Skip to main content

Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan, Kecantikan dan Kesuburan

Kuliner Asik, Tahukah Anda manfaat buah tin bagi kesehatan? Jika Anda belum mengetahuinya, maka Anda sudah menemukan artikel yang pas, karena dalam artikel ini akan diberikan penjelasannya secara lengkap.

Apa itu Buah Tin

Manfaat Buah Tin bagi Kesehatan
manfaat buah tin bagi kesehatan

Buah tin atau buah ara merupakan salah satu buah yang disebutkan di dalam Al-Qur’an. Dalam sebuah hadist, buah tin adalah salah satu buah yang diturunkan dari surga. Hal inilah yang kemudian membuat buah ini dijuluki sebagai buah surga, karena mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan, kecantikan dan kesuburan.

Manfaat Buah Tin bagi Kesehatan

Buah tin yang memiliki nama ilmiah Ficus Carica dan berkulit ungu ini dulunya banyak tumbuh di Asia Barat. Buah ini termasuk buah yang sudah sangat tua di dunia, bahkan dipercaya sudah ditemukan pada 5000 SM. Tidak heran jika sudah banyak orang mendapatkan manfaatnya. Berikut adalah berbagai manfaat buah tin untuk kesehatan:.

1. Mampu Meningkatkan Imunitas Tubuh

Buah tin dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh. Hal ini bisa didapatkan karena buah tin memiliki kandungan multivitamin dan mineral yang dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian kamu. 

Adanya antioksidan dalam buah tin juga dapat membantu menangkal radikal bebas yang bisa memicu kerusakan sel dalam tubuh. Tentunya, buah ini sangat cocok dikonsumsi ditengah pandemi virus yang berkepanjangan saat ini.  

2. Mencegah Diabetes

Dari beberapa penelitian ilmiah menunjukkan bahwa daun tin dapat membantu mengatur gejala diabetes. Sebuah studi 2016 yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa ficusin, ekstrak dari daun pohon tin meningkatkan sensitivitas insulin dan memiliki sifat antidiabetes lainnya.

Penelitian yang dilakukan terhadap hewan tersebut di tahun 2003 menunjukkan bahwa ekstrak tin dapat berkontribusi pada perawatan diabetes dengan menormalkan asam lemak darah dan tingkat vitamin E.

3. Menjaga Berat Badan

Khasiat buah tin adalah dapat menjaga berat badan. Serat dalam buah tin dapat membantu menurunkan berat badan dan biasa direkomendasikan untuk orang yang memiliki masalah kegemukan.

Serat tersebut juga dapat membantu melancarkan metabolisme tubuh dan pencernaan. Hal inilah yang membuat buah tin akan sangat cocok untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang diet.

4. Mencegah Sembelit

Buah tin terbukti efektif mengatasi masalah sembelit. Pasalnya, buah tin memiliki manfaat dan kandungan khusus yang membantu memperlancar fungsi usus.

Serat yang bekerja untuk menambah massa di dalam usus membuat usus akan terangsang untuk bergerak, dan menyebabkan sembelit maupun diare akan dapat dicegah dan menghilang.

5. Mengatasi Hipertensi

Dapat mengatasi masalah hipertensi, karena memiliki banyak kandungan kalium dan rendah akan sodium yang mampu mengatasi hipertensi. Buah tin juga sebagai sumber bahan makanan alami yang dapat menenangkan saraf.

6. Membantu Cegah Kanker

Manfaat buah tin untuk kesehatan berikutnya adalaha membantu mencegah kanker. Asam lemak dan fenol yang terkandung di dalam buah tin dapat menurunkan risiko terkena kanker kulit.

Kandungan enzim proteolitik di dalamnya juga dapat membantu menghambat pertumbuhan kanker di lambung. Kandungan serat tin akan bermanfaat bagi kesehatan Anda secara keseluruhan dan membantu mencegah beberapa jenis kanker seperti kanker perut, usus besar, dan kanker payudara.

7. Mencegah Penyakit Jantung Koroner

Khasiat buah tin dapat mencegah penyakit jantung koroner. Dengan kandungan fenol, asam lemak omega 3 serta asam lemak omega 6, buah tin dipercaya memiliki manfaat untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung koroner.

Selain itu, daun tin ternyata juga memiliki manfaat untuk menurunkan jumlah trigliserida total. Kandungan trigiiserida merupakan salah satu faktor yang menjadi penyebab utama terjadinya berbagai jenis penyakit jantung.

8. Memperkuat Tulang

Manfaat lainnya adalah dapat memperkuat tulang. Dengan adanya kandungan kalsium yang tinggi, buah tin juga bisa mengurangi risiko anda terkena penyakit osteoporosis. 

Buah ara juga memiliki kandungan yang kaya akan fosfor yang mendorong pembentukan tulang dan memacu regenerasi jika ada kerusakan atau degradasi pada tulang.

Manfaat Buah Tin bagi Kecantikan dan Kesuburan

Selain bermanfaat untuk kesehatan, buah tin juga bermanfaat untuk kecantikan dan kesuburan. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Mencegah Kulit Keriput

Dalam sebuah penelitian menemukan bahwa ekstrak tin memiliki efek anti-oksidan dan anti-kolagenase pada kulit yang keriput dan mengurangi kedalaman kerutan.

Selain itu, ekstrak tin dapat  menurunkan melanin kulit, kehilangan air trans-epidermal, sebum kulit secara signifikan, dan meningkatkan hidrasi kulit. Oleh karena itu, tin dapat digunakan sebagai obat untuk hiperpigmentasi, jerawat, bintik-bintik, dan kerutan.

2. Meremajakan Kulit

Khasiat buah tin bagus untuk kulit, Anda dapat memakannya atau mengoleskannya sebagai masker untuk membuat kulit Anda cantik.

Anda bisa menggunakan masker dari buah tin, caranya ambil satu tin besar atau dua tin kecil. Tumbuklah hingga halus dan tambahkan satu sendok teh madu atau yogurt, kemudian oleskan pada wajah dan biarkan selama 5 menit. 

Setelah kering, cucilah dengan air hingga bersih, lakukan ini dengan rutin hingga mendapatkan kulit yang cerah dan sehat.

3. Mengobati Jerawat

Buah tin dapat membantu untuk mengatasi jerawat dengan sangat baik, karena jerawat menjadi salah satu masalah yang kerap dihadapi oleh kaum remaja. Buah ini memiliki kandungan mineral alkali yang bisa mengotrol ph kulit dengan sangat baik. 

Buah tin juga bisa membuat tampilan wajah lebih bersih, karena dapat meringkas pori-pori kulit wajah dengan baik. Kulit wajah akan lebih sehat dan bebas jerawat.

4. Untuk Kesuburan Perempuan

Secara ilmiah buah tin terbukti dapat meningkatkan kesuburan. Ini karena kandungan zat besinya yang tinggi. Zat besi diperlukan untuk menjaga kesehatan sel telur dan juga ovulasi perempuan. 

Selain itu, buah tin juga kaya akan serat dan aneka vitamin, terutama vitamin B6 yang diperlukan tubuh perempuan untuk mempersiapkan diri menyambut kehamilan dan meringankan mual dan muntah selama kehamilan. 

5. Untuk Kesuburan Laki-laki

Selain baik bagi kesehatan reproduksi dan kesuburan perempuan, laki-laki pun bisa mendapat manfaat luar biasa dari buah tin ini. Buah tin kaya akan kalsium, kalium, mangan, dan seng. 

Nutrisi di dalam buah tin tersebut bermanfaat untuk kesuburan pria dengan meningkatkan jumlah dan motilitas sperma. Motilitas sperma adalah kemampuan sperma untuk bergerak secara efisien di dalam tubuh wanita. Kemampuan ini dibutuhkan agar bisa menghasilkan kehamilan yang sukses.

Cara Mengonsumsi Buah Tin

Anda dapat mendapatkan manfaat dari buah tin segar dengan cara disantap secara langsung. Anda jugaa bisa mengolahnya sebagai jus, atau menjadi teh. Manfaat teh daun tin juga bagus untuk kesehatan.

Baca juga: 14 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan yang Harus Anda Ketahui

Ringkasan

Sekian yang bisa Kuliner Asik sajikan mengenai manfaat buah tin bagi kesehatan, kecantikan dan kesuburan. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat untuk Anda. Sampai jumpa di artikel Tips Kuliner selanjutnya.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar