Skip to main content

11 Tempat Kuliner Enak di Tuban

Kuliner Asik - Apa yang terlintas jika mendengar Kota Tuban? Tentu minuman khasnya yang terkenal, yakni minuman legen dan buah siwalan (lontar). Sedang untuk kuliner Tuban yang terkenal adalah kare rajungan dan belut pedasnya.
Kuliner Khas Tuban
Kuliner Khas Tuban

Tempat Kuliner di Tuban


Rajungan adalah hewan laut yang mirip dengan kepiting, namun beda rasa di dagingnya. Di Tuban rajungan di masak dengan kuah kare, makanan khas ini terkenal dengan rasa pedasnya yang mengigit lidah.

Berikut ini adalah 11 tempat kuliner enak di Tuban yang harus kamu coba:

1. Kare Rajungan Ndoro Bei


Yang spesial di kare rajungan Ndoro Bei selalu adalah pemakaian bahan baku yg selalu fresh setiap harinya. Baik itu dari rajungannya, maupun bumbu- bumbunya dijamin selalu terjaga kesegarannya. 

Proses memasak santan pun di pilih dari kelapa yg benar-benar matang, dimasak dengan api sedang, sehingga kare rajungan khas Ndoro Bei selalu terjaga kualitas rasanya.

Kare rajungan Ndoro Bei disajikan dengan 2 level, yakni:
  • Level Ndoro : pedasnya untuk orang dewasa alias sangat pedas tidak di anjurkan untuk anak-anak.
  • Level Kacung : tidak pedas atau bisa dikonsumsi untuk anak-anak. 

Resto Ndoro Bei menyajikan masakan khas daerah Tuban, dan 40 lebih menu olahan seafood dan rajungan dengan bumbu khasnya.

Alamat: Jl. Dr. Sutomo Barat Gedung Tridharma No.007, Ronggomulyo, Kec. Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Buka: 10.00 – 22.00 WIB.

2. Kare Rajungan Manunggal Jaya


Rajungan adalah salah satu makanan khas Tuban, karena kabupaten ini lokasinya dekat dengan Pantai Utara. Kare rajungan dimasak dengan bumbu khas, seperti daun salam, laos, batang sereh, santan, air asam, semua di masak dan rajungan di masukan hingga bumbu meresap.

Tempat makan kare rajungan paling enak di Tuban juga ada di Kare Manunggal Jaya. Menunya bukan hanya kare rajungan saja, ada juga kare ikan pe atau juga ikan tongkol. Bumbunya yang gurih dan pedas membuat tempat makan ini selalu ramai diserbu pelanggan.

Alamat: Jl. Manunggal No.100, Keduran, Panyuran, Kec. Palang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur (depan SMAN 3 Tuban). 

Buka: 09.00 – 19.00 WIB.

3. Kare Rajungan Depot Langgeng


Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Tuban tidak makan kare rajungan. Salah satu tempat makan kare rajungan wajib dicoba yakni di Depot Langgeng.

Depot Langgeng menyajikan menu kare rajungan yang enak, dengan cita rasa yang tidak perlu diragukan lagi. Depot ini juga menyediakan menu makanan seperti gurami goreng, bakar, cumi tepung, udang asam manis. Lokasinya sangat strategis dan nyaman. Untuk harga per porsi kare rajungan bervariasi mulai dari 50 ribu – 100 ribu.

Alamat: Panyuran, Kec. Palang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. 

Buka: Pukul 10.00 - 21.00 WIB.

4. Kare Rajungan Mbak Narti


Warung Mbak Narti memiliki hidangan kare rajungan dengan cita rasa khas dan tidak terlalu pedas. Selain itu, ada menu kare lobsternya yang spesial, dengan bumbu pekat yang kaya akan rempah. Dijamin bikin ketagihan!

Alamat:  Jl. Manunggal RT6 / RW4, Keduran, Panyuran, Kec. Palang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Buka mulai pukul 09.30 - 14.00 WIB.

5. Warung Menthok Sor Sawo


Makanan yang terbuat dari bahan dasar daging menthok yang di bumbui dengan racikan bumbu dan kuah santan. Makanan khas yang satu ini terlihat mirip seperti kare, dengan kuah yang bertekstur kental.

Bumbu merica, jintan, bawang putih, bawang merah, mesoyi, daun salam, daun jeruk purut, serai, tomat, santan, dan taburan rajangan daun bawang yang digunakan untuk mengolah becek menthok yang nikmat.

Salah satu warung makan yang menyediakan becek menthok paling enak adalah Warung Sor Sawo. Rasa bumbunya menyatu dengan daging menthoknya.

Alamat: Jl. Mojopahit Gg. Buyung No.180, RT.01/RW.03, Krajan, Karang, Kec. Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Buka: Pukul 09.00 – 17.00 WIB.

6. Becek Menthok Mbak Windaryati 


Warung becek menthok Mbak Windaryati hanya menyediakan masakan daging menthok. Mentok adalah bahasa Jawa yang berarti unggas yang mirip dengan itik atau bebek. Menu yang tersedia di warung Mbak Windaryanti adalah becek menthok, daging menthok goreng, dan menu jeroan menthok. 

Menikmati becek menthok lebih enak dengan nasi jagung hangat. Rasa becek menthok disini sangat khas, selain dagingnya empuk, rasa pedasnya juga pas. Masakan becek menthok memakai bumbu rempah rempah dan santan. Sedangkan, untuk menghasilkan daging yang empuk, proses memasaknya memakan waktu sekitar dua jam.

Alamat: Desa Sugiharjo, Kec. Tuban, Kab. Tuban, Jawa Timur.

Buka: 09.00 – 16.00 WIB.

7. Garang Asem Depot Rahayu


Sajian garang asem di Depot Rahayu menggunakan daging ayam kampung, yang dibungkus dengan daun pisang pada saat dimasak. Garang asem ini juga memiliki cita rasa asam serta pedas yang menyatu. Ciri khas garang asam Tuban ini adalah kuahnya yang bening, banyak, dan segar tentunya dan.

Garang asem Depot Rahayu tidak memakai santan sama sekali, sehingga kuahnya cukup bening. Meskipun kuahnya bening, namun rasanya tetap gurih dan segar. Ayam kampung yang dimasak untuk garang asem juga gurih dan empuk. 

Alamat: Jl. Basuki Rachmad No.135, Doromukti, Kec. Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Buka: 07.00 – 19.00 WIB.

8. Garang Asem Ndas Manyung Cak Anam 


Satu lagi kuliner khas Tuban yang harus kamu coba adalah garang asem endhas manyung. Untuk mencicipi makanan enak ini kalian bisa mampir di warung makan Cak Anam.

Garang asem endhas manyung sangat cocok dinikmati saat udara panas, karena rasa kuahnya yang segar. Daging ikan yang gurih lembut, dengan kuahnya yang terasa asam pedas, membuat segarnya terasa di lidah. 

Alamat: Jalan Soekarno - Hatta, Sugihwaras, Kec. Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Buka: 08.00 – 17.00 WIB.

9. Belut Pedas Pak Bagong


Olahan dari belut juga menjadi makanan khas Tuban. Seperti di warung Pak Bagong ini, menu belut dimasak dengan bumbu pedas. Belut pedas Pak Bagong lebih mantap jika dimakan dengan nasi jagung hangat. Jika ingin mencicipi belut pedas ini datang lebih pagi, karena biasanya sudah habis jika menjelang siang.

Alamat:  Jalan Majapahit, Tegalagung, Semanding, Dukoh, Tegalagung, Kec. Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Buka: 09.00 – 15.00 WIB.

10. Warung Belut Jangkar


Warung belut ini sudah ada sejak tahun 1981, dan tiap harinya selalu menghabiskan sekitar satu kwintal belut. Bumbu yang dihidangkan pun sebenarnya sederhana, yakni bumbu pepek. Namun bisa membuat belut terasa gurih dan nikmat apalagi dihidangkan dengan nasi jagung hangat. 

Warung yang selalu ramai pengunjung tiap harinya ini memang terkenal dengan belut pedasnya, rasa bumbunya sangat gurih dan pedas. Apalagi jika dimakan dengan dengan nasi jagung, bisa membuat rasa pedasnya bertahan sampai gigitan terakhir. Belut pedas Jangkar sangat cocok bagi pecinta kuliner pedas. Sama seperti warung belut Pak Bagong, sebaiknya jangan datang ke warung ini terlalu siang agar tidak kehabisan.

Alamat: Dusun Sawahan Desa Tegalagung Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. 

Buka: 07.00 – 14.00 WIB.

11. Warung Soto Sleko


Tempat makan Soto Sleko menyediakan menu ayam goreng dan juga soto ayam yang enak dan gurih rasanya.

Alamat: Jl. Pahlawan No.7, Wire, Gedongombo, Kec. Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Buka: 18.00 – 22. 00 WIB.


Tertarik mencoba kuliner khas Tuban?
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->