Skip to main content

√ Konsumsi Tomat Setiap Hari dan Rasakan Manfaatnya Bagi Tubuh

Kulinerasik.com - Tomat adalah salah satu buah yang sering kita jumpai setiap hari, biasanya dijadikan pelengkap bumbu masakan. Atau bisa juga dijadikan sebagai minuman jus sehat. Buah yang berbentuk bulat ini selain enak, juga bergizi.

Kandungan antioksidannya membantu menangkal segala macam penyakit fisik, sementara vitamin dan mineralnya membantu fungsi-fungsi penting tubuh manusia.

Ada banyak cara untuk mengonsumsi tomat, dimakan dengan irisan, potong dadu, dimasak. Sebagai campuran pada burger dan sandwich, ditambah dengan salad, dan menjadi saus.

Kandungan Nutrisi dalam Tomat

Manfaat Tomat Bagi Tubuh



Kandungan nutrisi yang dapat ditemukan dalam tomat. Adalah berupa vitamin A, E, K, B1, B3, B5, B6, B7 dan banyak vitamin C. Beberapa mineral penting dalam tomat termasuk folat, zat besi, kalium, magnesium, kromium, kolin, seng dan fosfor. Likopen adalah antioksidan utama yang ada dalam tomat, karena itulah yang membuat warna buahnya merah. Tomat juga mengandung antioksidan beta-karoten, naringenin, dan asam klorogenat.

Lalu apa yang akan terjadi jika Anda makan tomat setiap hari selama sebulan? Berikut ini adalah beberapa manfaat tomat bagi tubuh jika Anda mengonsumsinya dalam 30 hari.


Pencegahan Kanker


Makanan apa pun yang mengandung antioksidan tinggi dapat melindungi tubuh terhadap kanker dengan beberapa cara. Pertama, antioksidan membersihkan tubuh dari karsinogen, racun, dan radikal bebas, yang semuanya dapat memungkinkan kanker untuk berakar. 



Antioksidan dalam tomat juga bagus untuk mengurangi stres oksidatif dan peradangan kronis, kondisi yang matang untuk perkembangan sel kanker.



Kesehatan Jantung


Serat, vitamin C, potasium, dan kolin semuanya membantu kesehatan jantung Anda. Kandungan kalium berfungsi mengurangi tekanan darah dan meredakan ketegangan pada jantung.


Kandungan likopen yang tinggi membuat tomat sangat baik dalam mengurangi risiko stroke, yang terjadi ketika aliran darah ke bagian otak terputus. Secara keseluruhan, tomat adalah pilihan yang sangat baik untuk membantu jantung Anda tetap mengalirkan darah ke seluruh bagian tubuh Anda tanpa tekanan.


Mengurangi Risiko Diabetes


Tomat adalah makanan rendah karbohidrat, artinya mereka tidak akan meningkatkan gula darah. Likopen antioksidan membantu mengembalikan keseimbangan biokimiawi pada penderita diabetes, dan kandungan seratnya meningkatkan kadar gula darah bagi penderita diabetes.


Mengonsumsi tomat secara teratur juga baik untuk mengurangi risiko diabetes pada orang sehat. 


Kesehatan Tulang


Likopen juga berfungsi memperkuat tulang dengan membantu menjaga rasio kalsium yang sehat dalam tubuh. Likopen juga mengurangi pembentukan dan aktivitas osteoklas, yang merupakan sel yang bertanggung jawab atas keropos tulang manusia. Oleh karena itu buah tomat sangat baik untuk wanita pasca menopause.


Dari sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan lebih banyak tomat memiliki tingkat patah tulang yang lebih rendah daripada mereka yang tidak makan banyak produk tomat sama sekali. 


Pikiran yang Sehat


Stres oksidatif terjadi ketika ada ketidakseimbangan antara radikal bebas dan antioksidan dalam tubuh. Ketika ketidakseimbangan ini berlangsung, radikal bebas mulai merusak jaringan lemak, protein, dan DNA, yang semuanya membuat otak sangat rentan.



Makan tomat dapat memberikan antioksidan penting yang diperlukan untuk menetralkan radikal bebas ekstra sebelum dapat merusak.



Kulit dan Rambut Sehat

Tomat juga dapat memberi manfaat bagi penampilan luar Anda dalam bentuk rambut dan kulit yang sehat . Vitamin A, B, C, E, dan K, yang menstimulasi pertumbuhan rambut yang sehat dan memberikan kekencangan dan elastisitas kulit. Tomat juga bisa digunakan sebagai bilas rambut atau scrub wajah.


Makanlah tomat mentah untuk memanfaatkan profil gizi secara keseluruhan. Memasak memang mengurangi tingkat beberapa vitamin, terutama vitamin C. Namun, kandungan likopen yang mengalami proses pemasakan sebenarnya membuat antioksidan lebih mudah untuk diserap oleh tubuh.


Bagaiman dengan Anda, suka dengan buah tomat?
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar