Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kuliner Legendaris Khas Lamongan

Kuliner Asik - Kota di Jawa Timur ini memiliki sejumlah wisata kuliner legendaris karena rasanya yang nampol. Apabila sedang berada di Jawa Timur, maka jangan lupa untuk mengunjungi Kota Lamongan. 

Kuliner Legendaris Lamongan


Kota yang terkenal dengan makanan sotonya ini mempunyai kuliner khas yang harus kamu kunjungi. Lantas apa saja sih kuliner khas Lamongan, berikut ulasannya yang bisa kamu jadikan referensi wisata kulinermu.

1. Soto Lamongan



Siapa yang tidak kenal dengan Soto Lamongan? Soto Lamongan bisa kamu temukan hampir diseluruh wilayah di Indonesia. Soal rasa, kuliner yang satu ini tidak perlu diragukan lagi. Kenikmatannya mak nyus banget! 

Soto Lamongan adalah soto ayam mempunyai ciri khas dengan kuah kuning dan campuran koya yang terbuat dari krupuk udang dan bawang putih yang digoreng. Rasanya sangat segar dan lezat dengan citarasa yang gurih dan nikmat.

2. Wingko Babat
Wingko Babat yang Legendaris

Wingko Babat adalah makanan Legendaris dan sangat terkenal. Bahkan, Wingko Babat sering dijadikan oleh-oleh jika melintas di kota Lamongan. Makanan Wingko berasal dari Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan.

Wingko Babat adalah jajanan berbahan dasar tepung ketan, gula pasir dan kelapa parut. Salah satu produsen Wingko Babat yang paling terkenal adalah Loe Lan Ing. Usaha Wingko Babat ini mulai berdiri sejak tahun 1900-an. Toko Wingko Babat Loe Lan Ing berada sekitar 1 km di sebelah barat pertigaan Babat. Jalan ini merupakan pertigaan yang menjadi titik temu antara kota Surabaya, Tuban, dan Bojonegoro.

3. Sego Boran

Sego Boran Khas Lamongan

Sego atau Nasi Boran adalah kuliner yang mudah sekali ditemukan dipinggir jalan jika kita berkunjung ke Lamongan. Hampir di setiap sudut kota Lamongan ada penjual nasi boran. Nama Boran sendiri berasal dari nama wadah nasi anyaman bambu yang dipakai. Oleh warga, wadah itu dikenal dengan nama Boran.

Nasi Boran sendiri terdiri dari nasi, bumbu, lauk dan rempeyek. Sebagai pelengkap nasi boran adalah empuk (tepung yang digoreng) dan pletuk (kacang dan remah nasi aking). Bumbu dari nasi boran terdiri dari rempah-rempah yang dipadu dengan cabai dan kelapa parut yang dihaluskan. Lauk selalu ditawarkan di antaranya daging ayam, jeroan, ikan bandeng, telur dadar, telur asin, tahu, tempe.

4. Bandeng Colo-Colo

Kuliner Legendaris Lamongan

Kota Lamongan adalah salah satu sentra penghasil ikan tawar di Jawa Timur. Lamongan memiliki banyak kuliner khas dari bahan utama ikan bandeng. Salah satunya adalah bandeng colo-colo. 

Bandeng Colo-colo merupakan olahan masakan paduan bumbu khusus. Olahannya mampu menghilangkan bau tanah dan bau amis bandeng yang selalu melekat. Untuk mencoba kenikmatan bandeng colo-colo kamu bisa mampir di salah satu rumah makan yang ada di Jalan Sunan Giri, Lamongan.

5. Tahu Campur

Kuliner Legendaris Lamongan

Selain soto, di Lamongan kuliner tahu campur termasuk menu favorit masyarakat  sekitar. Sekilas tahu campur khas Lamongan ini sama dengan yang ada di beberapa daerah lain. 

Namun ada satu perbedaan mendasar, yakni makanan ini disajikan menggunakan daging. Dan inilah yang membuatnya spesial. Untuk kenikmatan rasa gak perlu diragukan lagi.

6. Jumbrek

Jumbrek Khas Lamongan

Makanan yang terbuat dari campuran tepung beras, santan, dan sirup gula siwalan. Jumbrek sangat lumer di lidah. Kuliner ini disebut berasal dari wilayah pesisir pantai utara Kecamatan Paciran. 

Salah satu pembuat jumbrek yang sudah sangat terkenal di daerah ini adalah Bu Karmini.

7. Es Dawet Siwalan

Es Dawet Siwalan yang Segar

Es Dawet Siwalan juga merupakan minuman khas Lamongan yang sangat populer. Es Dawet ini dibuat dari buah dari pohon siwalan sebagai isinya. Pohon siwalan dikenal juga dengan nama lontar. Es Dawet Siwalan jarang di jumpai di daerah lain, apalagi di daerah yang memiliki cuaca dingin. Pasalanya pohon siwalan hanya hidup di daerah yang kering.

Di daerah pesisir Lamongan, tepatnya Paciran minuman es dawet siwalan cukup terkenal. Es dawet ini dijual di warung-warung pinggir jalan yang hampir ada di setiap bahu jalan.

8. Asem Bandeng Cak Takim

Kuliner Legendaris Lamongan

Asem bandeng Cak Takim berada di Dusun Mojomanis, tepatnya, di Desa Lopang Kecamatan Kembang Tahu Kabupaten Lamongan. Asem bandeng rasanya sangat enak dan memiliki kuah bening yang sangat segar. 

Di tempat wisata kuliner Lamongan ini daging bandengnya pun empuk dan lebih nikmat lagi jika disantap dengan nasi putih hangat.