Skip to main content

√ Tempat Wisata di Bojonegoro yang Menarik untuk Kamu Kunjungi

Kulinerasik.com - Kota Bojonegoro memang punya banyak wisata yang bisa anda kunjungi saat liburan tahun baru, mulai dari wisata alam, agrowisata, wisata air, wisata kuliner dan masih banyak lagi yang bisa kamu explore.

Yang terbaru ada juga desa wisata yang berkembang yang bisa anda ramaikan bersama keluarga seperti Taman Pinggir Nggawan Desa Pilanggede, Waduk Grobogan Bendo Kapas, dan masih banyak lainnya yang tentunya menarik untuk dikunjungi.

Berikut adalah tempat wisata di Bojonegoro yang bisa kamu kunjungi saat liburan akhir tahun:

Kayangan Api

Tempat Wisata Bojonegoro Liburan Tahun Baru



Kayangan Api adalah sumber api abadi yang termasuk fenomena alam berupa gas alam yang keluar dari dalam tanah melalui zona lemah (rekahan) yang tersulut api sehingga menciptakan api yang tak pernah padam meskipun terkena hujan. 

Terdapat juga wisata Sumur Blekutuk yang berada sekitar 50 meter dari api abadi tersebut. Sumur ini berisi air yang tampak seperti air mendidih yang tak henti-henti. Bukan hanya bentuknya, suaranya juga sama seperti air mendidih. Meski airnya berbau belerang yang menyengat, namun sumur ini dipastikan aman bagi pengunjung.

Konon Kayangan Api merupakan tempat pertapaan seorang Empu dari zaman Majapahit bernama Empu Supo. Alkisah Empu Supo membuat pusaka Keris Jangkung Luk Telu Blong Pok Gonjo, yang ditempa dan dibakar dengan api yang keluar dari dalam tanah tersebut. Tempat wisata ini terletak di Desa Sendangharjo Kec. Ngasem, Kabupaten Bojonegoro.


Atas Angin
Tempat Wisata Bojonegoro Liburan Tahun Baru



Atas Angin adalah nama sebuah Dusun di Desa Deling Kecamatan Sekar yang berbatasan dengan Kabupaten Madiun, tepatnya sekitar 50 km dari pusat kota. Obyek wisata ini menjadi tempat favorit bagi wisatawan, karena menawarkan banyak spot indah dari bentangan alam Bojonegoro. Negeri Atas Angin menyajikan pemandangan alam dari ketinggian sekitar 650 mdpl.

Untuk bisa menikmati keindahan alam di wisata ini pengunjung harus menaiki bukit yang biasa disebut dengan Bukit Cinta. Konon katanya menurut masyarakat setempat bahwa di Bukit Cinta inilah tempat pertemuan Raden Atas Aji dan Ratu Sekar Sari.

Di atas Bukit Cinta wisatawan bisa menikmati spot sunrise ataupun sunset, di mana matahari akan terlihat indah ketika terbit dan tenggelam dari balik pegunungan. Tak hanya itu wisata ini juga seringkali digunakan untuk kegiatan bercamping.

Dander Waterpark

Tempat Wisata Bojonegoro Liburan Tahun Baru

Wisata kolam renang dan wahana permainan air terlengkap di Bojonegoro ini berada di 15 km selatan kota Bojonegoro. Tepatnya di Desa Dander. Tempat wisata ini sangat cocok untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Konsep wisata yang seru ini menyajikan tempat renang yang asik dengan empat wahana permainan air. Antara lain kolam arus, waterboom, seluncur air, pancuran air, serta wahana terbaru yakni flying fox di atas air.

Dander waterpark juga telah dilengkapi dengan beberapa tempat makan, penjualan souvenir dan gazebo-gazebo yang nyaman untuk beristirahat. Menariknya lagi, disini juga terdapat rumah burung dengan berbagai macam unggas yang bisa dijadikan wisata edukasi.

Aliran sungai yang jernih di sekitar lokasi menciptakan suasana yang sejuk dan menenangkan. Selain itu, tempat wisata ini juga menyediakan penginapan “de Dander” dengan fasilitas 14 kamar dan aula berkapasitas 500 orang.


Agrowisata Belimbing

Tempat Wisata Bojonegoro Liburan Tahun Baru

Buah belimbing masih menjadi ciri khas buah andalan untuk dijadikan oleh-oleh dari Kabupaten Bojonegoro. Karena buahnya yang relatif besar dan rasanya yang manis dan segar menjadi daya tarik tersendiri bagi penikmat buah yang satu ini.

Di Kabupaten Bojonegoro terdapat dua kebun belimbing besar yang terletak di Kecamatan Kalitidu, tepatnya di Desa Ngringinrejo dan Desa Mojo. Wisata ini selalu menjadi destinasi favorit para wisatawan lokal maupun luar kota.

Suasana kebun yang nyaman, sejuk, dan bersih menjadikan kawasan ini sangat layak dikunjungi. Dengan luas area kebun yang mencapai 35 hektar, perkebunan belimbing ini dikelola oleh 163 petani dengan masa panen 3-4 per tahunnya. Agrowisata belimbing ini juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas dan spot instagramable yang menarik.

Agrowisata Jambu

Tempat Wisata Bojonegoro Liburan Tahun Baru

Berbagai potensi Agrowisata di Bojonegoro terus dikembangkan oleh pemerintah daerah. Salah satunya adalah Agrowisata Jambu Biji Merah yang bersentra di Desa Mayanggeneng, wisata ini menjadi salah satu lokasi yang bisa dikunjungi saat liburan tahun baru.

Wisatawan bisa menikmati sensasi berkebun buah jambu dengan nuansa khas pedesaan yang kental. Ditambah dengan rasa jambu biji yang manis dan segar membuat Agrowisata ini banyak diminati. Tak hanya menjual buah segar, disini terdapat pula beberapa olahan dari buah jambu.

Selain jambu merah, Kabupaten Bojonegoro juga menyimpan potensi Agrowisata Jambu Kristal yang terletak di Kecamatan Trucuk dan Gayam. Terdapat sekitar 3500 pohon jambu kristal dengan rasanya yang manis dan segar.

Agrowisata Salak Wedi

Tempat Wisata Bojonegoro Liburan Tahun Baru

Agrowisata yang merupakan wisata petik salak yang terbentang seluas 23 ha di Desa Wedi Kecamatan Kapas. Salak wedi sudah menjadi salah satu ikon pariwisata di Kabupaten Bojonegoro. 

Dengan komoditas salak yang rasanya manis, masir, renyah, dan segar menjadikan salak ini banyak diminati wisatawan. Para wisatawan dapat memetik buah dari pohonnya secara langsung, dan menikmati berbagai olahan salak seperti kurma salak, dan kopi biji salak (koplak) yang rasanya sangat legit.

Bahkan setiap tahun selalu ada Festival Salak Wedi yang diadakan pemerintah daerah setempat. Festival Salak adalah tradisi arak-arakan gunungan salak dan membagi-bagikan puluhan ribu buah salak secara gratis. Tujuannya yakni sebagai wujud syukur atas anugerah alam di Desa Wedi dan juga sebagai ajang promosi wisata.

Banyu Kuning

Tempat Wisata Bojonegoro Liburan Tahun Baru

Salah satu wisata Geopark yang menarik untuk dikunjungi adalah Wisata Banyu Kuning yang berada di Desa Krondonan Kecamatan Gondang, berjarak sekitar 55 km dari pusat kota Bojonegoro.

Banyu kuning memiliki mata air yang hangat dengan air yang seolah-olah berwarna kuning, namun sebenarnya bening. Warna kuning tersebut berasal dari kandungan zat besi (Fe) bebatuan hasil endapan yang bentuknya mirip seperti lumpur dan melekat pada bebatuan yang di aliri air.

Tak hanya wisata Banyu Kuning, di daerah Krondonan juga menyimpan pesona wisata lain yang tak kalah menarik seperti Wisata Tapak Sewu Gunung Watu yang cantik mempesona.

Masyarakat Samin

Tempat Wisata Bojonegoro Liburan Tahun Baru

Masyarakat Samin adalah suatu komunitas masyarakat yang masih teguh menjunjung tinggi ajaran Samin Surosuntiko, yaitu kesederhanaan, keterbukaan, keikhlasan, dan selalu menjaga keseimbangan alam.

Komunitas masyarakat ini sering menjadi objek penelitian karena masyarakatnya yang sampai sekarang masih memegang teguh nilai-nilai luhur ajaran tersebut. Masyarakat Samin di Bojonegoro berada di Dusun Jepang Margomulyo. Saat ini sesepuh masyarakat Samin yang masih hidup yakni Mbah Harjo Kardi yang merupakan generasi ke empat dari Trah Samin Suro Suntiko.


GoFun Entertainment Complex
Tempat Wisata Bojonegoro Liburan Tahun Baru

Destinasi wisata keluarga di Bojonegoro ini menawarkan wahana wisata antara lain, rumah bencana, rumah kaca, rumah jagal, jungle safari, bumper car, dermolen, kereta koboi dan masih banyak lagi.

Yang tidak kalah menarik di dalam area wahana ini adalah pertunjukan air mancur warna-warni yang seolah-olah bisa menari mengikuti alunan musik.

GoFun Entertainment Complex juga dilengkapi dengan stand yang menyediakan souvenir dan merchandise sebagai oleh-oleh dan cindera mata. Selain itu, untuk melengkapi kebutuhan sehari-hari, “Gofun Supermarket” juga telah dibuka sebagai pusat perbelanjaan modern di Bojonegoro, lokasinya juga berada di dalam komplek GoFun Entertainment.

Tidak hanya Theme Park, sekarang GoFun juga telah dilengkapi dengan Waterpark, wahana wisata air yang memiliki 8 kolam tematik. Tempat wisata GoFun berada di Jalan Veteran Kecamatan Bojonegoro.

Wisata Edukasi Gerabah

Tempat Wisata Bojonegoro Liburan Tahun Baru



Obyek wisata ini menjadi salah satu alternatif untuk mengisi liburan tahu baru sekaligus libur sekolah. Lokasinya berada di Desa Rendeng. Kecamatan Malo, Kabupaten Bojonegoro. Wisata yang berdiri sejak tahun 2015 silam ini mudah dijangkau dengan kendaraan roda dua maupun empat.

Di wisata edukasi gerabah ini, pengunjung bisa belajar langsung cara membuat beraneka macam bentukcelengan. Mulai dari proses awal hingga finishing.

Wisata edukasi gerabah dikelola Karang Taruna Satria Muda dibawah naungan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Karya Mulya Desa Rendeng.

Mana destinasi favorit liburan tahun baru kalian?
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar