Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Makanan Unik Khas Ramadhan yang Ada di Indonesia

Kuliner Asik - Momentum bulan Ramadhan sangat dinantikan oleh umat muslim. Karena di bulan Ramadhan ini banyak sekali kita jumpai kuliner khas Indonesia yang hadir hanya di bulan suci ini saja. Hampir semua aneka makanan khas Ramadhan yang ada di Indonesia mempunyai cita rasa manis lho! Ketika berbuka kita memang dianjurkan untuk memakan makanan yang manis-manis dan ringan atau biasa disebut takjil. 

Pasalnya, selain untuk menjaga kesehatan tubuh, hal tersebut juga dimaksudkan agar tubuh kita bisa mencerna makanan tersebut dengan baik.

Berikut ini Kuliner Asik sajikan makanan-makanan unik khas Ramadhan yang ada di berbagai daerah di Indonesia:

1. Tutut Khas Bandung

Makanan Unik Khas Ramadhan
Makanan Unik Khas Ramadhan

Tutut adalah moluska bercangkang menyerupai keong kecil yang mudah ditemukan di daerah persawahan. Untuk pengolahan tutut sendiri bisa dilakukan dengan cara yang bermacam-macam, mulai dimasak dengan santan, sambal balado, rica-rica  hingga ditumis biasa. Kalian tidak perlu meragukan kehalalan dari tutut ini karena telah dinyatakan halal oleh MUI.

2. Asida, Makanan Unik Ramadhan khas Maluku

Makanan Unik Khas Ramadhan
Makanan Unik Khas Ramadhan

Dilihat dari tekstur dan komposisi bahannya saja sudah dapat ditebak makanan khas Maluku satu ini memiliki cita rasa yang manis dan kenyal seperti dodol. Sebenarnya makanan Ramadhan Maluku ini awalnya berasal dari Arab dan banyak dikonsumsi oleh penduduk Afrika Utara. Asida sendiri dibuat dengan bahan utama terigu dan gula merah dengan bahan tambahan kapulaga, daun pandan, kapulaga, dan kayu manis.

3. Kicak Khas Yogyakarta

Makanan Unik Khas Ramadhan
Makanan Unik Khas Ramadhan

Bukan hanya kotanya saja yang istimewa. Yogyakarta juga memiliki makanan khas Ramadhan yang tak kalah istimewa, yaitu kicak. Kicak adalah takjil yang terbuat dari kukusan singkong parut yang ditiriskan dengan taburan parutan kelapa yang sudah matang. Sudah terbayang bukan gurihnya makanan satu ini?

4. Ketan Bintul Khas Banten

Makanan Unik Khas Ramadhan
Makanan Unik Khas Ramadhan

Meski terlihat sederhana, ketan bintul yang merupakan takjil khas Kota Serang Banten ini ternyata dulunya adalah makanan kesukaan Raja Banten. Jadi makananan unik ini sudah mengakar dan menjadi ciri khas dari kota Serang. Seperti namanya, ketan bintul ini dibuat dengan mengolah bahan ketan, kelapa parut, gula pasir, dan beberapa bahan tambahan lainnya.

5. Pisang Ijo, Makanan Unik Ramadhan Khas Makassar

Makanan Unik Khas Ramadhan
Makanan Unik Khas Ramadhan

Pisang ijo disini adalah adalah buah pisang yang dibalut dengan tepung yang telah diberi pewarna makanan berwarna hijau. Mungkin banyak di antara kalian yang sudah mencicipi makanan khas Ramadhan satu ini. Pisang ijo terasa lebih nikmat dan menyegarkan untuk berbuka puasa karena dihidangkan bersama dengan serutan es batu dan sirup.


Baca juga: Tips Makanan Sahur yang Sehat Selama Bulan Puasa

Lima makanan ini biasanya hanya disajikan saat bulan Ramadhan saja, ternyata banyak sekali aneka kekayaan makanan khas di Indonesia. Selamat berpuasa sobat, semoga tetap semangat ya!