Skip to main content

Selain Dimakan Langsung, Durian juga Bisa Diolah Menjadi Kuliner yang Lezat Lho!

Kuliner Asik - Musim Durian telah tiba, buah yang memiliki julukan “Raja Buah” ini termasuk salah satu buah yang tidak semua orang suka mengkonsumsinya, karena baunya yang menyengat menjadi alasannya. Tetapi diera milenial sekarang buah durian tak hanya bisa dinikmati dengan cara dimakan langsung dagingnya saja. 

Pasalnya para pecinta kuliner asik kini sudah mengolah buah durian menjadi aneka macam makanan yang bisa membuat banyak orang terpikat karena kelezatannya. Bahkan makanan hasil olahan dari buah durian ini sangat digemari oleh seluruh yang dulunya tidak suka makan buah durian. Apa saja makanan yang berasal dari hasil olahan buah durian, simak ulasannya dibawah ini.

1. Serabi Durian

Serabi Durian

Serabi durian adalah kue tradisional Indonesia yang terbuat dari tepung beras, santan dan terigu ini memiliki citarasa yang nikmat saat disajikan dengan kuah durian. Tidak seperti serabi pada umumnya yang terbuat dari gula merah, kuah serabi durian ini rasanya sangat manis, tapi juga terdapat aroma segar dan bau durian yang khas..

2. Ketan Durian

Ketan Durian

Ketan durian adalah ketan yang disajikan dengan topping buah durian diatasnya. Ketan yang dulunya hanya diberi topping parutan kelapa di atasny, sekarang ketan sudah menjelma menjadi makanan populer dengan topping beragam, mulai dari cokelat, keju hingga durian. 

Rasa ketan yang gurih dan manis disiram saus durian itu bisa bikin bibir meleleh, salah satu kedai ketan yang terkenal adalah Pos Ketan Legenda di Malang.

3. Tempoyak Durian

Tempoyak Durian
Tempoyak durian adalah kuliner yang merupakan masakan dari buah durian yang difermentasi. Tempoyak biasanya dikonsumsi sebagai lauk saat menyantap nasi. Ciri khas rasanya adalah asam, disebabkan karena terjadinya proses fermentasi pada daging buah durian yang menjadi bahan utamanya. 

Beberapa daerah di Indonesia Tempoyak biasanya dicampurkan dengan daging ataupun sambal.

4. Keripik Biji Durian

Keripik Biji Durian

Keripik biji durian adalah biji durian yang diolah menjadi panganan keripik. Cara membuatnya cukup mengiris tipis-tipis biji durian, rendam ke dalam air kunyit, dan balut dengan beberapa bahan lainnya. 

Kemudian goreng dan nikmati rasanya yang unik. Rasanya manis namun tidak mengeluarkan bau yang menyengat, menjadikan makanan banyak digemari oleh semua orang.

5. Sop Durian

Sop Durian

Sop durian termasuk hidangan pencuci mulut yangsangat enak. Disajikan dengan es serut, daging durian, keju, dan susu yang dicampur jadi satu. Rasnya bikin meleleh deh!

Baca juga: Berburu Buah Durian di Telaga Ngebel Ponorogo

Akhir Kata


Buat kamu yang gak suka makan buah durian karena baunya, gak ada salahnya nyobain salah satu olahan kuliner buah durian diatas.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->