjadi renyah dan telur rebus bisa masuk ke luka Anda.

Pisang Tumbuk

Haluskan beberapa pisang untuk memberi Anda beragam vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk penyembuhan. Karena pisang mengandung cukup tinggi kalori. Anda juga bisa mengkonsumsi menjadi makanan beku. Dengan cara membekukan tiga hingga empat pisang semalaman, potong-potong, dan campur dengan susu atau susu almond. Blender hingga menjadi halus. Minuman ini lebih sehat daripada es krim karena kandungan gulanya jauh lebih rendah.

Ikan Salmon

Jika Anda ingin makan daging, pilihlah ikan salmon daripada ayam atau daging sapi yang kenyal. Ikan salmon adalah sumber protein super yang dibutuhkan tubuh untuk proses penye,buhan setelah pencabutan gigi, dan sangat tinggi asam lemak omega-3.

Keju

Jenis makanan terakhir untuk sakit rahang dan ekstrak luka adalah keju. Seperti semua produk susu, produk ini juga kaya akan protein. Ini juga merupakan sumber nutrisi yang membantu Anda menyembuhkan dan membangun kembali tulang.
Anda bisa menambahkan keju ke banyak makanan, misal menambahkannya ke pisang tumbuk dan smoothie sebagai tambahan protein tanpa banyak kalori.

Kesimpulan

Persiapkan dahulu makanan lunak atau cair yang akan membantu Anda sembuh setelah pencabutan gigi. Jauhi segala sesuatu yang renyah atau kenyal.

Makanlah sejumlah kalori yang sewajarnya, selalu konsumsi minuman hangat dan sup, agar Anda bisa segera sembuh dengan cepat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel