√ Sego Boran Khas Kota Lamongan yang Bikin Ketagihan!

Kulinerasik.com - Nasi boranan atau biasa disebut dengan sego boran, adalah makanan tradisional dan khas Lamongan, Jawa Timur. Kata Boranan ini diambil dari tempat Nasi yang di gendong dengan selendang atau kain jarik pada punggung. Nasi boranan saat ini menjadi ikon kuliner kota Lamongan, karena kita bisa menjumpai banyak penjual sego boranan di pinggir jalan yang menjual secara lesehan diatas trotoar. Namun sego boranan khas Lamongan belum banyak dikenal di luar daerah, karena memang hanya dijual di sekitar Lamongan saja. 

Makanan khas lamongan ini biasanya disajikan dengan nasi, bumbu, lauk, rempeyek. Bumbu-bumbu dari nasi boranan terdiri dari rempah-rempah yang sudah di haluskan, serta lauk yang disajikan bervariasi. Antara lain daging ayam, jeroan, ikan bandeng, telur dadar, telur asin, tahu, tempe hingga ikan sili yang lebih mahal bila dibandingkan dengan lauk-lauk lainnya. Rasanya memang istimewa ditambah lagi dengan penyajiannya yang masih tradisional dengan memakai daun pisang, semakin menambah aroma nikmat bumbunya.

Nasi Boranan Khas Lamongan
Ciri khas nasi boranan Lamongan ini tidak bisa Anda temui pada menu lainnya, yaitu empuk, pletuk, dan ikan sili. Empuk terbuat dari tepung terigu yang dibumbui dengan sedikit pedas, sedangkan pletuk terbuat dari nasi yang dikeringkan, lalu dibumbui dan digoreng. Dinamakan pletuk karena bunyi ketika makanan ini dikunyah, ‘pletuk, pletuk’. Namun, untuk lauk ikan sili ini tidak bisa ditemui setiap saat, karena ikan jenis ini adalah ikan musiman. Ikan sili dulunya lebih sering dikenal sebagai ikan hias, harganya juga lebih mahal dibanding dengan daging ayam. Bentuk ikan sili agak panjang seperti belut, terlihat samar antara bagian kepala dan ekornya. Durinya pun hanya ada di bagian tengah saja.

Tempat nasi boranan yang terkenal di lamongan banyak sekali, salah satu yang direkomendasikan adalah:


1. Sekitar Alun-alun Lamongan


Tempat makan nasi boran yang enak terletak di sekitar Alun-alun Lamongan.

Di sini banyak penjual yang menjajakan Nasi Boran dengan harga yang terjangkau pula, lengkap dengan susasana lesehannya.

2. Dekat Plaza Lamongan


Kawasan dekat Plaza Lamongan juga terdapat nasi boran lezat, jadi tak perlu khawatir mencari makan setelah selesai berbelanja. Meski di pinggir jalan tapi kebersihannya terjamin kok! Ibu-ibu penjualnya juga ramah, ditambah dengan porsinya yang pas. Pilihan lauk juga macam-macam ada telur dan jerohan tusuk juga. Anda bisa memilih sesuai selera


3. Kawasan Made, Lamongan Kota


Selanjutnya tempat makan Nasi Boran yang bisa kamu coba ketika singgah di Lamongan ada di Kawasan Made. Tepatnya di pinggir Jalan Raya Manstrip, Made. Selain nikmat, di tempat makan ini kamu juga bisa merasakan sensasi antri untuk mendapatkan satu porsi nasi dengan lauknya berupa telur dan ceker. Tempat makan yang terletak di dekat Linda Jaya Motor ini selalu ramai karena harga nasi borannya terjangkau.


4. Kawasan Jalan Basuki Rahmat Lamongan


Kawasan di Jalan Basuki Rahmat Lamongan ini menjadi destinasi makan nasi boran yang tepat. Disini, nasi boran disajikan lengkap dengan kuah santan serta aneka lauk yang bisa dipilih sendiri. Rasanya semakin nampol dengan kerupuk yang renyah dan gurih. Meskpun terlihat sederhana, kuliner khas Lamongan di depan Bank BRI ini selalu ramai baik siang maupun malam hari.


Harga nasi boran Lamongan bervariasi tergantung dari lauk yang Anda pilih. Seporsi Nasi Boranan dibanderol mulai dengan Rp. 5.000-15.000 saja.


Jangan lupa untuk mencoba Nasi Boranan ya jika melintas di Kota Lamongan!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel