Skip to main content

√ Berburu Buah Durian di Telaga Ngebel Ponorogo

Kulinerasik.com - Saat ini sebagian kota di Indonesia sedang memasuki masa panen durian. Indonesia sendiri memiliki jenis durian yang beraneka beragam, dari ujung Sumatera hingga ke Papua. Namun, setiap daerah ternyata memiliki waktu panen yang berbeda.

Masa panen durian cenderung lompat dari satu pulau ke pulau lainnya dalam satu bulan yang sama. Umumnya, durian berbuah setahun sekali, namun di daerah seperti Kalimantan Barat beberapa tahun terakhir terjadi dua kali masa panen dalam setahun, yakni pada Juli - Agustus dan Desember - Januari.

Kampung Durian Telaga Ngebel
Durian Telaga Ngebel

Secara garis besar awal panen durian di Indonesia dimulai saat pertengahan tahun, yaitu bulan Juli. Pada bulan Juli-Agustus, panen durian berlangsung di kawasan Medan dan Aceh. Kemudian masuk ke Semarang pada bulan September-Desember. Kampung durian yang terkenal di Semarang ada di Gunung Pati dan Ambarawa.

Kemudian masuk pertengahan bulan September panen durian berada di Bogor, tepatnya di Rancamaya dan Jonggol. Memasuki bulan Oktober, Anda bisa berburu durian di Provinsi Banten. Tepatnya di Pandeglang. Memasuki masa panen durian terakhir di bulan Februari hingga Maret ada wilayah Jawa Tengah dan Timur.

Dan salah satu daerah di Jawa Timur yang terkenal akan kampung durian adalah di kawasan Telaga Ngebel Ponorogo. Disini terdapat banyak durian yang berkualitas, mulai dari durian lokal, kanjeng, bawor, hingga durian montong yang menjadi favorit. Kali ini kulinerasik berkesempatan untuk mencicipi nikmatnya durian khas Telaga Ngebel Ponorogo, Jawa Timur.

Jika memasuki panen durian, dengan mudah kita temui penjual durian yang menggunakan mobil di sekitaran Telaga Ngebel. Banyak pilihan durian yang bisa kalian nikmati sambil ditemani pemandangan air yang sejuk di telaga ini. Bagi pecinta buah yang satu ini, tak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi kampung durian yang lokasinya juga tidak jauh dari kawasan Telaga Ngebel.

Kampung Durian Telaga Ngebel
Wisata Telaga Ngebel

Tepatnya di Desa Ngrogung Kecamatan Ngebel Kabupaten Ponorogo. Kampung Durian ini berdiri atas inisiatif Bambang Subagyo tamatan S1 Akutansi Widya Mandala Malang pada awal tahun 2012. Beliau sukses menyulap lahan seluas 3 hektar menjadi perkebunan durian. Sebanyak 400 pohon durian meliputi Durian Ngebel, Durian Kanjeng, Durian Matahari, dan Durian Bangkong dengan ketinggian sekitar 2 meter telah tumbuh di perkebunan ini.

Kalian bisa langsung  mencoba makan durian di para pengepul/tengkulak atau jika ingin menambah sensasi bisa memakan dan memetiknya secara langsung di pohonnya. Tentu rasanya akan semakin beda dan nikmat.

Tips Memilih Buah Durian

Nah, bagi yang suka memakan si raja buah tersebut tentu perlu tahu durian seperti apa yang harus dibeli untuk disantap sendiri atau bersama teman.

Berikut adalah tips memilih durian yang baik untuk dimakan:

1. Perhatikan bentuk buah durian

Anda harus memilih buah durian yang bersih dan sempurna. Pastikan membeli buah yang tidak bolong atau bahkan ada yang sebagian rusak. Kadang secara bentuk terlihat sempurna namun ada lobang kecil. Ketelitian dalam membeli durian sangat penting, jika terdapat lobang kecil, dan ketika ditiup di dalamnya ada ruang, maka dipastikan buah tersebut sebagian ada yang busuk.

2. Memilih buah durian yang segar

Pastikan buah masih segar dan ditangkai ada lendir. Buah yang segar maka kemungkinan isinya juga masih segar. Jika tangkai sudah keriput dan kering, bisa jadi buah durian tersebut sudah lama. Karena semakin lamanya durian akan mempengaruhi rasa buah itu sendiri. Apalagi durian sudah merekah, bisa dipastikan rasa durian menjadi tawar atau berasanya berkurang.

3. Perhatikan bobot durian

Durian yang baik itu ketika kita angkat bobotnya ringan. Bobot ringan menunjukan isi durian tebal. Durian yang berat, biji akan jauh lebih besar dari pada isinya.

4. Menguncang/menggoyang buah durian

Karena ada sebagian buah durian ketika digoncang berbunyi atau agak longgar di dalamnya. Itu dipastikan isi duriannya kering dan tidak becek. Tentu ini bisa mempengaruhi rasa buah tersebut.

Mumpung masih musim durian, liburan yuk ke Telaga Ngebel Ponorogo sambil menikmati buah duriannya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar