Tips Makanan Sahur yang Sehat Selama Bulan Puasa


Kulinerasik.com - Untuk memulai ibadah puasa selalu diawali dengan kegiatan makan sahur, meski sahur dilakukan dinihari, bukan berarti kamu harus mengkonsumsi makanan asal jadi. Pasalnya sahur menjadi awal kita memulai ibadah puasa hingga sore hari. Jamgan sampai karena kita salah pola makan diwaktu sahur hingga menyebabkan kita lemas dan tidak bertenaga selama berpuasa. Masalah yang sering muncul di siang hari saat berpuasa adalah rasa lemas yang membuat kita kehilangan tenaga dan tidak fokus. Pada hari biasanya kita akan makan setiap 6 jam sekali. Saat puasa kita baru bisa makan setelah menahan lapar selama 13 jam lebih sedikit.

Pada saat tubuh merasa lemas kerap kali kita mengalami pusing yang dating tiba-tiba. Rasa pusing ini karena perut sedang lapar atau karena tubuh mengalami dehidrasi. Kondisi kekurangan cairan pada tubuh bisa mengurangi konsentrasi sehingga pekerjaan yang dilakukan sering mengalami gangguan. Berikut ini adalah tips makanan sahur yang sehat biar kita selalu fit selama berpuasa.

Buah Kurma
Buah Kurma
Buah kurma mengandung tiga jenis gula seperti glukosa, sukrosa, dan fruktosa yang dapat menjaga kestabilan gula dalam darah. Mengkonsumsi kurma selama waktu sahur sangat baik bagi tubuh kita. Tidak hanya kandungan gula yang luar biasa dalam kurma. Namun juga kaya akan serat. Sehingga tubuh kita tidak mudah merasa lapar selama berpuasa.

Bayam

Sayuran Bayam
Bayam termasuk sayuran hijau yang mengandung zat besi dan baik untuk darah. Menyantap bayam akan membuat tubuh tidak mudah lemas karena anemia. Bayam juga mengandung lutein, folat, dan beta-karoten yang baik untuk menjaga sel-sel otak sehingga membuat kita selalu focus dalam bekerja.

Telur
Telur
Mengonsumsi makanan tinggi protein bisa menekan rasa lapar dalam waktu lebih panjang. Dan sumber protein baik yang paling mudah kita temukan ada pada telur.
Bahan makanan ini mengandung cukup banyak nutrisi seperti lemak dan protein yang bisa memberikan energi pada tubuh. Selain itu terdapat pula omega-3 dan kolin yang bisa menutrisi otak dan meningkatkan daya ingat.

Ikan Salmon
Ikan Salmon
Salmon dipilih untuk menu sahur karena bahan makanan ini memiliki omega 3 yang tinggi. Kandungan asam lemak itu bisa mencegah otak dari peradangan dan meningkatkan kesehatannya. Mengonsumsi ikan salmon saat sahur bisa meningkatkan daya ingat sehingga konsentrasi kerja bisa meningkat signifikan.

Brokoli
Brokoli
Menyantap brokoli pada saat sahur bisa memberikan asupan vitamin K dan Kolin yang bisa melindungi sel otak. Mengonsumsi brokoli secara rutin setiap hari bisa membuat konsentrasi meningkat dengan signifikan. Karena brokoli juga memberikan asupan energi cukup besar sehingga Anda tidak lemas saat siang hari.

Buah Avokad
Buah Avokad
Kandungan nutrisi dalam avokad cukup besar untuk tubuh, termasuk lemak sehat. Mengonsumsi avokad saat sedang sahur bisa membuat kamu kenyang lebih lama saat siang hari. Avokad juga mengandung cukup banyak vitamin yang bisa menjaga gula darah, kolesterol, dan meningkatkan aliran darah ke otak.

Selalu perhatikan menu makan sahur kamu, biar bisa selalu fokus dan tidak lemas selama berpuasa. Kalau kamu sahur dengan menu apa sobat?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel