Skip to main content

√ Tempat Makan Soto Paling Enak di Lamongan

Kulinerasik.com - Soto Lamongan adalah makanan khas Indonesia seperti sop yang terbuat dari kaldu daging dan sayuran. Dilengkapi dengan koya yang gurih dan ditambah nasi dan kerupuk udang. Kuahnya bening tanpa santan dengan tambahan sayuran, namun saat ini banyak juga warung yang menjajakan soto khas Lamongan dengan kuah santan. Kedua-duanya memiliki rasa yang enak dengan irisan ayam, telur rebus dan koya.

Selain pecel lele, soto Lamongan juga hampir ada di setiap daerah di Indonesia. Karena banyaknya perantauan hingga mereka berinisiatif membuka tempat makan khas Lamongan.

Soto Paling Enak di Lamongan
Soto Lamongan

Di kota Lamongan sendiri banyak terdapat warung soto yang enak yang harus Anda coba. Jika berkunjung atau melintasi kota Lamongan Anda harus mencoba sendiri soto Lamongan yang otentik dan enak ini.

Berikut ini adalah tempat makan soto paling enak di Kota Lamongan:

1. Depot Asih Jaya
Soto Paling Enak di Lamongan

Soto Ayam ini dulunya dijual secara keliling dari kampung ke kampung oleh H. Ali Mahfudz, pria asal Babat Agung, Deket, Lamongan. Hingga akhirnya menjadikan soto Depot Asih Jaya menjadi terkenal sampai sekarang karena cita rasa khas masakan Soto Ayamnya.

Bahkan pelanggan bukan hanya dari Lamongan saja, tetapi banyak pelanggan dari luar daerah yang mampir untuk mencicipi Soto Depot Asih Jaya. Letaknya yang strategis pinggir jalan raya juga membuat Depot Asih Jaya selalu ramai  tiap harinya.

Ada dua menu soto di sini, yakni soto ayam kampung biasa, dan soto ayam kampung spesial (dengan nasi campur atau pisah). Perbedaannya hanya tambahan isian jeroan untuk menu soto ayam kampung spesial. Untuk istilah ”nasi campur” berarti nasinya dicampurkan langsung ke dalam mangkuk soto, sedangkan kalau “pisah” berarti nasinya dipisah dalam mangkuk sendiri. Untuk seporsi soto ayam di Depot Asih Jaya dibandrol mulai harga Rp. 15.000 - 30.000. 

Meski sedikit berkeruh, soto Depot Asih Jaya ini warna keruhnya didapat dari bandeng dan udang yang dicampurkan dalam rebusan ayam. Seperti halnya soto Jawa Timuran lainnya, Soto Depot Asih Jaya merupakan soto  yang berminyak namun rasa kuahnya sangat segar. Selain makanan, Anda dapat menikmati soto Lamongan yang nikmat ini dengan berbagai minuman segar yang tersedia, seperti es teh, dan es jeruk. 

Awal berdirinya Depot Asih Jaya pada tahun 1986 di Jl. Panglima Sudirman Blok A-4 Komplek Lamongan Indah, sebelah barat Gedung Bioskop Lamongan Indah. Selain disini Depot Asih Jaya juga membuka cabangnya di Jl. KH Hasyim Asyari Komplek Lamongan Plaza I-6 Lamongan. 

Depot ini buka setiap hari mulai pukul 06.00 - 23.00 WIB. Pada malam minggu biasanya buka sampai 01.00 WIB dini hari. Khusus bulan Ramadhan Depot Asih Jaya tutup total.


2. Warung Soto Cak Mardi
Soto Paling Enak di Lamongan

Satu lagi tempat makan soto di Lamongan yang di rekomendasikan adalah warung soto ayam Cak Mardi. Meski harganya lebih murah dari Soto Depot Asih Jaya, tapi soal urusan rasa, soto di warung ini tidak kalah enaknya.

Warungnya sangat sederhana, di tempat yang terbuka, fasilitasnya hanya tempat duduk dan meja saja. Namun selain duduk di kursi, Anda juga bisa makan sambil lesehan di bawah pohon.

Baca juga: Kuliner Legendaris Khas Lamongan

Soto Cak Mardi kuahnya tidak sekeruh seperti soto di Depot Asih Jaya. Isiannya juga tidak jauh berbeda, hanya saja koyanya sudah langsung dicampur saat soto dihidangkan. Mungkin yang spesial di soto Cak Mardi, Anda bisa meminta tambahan ceker dengan Rp 1.000 per ceker, dan sayap ayam 2.000 per buah. Harga  sotonya juga cukup murah, hanya Rp 15.000 saja semangkuknya.

Soto Ayam Cak Mardi terletak di Jl. KH. Ahmad Dahlan No.53, Jetis, Tlogoanyar, Lamongan, Jawa Timur (perempatan pojok persis). Buka mulai pukul 06.30 – 17.00 WIB.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar